Tren

16 April 2019

Si Kecil Ingin Memelihara Ikan Hias, Perhatikan Ini Dulu Moms

Harus komitmen membersihkannya ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms, apakah Si Kecil menyukai ikan hias?
Apakah Si Kecil sudah meminta Moms kalau ingin memelihara ikan hias di rumah?

Memelihara ikan hias di dalam akuarium selain dapat membuat ruangan di rumah tampak cantik, namun juga dapat melepas stres saat kita melihatnya. Gerakan ikan yang begitu cantik dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks.

Sebelum Moms mengizinkan Si Kecil memelihara ikan hias, sebaiknya perhatikan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu ya Moms.

1. Komitmen Terhadap Kebersihan

Foto: pets.thenest

Hal pertama yang harus dipikirkan saat akan memelihara ikan hias di dalam akuarium adalah komitmen terhadap kebersihan. Moms dan Si Kecil harus berkomitmen akan selalu rutin dalam mengganti air akuarium yang kotor paling tidak satu sampai dua minggu sekali.

Air akuarium yang kotor dan jarang dibersihkan dapat membahayakan kesehatan ikan yang hidup di dalamnya. Selain itu, air akuarium yang kotor dapat membuat bau yang tidak sedap di dalam ruangan di rumah.

Baca Juga: 3 Tips Melindungi Balita dari Kuman Binatang Peliharaan

2. Memilih Ukuran Akuarium

Foto: ebay

Jika poin pertama sudah bisa Moms dan Si Kecil penuhi, maka selanjutnya adalah memilih ukuran akuarium yang pas dengan kondisi ruangan di rumah atau kamar Si Kecil. Jangan sampai dengan keberadaan akuarium yang besar akan membuat ruangan semakin sempit.

Ukuran akuarium besar atau kecil sama saja, Moms dan Si Kecil hanya perlu menyesuaikan isinya saja. Jika akuarium berukuran besar maka bisa diisi lebih banyak ikan, namun sebaliknya jangan menaruh terlalu banyak ikan jika akuarium berukuran kecil.

3. Ikan Air Tawar Pilihan Terbaik

Foto: gambar.co.id

Bagi Moms dan Si Kecil yang pertama kali akan merawat ikan di rumah, jenis ikan air tawar adalah pilihan terbaiknya. Selain karena mudah untuk merawatnya, pilihan ikan air tawar juga tidak kalah menarik dari jenis ikan air laut.

Banyak jenis ikan air tawar yang mempunyai corak menarik dan warna cerah untuk dilihat dan dipandang saat berlenggak-lenggok di dalam air.

4. Memilih Ukuran Ikan

Foto: thespruce

Ukuran ikan yang kecil termasuk yang paling mudah perawatannya, karena lebih tahan lama. Ikan hias air tawar berukuran kecil seperti betta fish (cupang), guppy, ikan pedang, ikan tetra, dan ikan black ghost.

Sedangkan ikan hias air tawar yang mempunyai ukuran sedang ke besar adalah ikan komet atau ikan koki. Walaupun mempunyai warna yang cantik dan gerakannya yang indah, namun ikan komet dan ikan koki membutuhkan perawatan ekstra karena daya tahannya yang kurang baik jika salah merawatnya lho Moms.

Baca Juga: Xabiru Punya Hewan Peliharaan, Ini 7 Tips Memelihara Hewan di Rumah

5. Pakan Ikan

Foto: maxizoo

Terakhir, Moms harus menyediakan pakan ikan yang baik dan Si Kecil bisa Moms ajari untuk selalu rutin memberikan pakan. Pakan ikan paling simpel dan mudah didapatkan adalah yang berjenis pelet.

Berikan ikan paling tidak sehari dua kali, di pagi dan malam hari. Jika terlalu sering akan membuat kondisi air akuarium cepat kotor.

Itu dia Moms 5 hal yang harus diperhatikan saat Si Kecil akan memelihara ikan hias di rumah. Apakah ada yang sudah berencana Moms?

(IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait