Kesehatan

15 September 2021

9 Manfaat Daun Bangun-Bangun, Salah Satunya Membantu Melancarkan ASI!

Manfaat daun bangun-bangun diyakini sebagai pelancar ASI
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tantangan yang paling sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah merasa produksi ASI tidak mencukupi sehingga menghambat pemberian ASI. Pada keadaan ini Moms akan melakukan berbagai cara termasuk konsumsi daun bangun-bangun untuk ASI. Ya, salah satu manfaat daun bangun-bangun adalah untuk melancarkan ASI lho Moms.

International Journal of Allied Medical Sciences and Clinical Research (IJAMSCR) menerangkan daun bangun-bangun atau kerap disapa sebagai daun torbangun ini memiliki tekstur dan tebal serta beraroma oregano atau mint.

Manfaat daun bangun-bangun yang mampu hidup sekitar 3 hingga 10 tahun ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional serta makanan aditif pakan ternak. Daun bangun-bangun kemungkinan besar berasal dari Afrika Selatan, tetapi telah melakukan perjalanan ke banyak bagian dunia lainnya. Ini berasal dari Thailand, India, dan Indonesia.

Manfaat Daun Bangun-Bangun

Daun Bangun-Bangun

Foto: Pinterest

Di Indonesia, masyarakat Batak menggunakan daun bangun-bangun secara turun temurun. Berikut ini beberapa manfaat daun bangun-bangun yang perlu Moms dan Dads ketahui:

1. Lancarkan ASI

Manfaat daun bangun-bangun untuk ASI sudah dikenal oleh berbagai pihak. Ya, untuk memperlancar ASI, ibu menyusui bisa mengonsumsi tanaman herbal seperti daun bangun-bangun.

Daun bangun-bangun mengandung senyawa galaktagog yang dapat meningkatkan produksi ASI dan dan kadar hormon prolaktin pada ibu nifas normal. Daunnya digunakan dalam sup bagi ibu yang baru melahirkan menurut Asian Pacific Journal Clinical Nutrition.

Secara tradisional, Torbangun ditambahkan ke sup dengan ayam atau ikan yang melambangkan berkah kebahagiaan dan keselamatan bagi orang tua dan bayi baru. Itu dimakan oleh ibu baru segera setelah mereka melahirkan melalui tiga puluh hari pertama pascapersalinan.

Hari ini, sup daun torbangun dibuat dengan santan yang membantu menutupi rasa daun torbangun yang sedikit pahit. Dalam budaya Batak, mengkonsumsi daun bangun-bangun setelah melahirkan bayi dianggap dapat membantu perdarahan postpartum, bertindak sebagai agen pembersih rahim dan menghangatkan tubuh.

2. Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan daun bangun-bangun kaya akan vitamin c, vitamin a, aneka mineral serta antioksidan yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Lalu, manfaat daun bangun-bangun yang mengandung antioksidan bisa mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

Tak hanya itu, Ada riset dari journal of Molecules menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada daun bangun-bangun juga dapat mencegah pertumbuhan sel tumor atau kanker. Akan tetapi, manfaat daun bangun-bangun tersebut masih terbatas pada studi berskala kecil di laboratorium, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

3. Legakan Saluran Pernapasan

Manfaat daun bangun-bangun juga telah banyak digunakan untuk mengatasi batuk dan membersihkan saluran napas dari lendir. Selain itu, ada riset menyebutkan bahwa daun bangun-bangun memiliki sifat antibakteri dan efek ekspektoran yang dapat mengencerkan dahak.

Efek tersebut menjadikan daun bangun-bangun baik dikonsumsi sebagai obat batuk alami untuk mengatasi batu berdahak akibat flu atau ISPA. Caranya, dengan sediakan 9 lembar daun bangun-bangun, cuci dan haluskan dengan cara ditumbuk peras, dan campurkan sedikit minyak wijen kemudian diminum.

Baca Juga: Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi?

4. Lancarkan Buang Air Kecil

Moms, manfaat daun bangun-bangun juga dikenal memiliki efek diuretic alami. Sehingga, dapat merangsang pembentukan dna pembuangan urine. Dengan lebih banyak mengeluarkan urine, zat beracun dan cairan berlebih dalam tubuh pun dapat dikeluarkan.

Efek ini membuat daun bangun-bangun baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan ginjal dan mencegah infeksi serta pembentukan batu di saluran kemih.

5. Redakan Demam

Selain lebih dikenal untuk produksi ASI, Manfaat daun bangun-bangun juga diketahui dapat meredakan demam berkat kandungan zat antiradang di dalamnya. Tak hanya itu, daun bangun-bangun juga memiliki efek antibakteri, sehingga dapat mengatasi infeksi kuman yang dapat menimbulkan demam.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai dosis yang tepat, efektivitas, serta keamanan daun bangun-bangun sebagai obat pereda demam.

Baca Juga: Bagaimana Cara Diet yang Baik dan Aman untuk Ibu Menyusui?

6. Atasi Asam Lambung

Moms tahukah daun bangun-bangun juga terkenal untuk mengatasi masalah pencernaan seperti asam lambung dan diare. Daun diketahui memiliki efek prebiotik pada bakteri probiotik Lactobacillus plantarum. Mereka memanfaatkan fitokonstituen daun dengan memproduksi enzim metabolisme yang diperlukan.

Tak hanya itu , Manfaat daun bangun-bangun yang ditumbuh juga bisa digunakanuntuk menyembuhkan sembelit, loh.

7. Sembuhkan Penyakit Kulit

Di india, sari daun bangun-bangun digunakan untuk mengobati alergi kulit. Hal ini juga digunakan untuk mengobati luka bakar di wilayah Asia. Ketika pasta daun dipanggang di atas api dan dioleskan pada luka atau luka bakar, ia bertindak sebagai antiseptik dan meningkatkan penyembuhan.

Baca Juga:13+ Makanan Penghambat ASI, Pantang Dikonsumsi Ibu Menyusui!

8. Penyakit Mulut

Karies dan penyakit periodontal terutama menjadi perhatian kesehatan masyarakat, di mana mereka mempengaruhi sebagian besar. Manfaat daun bangun-bangun kaya carvacrol, telah menunjukkan efek antagonis ketika digunakan dengan obat kumur untuk menghindari pertumbuhan bakteri di rongga mulut. Ini bisa menjadi pengobatan alternatif yang potensial untuk penyakit yang berhubungan dengan rongga mulut.

9. Jaga Kesehatan Tulang

Daun bangun-bangun mengandung asam lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6, yang baik untuk kekuatan tulang dan sendi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa kandungan omega-3 dan omega-6 bermanfaat untuk mencegah dan meringankan radang sendi serta memperbaiki kerusakan tulang dan sendi akibat penuaan.

Manfaat daun bangun-bangun tersebut juga akan lebih berasa jika ditambah dengan yang juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin D, kandungan asam lemak sehat dalam daun bangun-bangun tersebut juga baik untuk mencegah penyakit osteoporosis terutama pada lansia.

Baca Juga: 4 Benda Penting untuk Ibu Menyusui yang Bekerja Kantoran

Namun, perlu juga diketahui salah satu kekurangan dalam menggunakan bahan dari tanaman bangun-bangun sebagai bahan obat yaitu adanya efek samping yang mampu menimbulkan gagal ginjal dan menimbulkan alergi. Sehingga sebelum mengambil manfaat daun bangun-bangun diharap Moms maupun Dads berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter.

  • https://media.neliti.com/media/publications/178604-ID-none.pdf
  • http://news.unair.ac.id/2019/10/04/torbangun-antara-obat-dan-efek-samping/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1044580310002512
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6274163/
  • http://pza.sanbi.org/coleus-amboinicus
  • https://www.nparks.gov.sg/florafaunaweb/flora/3/7/3717
  • https://www.legendairymilk.com/blogs/news/torbangun-used-as-a-lactagogue
  • https://apjcn.nhri.org.tw/server/APJCN/15/2/267.pdf
  • https://ijamscr.com/ijamscr/article/view/572/1554
  • https://moomomma.com/things-everyone-should-know-about-torbangun/
  • http://ejournal.kemenperin.go.id/jri/article/view/3235
  • https://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/view/17356
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait