Fashion & Beauty

8 Rekomendasi Shampo untuk Kulit Kepala Gatal

Cek terlebih dahulu kandungannya lewat artikel ini ya, Moms.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit kepala juga berfungsi melindungi lapisan kulit di bawahnya yaitu kulit kepala. Namun jangan salah, area tubuh yang tertutup oleh rambut ini pun kerap mengalami masalah seperti berminyak hingga gatal.. Tak heran rasanya jika shampo untuk kulit kepala gatal menjadi salah satu jenis shampo yang paling sering dicari.

Untuk orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, masalah yang paling sering terjadi adalah kulit kepala gatal. Meski demikian, jangan sembarangan pilih shampo, ya!

Bagaimana Cara Memilih Shampo untuk Kulit Kepala Gatal?

Apakah Harus Keramas setelah Berhubungan? Ini Penjelasan Pemuka Agama!

Foto: Orami Photo Stock

Sekarang Moms dan Dads sudah mengetahui penyebab kulit kepala gatal.

Sebelum menentukan produk shampo untuk kulit kepala gatal yang tepat di pasaran, Moms dan Dads perlu memerhatikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih shampo untuk kulit kepala.

Apa saja? Menurut stylist.co.uk, beberapa kandungan ini sangatlah disarankan untuk membantu mengatasi kulit kepala gatal:

1. Lihat Kandungan Utama Shampo untuk Kulit Kepala Gatal

Yang pasti, memilih shampo yang bertugas untuk membersihkan kulit kepala saja tidaklah cukup.

Anabel Kingsley, selaku Haidresser dan Trichologist dari Philip Kingsley, menyatakan bahwa Moms dan Dads memerlukan shampo khusus untuk kulit kepala gatal yang mengandung zinc PCA.

Apakah Moms masih merasa asing dengan Trichologist? Ini adalah gelar yang menjelaskan bahwa sosok tersebut ahli di bidang ilmu rambut dan kulit kepala)

Kandungan zinc PCA terbukti ampuh membantu mengurangi rasa gatal, membantu mengatasi ketombe, dan membuat kulit kepala kembali sehat.

Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa zinc dapat membantu menguatkan akar rambut sekaligus menutrisi kulit kepala.

Tidak hanya zinc PCA, Kingsley pun menyatakan bahwa kandungan penting lain yang membantu mengatasi gatal pada kulit kepala adalah camphor, witch hazel, salicylic acid, dan piroctone olamine.

2. Sesuaikan Shampo yang Dipilih dengan Kebutuhan Kulit Kepala.

Bisa jadi, Moms dan Dads sudah menggunakan shampo anti ketombe tapi belum juga mendapatkan titik cerah ketombe dan kulit kepala gatal mereda.

Jangan salahkan shampo-nya. Hal ini bisa saja karena shampo yang dibutuhkan belum sesuai dengan kebutuhan rambut dan kulit kepala.

Contoh, seseorang yang memiliki masalah batang rambut dan kulit kepala berminyak. Artinya, orang tersebut membutuhkan shampo khusus untuk rambut berminyak dan memberi kesegaran ekstra seperti fresh mint.

Selain itu, karena tujuan utamanya adalah untuk mengatasi gatal pada kulit kepala, pilihlah shampo dan perawatan rambut lain yang lebih berfokus pada kesehatan kulit kepala.

Ini Rekomendasi Shampo untuk Kulit Kepala Gatal

Salah Keramas Ternyata Dapat Sebabkan Ketombe-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Di pasaran, dijual banyak macam shampo untuk kulit kepala gatal. Daripada bingung memilih shampo yang mana yang paling tepat? Coba cek beberapa rekomendasi shampo paling laris pilihan Orami:

1. CLEAR Complete Soft Care Shampoo

sampo kulit kepala

Rekomendasi shampo untuk kulit kepala gatal dan ketombe yang pertama adalah CLEAR Complete Soft Care Shampoo.

Seperti yang telah disebutkan di atas, kulit kepala yang gatal bisa jadi disebabkan oleh produk perawatan atau produk kosmetika rambut dengan formula yang terlalu “keras”.

Akibatnya, ketombe hilang, namun kulit kepala menjadi terasa gatal tak tertahankan.

Pernah mengalami hal serupa? Coba gunakan CLEAR Complete Soft Care Shampoo dengan formula lembut namun tetap efektif mengusir ketombe.

Tekstur shampo yang seperti gel cair mampu meresap lebih cepat. Efektif melawan ketombe serta dua kali lebih lembut di rambut dan kulit kepala.

2. TRESemmé Scalp Care Shampo

sampo kulit kepala

Bisa jadi, untuk mengatasi kulit kepala gatal dan menjaga kondisi rambut, Moms terbiasa melakukan perawatan rambut di salon langgangan.

Bagaimana dengan kondisi sekarang yang menuntut Moms untuk lebih sering di rumah saja? Tentu saja kebiasaan baik merawat rambut di salon tidak lagi sesering biasanya. Atau malah, tidak lagi dilakukan selama setahun penuh? Wah, hal ini tentu memberi masalah baru bagi rambut.

Baca juga: Ternyata Ini 5 Tata Cara Keramas yang Benar!

Shampo rekomendasi Orami ini yang mengandung ZPTO dan tea tree oil untuk mencegah rambut dari ketombe, melawan bakteri dan kerontokan. Shampo yang membantu tampilan rambut lebih paripurna seperti habis keluar dari salon tersebut juga memiliki formula lembut untuk kulit kepala. Jangan lupa akhiri ritual keramas dengan penggunaan kondisioner, ya!

3. Dove Scalp Strength Ritual Shampoo

sampo perawatan kulit kepala

Tidak hanya polusi, keringat, sebum, hingga paparan sinar matahari saja yang membuat kulit kepala gatal.

Kebiasaan menggunakan topi dan hijab juga bisa membuat kulit kepala gatal, rambut rontok, dan rambut patah.

Rekomendasi shampo kulit kepala gatal selanjutnya adalah Dove Scalp Strength Ritual Shampo. Terima kasih untuk kandungan habbatussauda di dalamnya yang membantu memberi nutrisi sekaligus “menenangkan” kulit kepala.

Tak hanya itu saja, Dove Scalp Strength Ritual Shampo juga diperkaya dengan minyak zaitun untuk mencegah kerontokan rambut.

4. Safi Hair Xpert Hair Fall Treatment Shampoo

safi sampo

Rekomendasi shampo untuk kulit kepala gatal selanjutnya jatuh pada Safi Hair Xpert Fall Treatment Shampo. Shampo ini sangat cocok untuk rambut rontok dan mudah lepek.

Kandungan habbatus sauda, micro bamboo charcoal, pro vitamin B5 & wheat protein tidak hanya membantu membersihkan rambut secara lembut, tapi juga menutrisi rambut dan kulit kepala agar tidak rontok.

5. Rejoice 3-in-1 Perfect Cool Shampo

sampo hijab

Ingin lebih praktis? Coba produk yang mengandung zinc pirition yang membantu menghilangkan ketombe, creambath essence untuk melembutkan rambut, serta kandungan mentol yang membantu meminimalkan rasa gatal pada kulit kepala.

Baca juga: 6 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Sehat dan Lembut

6. Wardah Hair Fall Treatment Shampoo

wardah hairfall

Satu lagi rekomendasi shampo untuk kulit kepala gatal untuk pengguna hijab ataupun tidak menggunakan hijab.

Coba Wardah Hair Fall Treatment Shampo yang memiliki paduan scentlock fragrance, gingseng extract, rosemary extract, serta keratin yang mencegah kulit kepala gatal sekaligus menjaga kekuatan batang rambut agar tidak mudah patah.

Itulah rekomendasi shampo untuk kulit kepala gatal. Jadi, cegah kebersihkan kulit kepala dan rambut, dan pilih produk yang sesuai ya!

7. Sensatia Botanica, Balancing Shampoo

sampo kulit kepala sensitif

Rekomendasi shampo untuk kulit gatal ini mengandung tea tree oil.

Sensatia Botanica, Balancing Shampoo dapat membantu membersihkan kotoran di kulit kepala.

Kandungan alami sampo seperti ekstrak ginseng dan peppermint oil yang membantu menenangkan kulit kepala.  Karena sebagian besar formulanya mengandung bahan alami, sampo ini cocok digunakan untuk segala jenis rambut dan kulit kepala, termasuk kulit kelapa sensitif. 

Baca juga: Apa yang Ingin Diberitahu Tubuh Lewat Ketombe di Kulit Kepala?

8. Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

sampo kulit kepala yang sensitif

Penyebab kulit kepala gatal adalah hadirnya mikro-organisme yang hidup di kulit kepala.

Hadirnya micro-organisme seperti jamur yang disebut Malassezia ini dapat “menghancurkan” minyak alami di kulit kepala dan mengubahnya menjadi zat asam.

Zat yang bersifat asam inilah yang terasa sensitif bagi sebagian orang sehingga memicu rasa gatal dan iritasi pada kulit kepala. Ketombe pun, hadir deh!

Jika tidak ditangani secara cepat dan benar, kondisi tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, kerontokan rambut yang terjadi bukanlah akibat akar rambut yang melemah.

Kerontokan rambut akibat jamur Malassezia disebabkan oleh kondisi batang rambut akibat kehilangan nutrisi yang dibutuhkan.

Apalagi jika Moms memiliki kulit cenderung sensitif. Yes, pemilik kulit sensitif bisa jadi memiliki kulit kepala yang sensitif juga. Inilah yang menyebabkan kulit kepala Moms sering gatal.

Coba Sebamed Anti-Dandruff Shampoo sebagai rekomendasi shampo untuk kulit kepala gatal dan anti-ketombe selanjutnya.

Sampo yang memiliki pH yang sangat ramah ini memiliki kandungan ringan namun efektif ini cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif dan penderita seborrheic dermatitis.

Itu dia Moms beberapa rekomendasi shampo untuk kulit kepala gatal. Pilih yang cocok ya, Moms!

  • https://www.stylist.co.uk/beauty/how-to-treat-an-itchy-scalp-products/312599
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-scalp-itch
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait