Di atas 5 tahun

24 Desember 2020

4 Jenis Skincare untuk Anak 12 Tahun, Simak ya Moms!

Apa saja skincare untuk anak 12 tahun yang bisa dicoba? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Sudahkah anak berumur 12 tahun membutuhkan skincare atau produk perawatan kulit? Faktanya, memang demikian.

Kebanyakan anak-anak yang beranjak remaja akan mengalami beberapa masalah kulit, seperti jerawat yang muncul tiba-tiba atau kulit yang jadi sangat berminyak.

Hal ini memang normal terjadi, karena semua dipengaruhi oleh hormon. Maka dari itu, perawatan sejak dini justru dianjurkan agar masalahnya tidak semakin berkembang ketika usia anak bertambah.

Baca Juga: 5 Skincare Berbahan Dasar Madu untuk Melembapkan Kulit

“Remaja akan lebih mudah frustasi mengalami masalah kulit, karena mereka juga menjadi kurang percaya diri. Maka dari itu, penting menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya,” kata Joel Schlessinger, MD, presiden terpilih dari American Society of Cosmetic Dermatology and Aesthetic Surgery.

Skincare untuk Anak 12 Tahun

Lantas, apa saja skincare untuk anak 12 tahun yang penting? Selain itu, pola hidup seperti apa yang harus dilakukan anak 12 tahun untuk menjaga kulitnya tetap sehat?

1. Rutin Mencuci Wajah

Rutin Mencuci Wajah.png

Foto: Orami Photo Stock

Skincare untuk anak 12 tahun yang paling dasar adalah sabun muka. Setiap hari, anak 12 tahun wajib untuk mencuci wajahnya paling tidak 2 kali sehari.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan seharian akan membuat banyak kotoran yang menempel di wajah dan dapat menyumbat pori-pori. Hal inilah yang meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Membersihkan wajah dengan tepat akan menghilangkan semua kotoran, membuka pori-pori wajah, dan mengangkat sel kulit mati.

Menurut Journal of Dermatological Treatment, gunakan sabun yang lembut untuk mencuci wajah.

Caranya dengan basahi wajah dan tangan. Dengan jari atau waslap yang sangat lembut, pijat lembut pembersih ke wajah. Jangan lupa juga untuk membersihkan area leher.

Anak bisa membilas wajah dengan air hangat atau sesuai dengan suhu ruangan, serta pastikan semua sabun pembersih benar-benar terangkat. Lalu, keringkan wajah dengan menepuk lembut menggunakan handuk.

Moms juga sebaiknya memberitahu anak bahwa membersihkan wajah tidak perlu terburu-buru. Terpenting, seluruh area wajah sudah dibersihkan dan dibilas secara merata.

2. Obat Jerawat

Obat Jerawat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sudah muncul jerawat di kulit anak? Nah, hal ini bisa terjadi bagi mereka yang memiliki kulit berminyak sehingga cenderung mudah berjerawat.

Jika anak Moms sudah mengalami masalah jerawat, maka obat jerawat menjadi salah satu rangkaian skincare skincare untuk anak 12 tahun yang penting dimiliki.

Penyebab utama dari jerawat adalah bakteri yang menyumbat pori-pori. Menurut American Academy of Dermatology, jerawat juga bisa dipengaruhi oleh tingkat stres.

Memang, stres tidak dapat menyebabkan jerawat, tapi stres dapat memperburuk jerawat yang sudah ada.

Hasil dari penelitian menunjukkan ketika stres meningkat, maka keparahan jerawat juga ikut meningkat.

Ada banyak obat jerawat yang dijual di pasaran. Perawatan jerawat yang dijual bebas yang mengandung benzoil peroksida dan/atau berbagai asam (acid) dalam krim, losion, atau gel. Pastikan Moms memilihkan yang paling tepat untuk anak.

Baca petunjuk pada kemasan dan ikuti petunjuknya. Sebaiknya, jangan tinggalkan anak untuk memakai obat jerawat sendiri sebelum ia benar-benar sudah memahaminya.

Penting untuk dipahami, sebelum memakai obat jerawat, pastikan wajah anak Moms sudah kering.

Kemudian, aplikasikan obat jerawat sesuai dengan takarannya dan gosokkan hati-hati ke bagian wajah yang berjerawat.

Baca Juga: Ini 6 Obat Alami untuk Menghilangkan Jerawat dalam Semalam!

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika obat jerawat tersebut tidak ampuh? Nah, hati-hati, jangan terlalu sering mengganti obat jerawat karena justru dapat menimbulkan lebih banyak jerawat.

Cara terbaik adalah menunggu paling tidak sebulan untuk melihat hasilnya. Jika jerawat masih tidak sembuh, maka bisa menggunakan jenis obat jerawat lainnya.

3. Memakai Pelembap

Memakai Pelembap

Foto: Orami Photo Stock

Pelembap menjadi skincare untuk anak 12 tahun yang penting juga, lho! Mengapa demikian?

Sabun cuci muka dan jerawat bisa membuat kulit terasa kencang dan kering. Maka dari itu, menggunakan pelembap setiap hari membantu kulit menjadi lebih baik.

Pelembap juga membantu menjaga agar kulit tidak terkelupas, serta membuatnya terasa lembut dan halus.

Hal yang penting untuk diperhatikan, sebaiknya gunakan pelembap yang non comedogenic atau bebas minyak.

Tujuannya untuk mencegah penyumbatan pori-pori wajah yang bisa menimbulkan jerawat. Nah, Moms bisa membantu anak untuk memilih pelembap yang tepat.

Saat menggunakan pelembap, sebaiknya gosok dengan hati-hati sampai pelembap benar-benar terserap.

Pelembap juga penting diberikan untuk menjaga agar kulit wajah anak tetap terhidrasi dengan baik.

Pentingnya hidrasi dan menjaga kelembapan kulit menjadi salah satu alasan mengapa kita harus melakukan perawatan kulit sejak remaja.

Nyatanya, kulit adalah pertahanan terbesar terhadap infeksi atau penyakit. Karenanya perawatan kulit untuk remaja yang tepat akan membantu menjaga lapisan pelindung tubuh ini tetap aman.

4. Pentingnya Memakai Sunscreen

Pentingnya Memakai Sunscreen.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Skincare untuk anak 12 tahun yang juga tidak boleh dilupakan adalah memakai sunscreen.

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Jika anak kerap beraktivitas di luar ruangan, maka penting sekali untuk memakai sunscreen setiap harinya.

Memakai sunscreen tidak hanya penting untuk mencegah kanker kulit, tetapi juga keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya di masa yang akan mendatang.

Jika kulit anak termasuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, gunakan sunscreen yang berbentuk gel agar benar-benar langsung meresap ke dalam kulit. Selain itu, penting untuk mengetahui kandungan sunscreen yang tepat untuk kulit.

“Pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide dan/atau titanium dioxide. Kegunaannya untuk melakukan pekerjaan terbaik memblokir radiasi UV, berbahan dasar mineral sehingga tidak akan mengiritasi kulit, serta tidak meninggalkan residu putih,” ungkap Dr. Peterson Pierre, dokter kulit di Thousand Oaks, California.

Penelitian menunjukkan bahwa perawatan kulit untuk remaja bermanfaat untuk menunda proses penuaan.

Semakin dini melakukan perawatan wajah, maka hasilnya akan semakin baik. Jadi, jangan lupa untuk mengingatkan anak memakai sunscreen setiap harinya, ya!

Baca Juga: 4 Cara Memilih Sunscreen untuk Anak, Jangan Sampai Salah!

Itulah skincare untuk anak 12 tahun yang penting dan harus diperhatikan dengan baik. Selain itu, ternyata perawatan kulit dari dalam juga perlu dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat.

Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Agar Kulit Anak Tetap Sehat

Sekarang Moms sudah tahu apa saja skincare untuk anak 12 tahun yang harus digunakan Si Kecil. Tidak hanya produk skincare, Moms juga perlu memerhatikan perawatan kulitnya.

Kecenderungan anak 12 tahun belum memahami dengan benar cara merawat kulit dengan baik. Maka dari itu, mereka membutuhkan dampingan dan bimbingan dari orang tua.

Nah, Moms bisa memberitahu kebiasaan yang perlu dilakukan anak agar menjaga kulitnya tetap sehat, yaitu:

1. Rutin Mencuci Tangan

Rutin Mencuci Tangan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tangan yang kotor dapat menjadi sumber penyakit dan berbahaya untuk tubuh.

Kuman dari tangan yang tidak dicuci dapat ditransfer ke benda lain, seperti pegangan tangan, meja, mainan, atau benda-benda lainnya yang kemudian ditransfer ke tangan orang lain.

Lalu, apa dampaknya tangan yang kotor pada kesehatan wajah? Anak-anak mungkin dapat memegang wajahnya ketika tangannya masih dalam keadaan kotor.

Hal ini yang memungkinkan bakteri menempel pada wajah dan berpotensi sebabkan komedo, jerawat, hingga wajah yang kusam.

