Home & Living

1 September 2021

Rekomendasi Sekat Ruang Tamu Sederhana dan Minimalis Serta Cara Memilihnya

Sekat ruang tamu bisa jadi solusi terbaik di rumah dengan lahan terbatas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Karla Farhana

Sekat ruang tamu merupakan suatu solusi cerdas untuk membuat ruangan di rumah Moms semakin luas. Saat akan menggunakannya Moms pastikan memilih jenis atau model yang tepat agar ruangan tetap enak saat dipandang.

Perlu diketahui, pemilihan sekat ruang tamu sangat memengaruhi hasil akhir pada ruangan di rumah Moms. Biar enggak salah, simak ide dan desain sekat ruang tamu dalam artikel ini yuk Moms.

Baca juga: 10 Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Kecil

Sekat Ruang Tamu Sederhana

Moms yang suka dengan desain sederhana dapat menggunakan sekat ruang tamu berikut ini.

1.Sekat Ruang Tamu Rotan

sekat ruang tamu rotan

Foto: meredithcorp.io

Pilih sekat yang dapat melengkapi dekorasi sebagai aksesori dan memiliki berfungsi ganda sebagai aksen.

Sekat ruangan dari yang terditi dari 3 panel dan dapat dilipat menjadi salah satu pilihan terbaik. Pilih yang tidak terlalu tinggi agar memberikan kesan luas pada ruang tamu Moms.

2. Sekat Ruang Tamu Jaring

sekat ruang tamu jaring

Foto: meredithcorp.io

Moms juga bisa memilih sekat dengan desain jaring sebagai pembatas di ruang tamu. Selain memberikan kesan lebih luas, desain ini juga bisa memberikan estetik untuk ruang tamu Moms lho.

3. Sekat Ruang Tamu Anyaman Lebar

sekat ruang tamu anyaman lebar

Foto: meredithcorp.io

Sekat yang ekstra lebar juga bisa Moms pilih sebagai pembatas di ruang tamu Moms. Namun, untuk desain yang satu ini disarankan untuk Moms yang memiliki ruang tamu luas. Karena jika digunakan pada ruang tamu dengan ukuran kecil akan memberikan kesan lebih sempit pada ruangan Moms.

4. Sekat Ruang Tamu Eceng Gondok

sekat ruang tamu eceng gondok

Foto: meredithcorp.io

Sekat ruang tamu dengan bahan eceng gondok alami yang dianyam juga bisa jadi pilihan pembatas di rumah Moms. Desain seperti ini lebih mudah disimpan karena dapat dilipat. Selain itu, model anyaman ini juga dapat menambah keindahan di rumah Moms.

Baca juga: 10 Ide Dekorasi Pernikahan Mewah di Gedung

Sekat Ruang Tamu dari Kayu

Kayu merupakan bahan yang paling sering digunakan untuk sekat ruang tamu. Selain karena bahannya, warna dari kayu juga bisa memberikan kesan estetik untuk ruang tamu Moms. Berikut rekomendasinya!

1.Rak Buku

sekat ruang tamu dari rak buku

Foto: apartmenttherapy.com

Rak buku kayu merupakan salah satu pilihan paling efektif untuk menjadi sekat ruang tamu di rumah. Jika Moms dapat meletakannya dengan benar, sekat ini akan terlihat permanen bukan seperti tambahan.

2. Dinding Tanaman

sekat ruang tamu tanaman

Foto: apartmenttherapy.com

Dinding tanaman bisa menjadi salah satu pilihan sekat ruang tamu di rumah Moms. Desain ini sangat cocok untuk Moms yang suka berkebun dan memiliki lahan sempit.

Selain menambah keindahan dan kesan asri, sekat dinding tanaman dari kayu ini juga bisa memberikan kesan luas pada rumah Moms.

3. Sekat Kayu Ukir

sekat ruang tamu ukiran

Foto: instagram.com/happyvintagestore

Moms juga bisa memilih sekat dari kayu jati yang sudah diukur. Desain seperti ini sangat cocok dengan rumah bergaya etnis Jawa. Di Indonesia ada banyak sekali jenis ukiran yang bisa Moms pilih sebagai pembatas ruang tamu di rumah.

Baca juga: 8 Desain Rumah Kayu Minimalis yang Instagrammable

Sekat Ruang Tamu Minimalis

Konsep minimalis pada rumah saat ini memang semakin populer. Moms yang memiliki rumah minimalis dan bingung mencari sekat untuk ruang tamu, simak rekomendasinya berikut ini, yuk!

1.Sekat Ruang Tema Kayu Estetik

sekat ruang tamu

Foto: decoist.com

Sekat ruang tamu estetik dapat menambahkan tekstur atau sentuhan unik lainnya pada ruangan di rumah Moms. Tak hanya itu, kesan luas juga akan terlihat jika Moms memilih jenis sekat dengan model seperti ini.

2. Sekat Ruang Tamu Kaca Ukiran

sekat ruang tamu ukiran kaca

Foto: decoist.com

Menambahkan dinding kaca tembus pandang atau pintu kaca geser dan lipat untuk membuat partisi antara ruang tamu dengan ruang lain bukanlah sesuatu yang salah.

Moms juga dapat menambahkan lapisan tirai agar memberikan privasi pada ruangan Moms. Panel kaca yang diukir dan diolah secara kimia ditambah dengan pipa logam ramping memberikan sentuhan industrial pada ruang tamu, sementara partisi kaca berwarna-warni dan yang memiliki pola dan desain rumit membuat ruangan semakin ramai dalam sekejap

3. Sekat Ruang Tamu dengan Tempat Penyimpanan

sekat ruang tamu tempat penyimpanan

Foto: decoist.com

Moms yang tidak memiliki banyak tempat penyimpanan, bisa mengatasinya dengan membuat sekat ruang tamu. Selain dapat memisahkan ruangan, Moms juga bisa memiliki ruang penyimpanan yang lebih banyak di rumah.

Selain sebagai tempat penyimpanan, sekat ruang tamu seperti ini tidak akan mengganggu desaun dai ruangan yang ada di rumah Moms Kombinasi unit tertutup untuk bagian bawah dan rak terbuka di bagian atas adalah pilihan praktis yang memungkinkan aliran cahaya tanpa hambatan dan koneksi visual antara ruang tamu dan kamar di sebelahnya.

Baca juga: 15 Ide Dekorasi Dinding agar Rumah Terlihat Lebih Indah dan Estetik

Cara Memilih Sekat Ruangan

cara memilih sekat ruang tamu

Foto: instagram.com/kitchenset_modern_klaten

Sangat penting bagi Moms memilih pembatas ruang di rumah berdasarkan jenis ruangan dan dekorasinya. Moms juga perlu secara khusus memilih model apa yang terbaik untuk ruangan di rumah.

Pastikan sekat yang sudah Moms pilih cocok dengan warna dan tekstur area. Disarankan untuk menggunakan pembagi ruangan dari kayu atau logam jika Moms memiliki ruangan yang besar. Sementara untuk ruangan kecil Moms dapat menggunakan pembagi berbingkai halus.

Moms yang masih bingung menentukan sekat ruang tamu di rumah, simak cara memilihnya berikut ini yuk.

1.Bedakan dengan Warna

Gunakan warna yang berbeda untuk membedakan 2 area yang terpisah. Moms dapat memilih warna cerah atau menyenangkan untuk memisahkan area.

2. Pilih Partisi yang Berbeda Sesuai Luas Ruangan

Jika Moms memiliki ruangan besar, pembagi ruang yang paling cocok adalah sesuatu yang kokoh dan cukup besar. Hal ini akan memberikan kesan lebih luas pada ruangan di rumah Moms.

Sekat ruangan yang lebih tinggi akan memberi pada pemiliknya. Jika Moms tidak terlalu mementingkan privasi dapat memilih sekat kaca atau vinil yang sesuai dengan warna ruangan. Selain dari yang kayu dan logam, Moms juga bisa masuk untuk kulit dan pembagi kain.

Jika Moms tidak memiliki ruangan yang kecik, cobalah untuk tidak membaginya. Karena hal ini akan memberikan kesan yang lebih sempit pada ruangan tersebut.

Namun, Moms yang ingin memiliki privasi dengan sekat pilihlah sekat layar yang tidak memakan banyak ruang dan ringan. Bahan pembagi layar yang paling cocok untuk ruang yang lebih kecil adalah kanvas dan kain.

Terlepas dari hanya sekat tradisional, Moms juga dapat memilih pembagi ruangan menggantung yang menjadi sebuah tren terbaru. Demikian pula, Moms juga harus memastikan bahwa warna pembagi layar sesuai dengan warna ruangannya.

Perlu diingat Moms, sekat yang salah akan membuat rumah Moms terlihat tidak bagus dan semakin sempit.

3. Pilih Bahan Terbaik

Sekat sebagian besar digunakan untuk tujuan privasi. Moms dapat memilih sekat yang terbuat dari bahan kokoh dan tahan terhadap sinar matahari dan debu.

Bahan terbaik untuk keperluan outdoor adalah logam dan kulit. Selain itu, jika membutuhkan sekat yang trendi dapat memilih sekat kaca atau plastik. Sekat portabel adalah pilihan terbaik untuk keperluan di luar ruangan.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Cafe yang Kekinian dan Menarik Perhatian Pelanggan

Itu dia artikel mengenai sekat ruang tamu yang bisa jadi inspirasi Moms. Jangan ragu lagi ya Moms.

  • https://www.thisoldhouse.com/living-rooms/21334671/room-divider-ideas
  • https://stylesatlife.com/articles/best-room-divider-designs/
  • https://www.bhg.com/decorating/small-spaces/strategies/room-dividers/
  • https://www.apartmenttherapy.com/10-diy-ways-to-divide-small-spaces-202566
  • https://www.decoist.com/room-dividers-living-space/?chrome=1&Exc_D_LessThanPoint002_p1=1
  • https://www.commonfloor.com/guide/screen-wall-tips-to-choose-a-perfect-room-divider-for-your-home-10929.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait