Kesehatan

20 Desember 2019

Sering Sakit Kepala Saat Memakai Kacamata Baru? Ini Penyebabnya

Bisa jadi tanda masalah serius jika berkelanjutan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Sakit kepala saat memakai kacamata baru? Mungkin, bisa jadi itu tanda masalah serius pada kesehatan tubuh kita lo!

Kacamata baru seharusnya membantu penglihatan seseorang lebih baik. Tetapi, kebanyakan mengalami sakit kepala akibat kacamata baru yang bisa disebabkan oleh sejumlah faktor.

Salah satunya masalah mata yang berdampak pada pemfokusan. Misalnya, miopia atau rabun jauh yang terjadi ketika kornea melengkung secara tidak normal.

Lensa korektif seperti kacamata seharusnya bisa membantu mengatasinya agar fokus. Tetapi, seringkali orang merasa sakit kepala karena fungsi mata mereka sedang beradaptasi dengan kacamata baru sebagai alat bantu penglihatan.

"Ketika orang mendapatkan kacamata baru, mata akan belajar atau beradaptasi mengkompensasi tuntutan visual yang berubah atau tidak sama seperti sebelumnya," kata Laura Di Meglio, OD, instruktur dari ophthalmology di Johns Hopkins Medicine.

Sehingga mata yang terdiri dari semua otot kecil dan sistem pemfokusan harus menyesuaikan lagi visual serta pemfokusannya dengan kacamata baru.

Jadi, sakit kepala saat memakai kacamata baru adalah hal yang normal. Kondisi ini juga biasa terjadi ketika Moms mengganti lensa kacamata.

Baca Juga: Ada 6 Jenis, Yuk Selalu Memilih Maskara Sesuai Jenis Bulu Mata!

Sakit Kepala Saat Memakai Kacamata Baru Bisa Jadi Tanda Masalah Besar

Sering Sakit Kepala Saat Memakai Kacamata Baru Ini Penyebabnya 01.jpg

Foto: pixabay.com

Meski begitu, sakit kepala saat memakai kacamata baru secara terus-menerus juga bisa menandakan masalah besar lainnya.

"Sakit kepala akibat kacamata baru berhari-hari lalu hilang itu bisa dikatakan normal. Jika tidak hilang-hilang, bisa jadi itu tanda sakit kepala atau ketegangan mata persisten," jelas Brieann Adrair, dokter mata dan instruktur klinis di Departemen Oftalmologi di NYU Langone Health.

Adrair juga menyarankan ketidaknyamanan mata lebih dari satu minggu atau lebih setelah mendapatkan kacamata baru harus ditangani oleh doker, apalagi disertai keluhan sakit kepala.

Masalah Umum yang Mungkin Sebabkan Mata Tak Nyaman

Sering Sakit Kepala Saat Memakai Kacamata Baru Ini Penyebabnya 02.jpg

Foto: pixabay.com

Adapun masalah umum yang mungkin menyebabkan mata tidak nyaman menggunakan kacamata baru, antara lain:

1. Bingkai Tidak Sesuai

Bingkai kacamata seharus sesuai dengan bentuk wajah. Jika kacamata memberikan tekanan terlalu berat di bagian hidung atau telinga belakang, hal ini bisa menyebabkan sakit kepala saat memakai kacamata baru.

2. Resep yang Lebih Kuat atau Lemah

Dokter mungkin sajaa memberikan resep yang lebih kuat atau lemah, seperti memberikan lensa kacamata satu tingkat di atas dibanding sebelumnya. Hal itu bisa saja menyebabkan Moms sakit kepala.

Dalam beberapa kasus, Elena Beth Roth, asisten profesor oftalmologi klinis di Bascom Palmer Eye Institute di University of Miami Health System mengatakan resep yang salah juga bisa jadi penyebab sakit kepala dan ketegangan mata.

Bahkan gejalanya bisa disertai mata lelah, mata terbakar atau gatal, penglihatan kabur dan kesulitan berkonsentrasi.

3. Pengukuran yang Salah

Pengukuran jarak pupil sebagai jarak interpupillary yang salah juga bisa menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala saat memakai kacamata baru yang kurang tepat ukurannya ini.

Misalnya, Moms harus menggunakan kacamata khusus seperti lensa progresif. Pengukuran lensa progresif ini harus sangat tepat sehingga bagian berbeda dari lensa sesuai dengan titik-titik dalam mata.

Baca Juga: Awalnya Mau Cantik, Gara-gara Pakai Masker Mata Malah Berujung Bencana

Cara Mencegah Sakit Kepala Saat Memakai Kacamata Baru

Sering Sakit Kepala Saat Memakai Kacamata Baru Ini Penyebabnya 03.jpg

Foto: pixabay.com

Ada banyak hal yang memengaruhi sakit kepala saat memakai kacamata baru. Tetapi dilansir dari Community Eye Health Journal, ada pula cara lain untuk mencegah sakit kepala ketika menggunakan kacamata baru.

Jika Moms sering mengalami sakit kepala akibat kacamata baru saat berada di depan komputer, coba gunakan lensa yang memiliki lapisan anti-reflektif bermutu tinggi.

Biasanya silau dari layar bisa menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala. Moms juga bisa menggunakan resep kacamata yang lebih lemah ketika bekerja di depan komputer.

Ketika berada di depan komputer, lihat ke atas layar setiap 15 menit sekali dan fokuskan mata pada satu objek di kejauhan. Cara ini bisa membantu menjaga otot ciliary agar tidak kram.

Cobalah melihat ke kejauhan sambil berdiri dan duduk secara bergantian. Karena, hal ini akan membantu otot mata bekerja lebih baik dan fokus.

Jika Moms sudah merasa matanya kering, cobalah untuk berkedip sepuluh kali berturut-turut setiap 20 menit. Cara tersebut bisa membuat mata basah kembali dan mencegahnya kering.

Selain itu, biasanya sakit kepala saat memakai kacamata baru akan hilang sendiri ketika Moms mengistirahatkan mata. Saat mengistirahatkan mata ini Moms bisa mengompresnya dengan mentimun dingin atau sesuatu yang dingin lainnya.

(SA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait