Kehamilan

KEHAMILAN
30 April 2020

Rutin Makan Kacang Bantu Sperma Lebih Berkualitas?

Simak penjelasannya ya Dads
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sperma yang berkualitas merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan peluang keberhasilan pembuahan.

Bahkan saat ini sudah ada banyak cara yang direkomendasikan untuk membantu meningkatkan kualitas sperma, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi kacang.

Tetapi benarkah Dads bisa membuat sperma lebih berkualitas dengan rutin makan kacang?

Studi: Sperma Berkualitas Rutin Makan Kacang!

Rutin Makan Kacang Bantu Sperma Lebih Berkualitas? 1

Foto: pixabay.com

“Infertilitas dapat menyebabkan dampak emosional yang besar pada pasangan dan sering kali merupakan masalah yang kompleks, karena hanya dengan meningkatkan parameter semen ke kisaran normal mungkin tidak selalu berarti bahwa kehamilan akan segera terjadi,” kata Dr. Vikas Desai, ahli urologi rekonstruktif pria di Advocate South Suburban Hospital di Hazel Crest, seperti dikutip dari AHC Health Enews.

“Namun, diet dengan setidaknya 60 gram kacang per hari dapat menjadi cara alami untuk meningkatkan parameter semen dan meningkatkan peluang keberhasilan pembuahan.”

Beberapa hasil studi juga telah mengkonfirmasi bahwa konsumsi kacang secara rutin dapat memberikan dampak yang positif terhadap kualitas sperma, salah satunya adalah sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Di mana para peneliti yang terlibat dalam studi tersebut menemukan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan secara rutin terbukti dapat membantu meningkatkan jumlah, vitalitas, motilitas, dan morfologi sperma, serta mengurangi fragmentasi DNA sperma.

Baca Juga: Perbanyak Makan Kacang untuk Meningkatan Kualitas Sperma

Kacang Mengandung Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Sperma

Rutin Makan Kacang Bantu Sperma Lebih Berkualitas? 2

Foto: pixabay.com

Sebagaimana disebutkan dalam hasil studi di atas, kacang-kacang seperti almond, kenari, dan hazelnut diketahui kaya akan nutrisi yang dikaitkan dengan peningkatan kualitas sperma seperti asam lemak omega-3, folat, zinc, vitamin E, dan selenium.

Nutrisi-nutrisi tersebut diketahui berfungsi melindungi sperma dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga integritas struktural sperma. Di mana sperma yang sehat umumnya memiliki kepala lonjong dan ekor panjang, yang memudahkan mereka untuk mencapai dan membuahi sel telur.

Selain itu, berbagai nutrisi pada kacang-kacangan juga diketahui dapat membantu tubuh mengelola hormon, faktor yang tidak kalah penting untuk mendukung perkembangan sperma yang sehat dan kuat.

Baca Juga: 8 Cara Memaksimalkan Kualitas Sperma Agar Cepat Punya Anak

Harus Dilengkapi Dengan Makanan Kaya Nutrisi Lainnya

Rutin Makan Kacang Bantu Sperma Lebih Berkualitas? 3

Foto: pixabay.com

Kacang bukanlah satu-satunya makanan yang dapat Dads konsumsi untuk membantu meningkatkan kualitas sperma. Bahkan peneliti juga mengatakan bahwa untuk mendapatkan sperma berkualitas, rutin makan kacang saja tidak cukup.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh The University of Western Australia mengungkapkan bahwa pria yang mengkonsumsi makanan kaya antioksidan seperti wortel, ubu, dan mangga terbukti memiliki sperma yang lebih sehat.

Sementara studi lain di Human Reproduction Update menemukan bahwa rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 seperti yang ditemukan pada ikan dan sayuran tertentu sangat efektif dalam meningkatkan parameter sperma.

“Makan lebih banyak kacang-kacangan, makanan laut dan ayam daripada daging merah dan makanan olahan telah dikaitkan dengan peningkatan kesuburan pria. Tetapi pria juga harus makan makanan seimbang dengan banyak makan buah dan sayuran, serta rendah lemak trans dan makanan olahan,” kata ahli diet Lauren Manaker, seperti dikutip dari Healthline.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Secara Alami dan Sehat

Jadi, rutin makan kacang memang telah terbukti dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Tetapi, sebagaimana yang disarankan para ahli, agar sperma berkualitas rutin makan kacang dan harus menerapkan gaya hidup sehat.

Artikel Terkait