Maka, sebaiknya Moms selalu mengingatkan anak tentang pentingnya mencuci tangan. Ada waktu-waktu tertentu di mana anak wajib untuk mencuci tangan.

Baca Juga: 4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil Akibat Terlalu Banyak Cuci Tangan

“Anak tidak perlu mencuci tangan setiap waktu. Cucilah tangan pada waktu yang tepat, seperti saat keluar dari kamar mandi, sebelum makan, dan setelah memegang hewan peliharaan,” ujar Dr. Aaron Glatt, dokter spesialis penyakit menular di Oceanside, New York.

2. Rutin Mengganti Seprai

Rutin Mengganti Seprai

Foto: Orami Photo Stock

Rutin mengganti seprai dan sarung bantal juga menjadi kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mengapa demikian?

Sarung bantal bisa menampung bakteri yang saat seseorang sedang tidur, yang kemudian bisa masuk kembali ke kulit.

Waktu ideal untuk mengganti seprai dan sarung bantal sekitar dua kali seminggu. Sebaiknya gantilah sarung bantal secara lebih teratur jika menggunakan produk rambut, seperti gel, hairspray, mousse, atau minyak, yang dapat meninggalkan residu pada sarung bantal.

Moms bisa mengingatkan anak untuk rutin mengganti seprai dan sarung bantalnya sebagai cara menjaga kesehatan kulitnya juga.

3. Kualitas Tidur yang Baik

Kualitas Tidur yang Baik.jpg

Foto: dailymail.co.uk

Sleep Foundation menyebutkan, kualitas tidur yang baik membantu manusia berpikir secara jelas, mengingat informasi, dan membuat keputusan. Selain itu, kualitas tidur yang baik juga menjaga agar kulit tetap sehat.

Selama tidur, sel-sel memori akan aktif kembali, koneksi di antara sel-sel otak semakin terhubung, dan informasi yang diterima akan berpindah dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang.

Hal ini juga berlaku pada anak 12 tahun. Setidaknya, ia harus tidur setiap malam selama 8 sampai 12 jam per harinya.

Kurang tidur meningkatkan tingkat stres, yang membuat seseorang lebih rentan terhadap jerawat yang dipicu oleh stres.

Jika jerawat tidak muncul, kantung mata selama seminggu akan mengingatkan anak betapa pentingnya memiliki kualitas tidur yang baik.

Baca Juga: 5 Tips Membiasakan Anak Untuk Membereskan Kamar Tidurnya

4. Pola Makan yang Sehat

Pola Makan yang Sehat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Perawatan kulit tidak hanya penting dari luar, melainkan juga dari dalam tubuh. Caranya dengan menerapkan pola makan yang sehat dengan nutrisi seimbang.

Moms bisa memberikan anak lebih banyak sayuran berdaun hijau yang sudah terbukti membantu melawan peradangan dalam tubuh.

Sebaiknya pula hindari mengonsumsi makanan cepat saji karena umumnya mengandung minyak dan lemak yang tinggi.

Kebiasaan ini dapat menyebabkan munculnya jerawat hingga wajah yang terlihat kusam. Tak lupa, seimbangkan pula dengan pola makan yang sehat setiap harinya.

Bagi beberapa orang yang memiliki alergi terhadap makanan seperti coklat, gandum, atau produk susu juga bisa menyebabkannya jerawat.

5. Rutin Mandi

Rutin Mandi.jpg

Foto: skincaretour.com

Jerawat tidak hanya bisa menyerang area wajah, melainkan juga badan.

Jerawat punggung adalah masalah kulit yang sering terjadi ketika tidak menjaga kebersihan badan dengan baik. Kondisi ini juga bisa dialami oleh anak yang sedang beranjak remaja.

Mengenakan pakaian terlalu ketat seperti saat berolahraga, aktif bergerak dan berkeringat dapat memerangkap panas dan keringat, sehingga bakteri berkembang biak dan menimbulkan jerawat.

Penting sekali untuk segera mandi dan membersihkan diri untuk mencegah terjadinya jerawat di punggung atau area badan lainnya.

6. Stres yang Tinggi

stres yang tinggi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kata siapa anak-anak hingga remaja tidak bisa stres? Mereka justru rentan terkena stres karena faktor hormonal, lho!

Kebanyakan orang yang sedang mengalami stres akan kurang tidur atau mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Hal ini yang bisa merusak kesehatan kulit mereka juga.

Ada baiknya Moms mengajarkan tentang cara mengelola stres dengan baik. Moms juga bisa mengajaknya melakukan hal-hal yang ia suka atau meluangkan waktu berolahraga.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini Tips Agar Anak Suka Olahraga

Berikut penjelasan tentang skincare untuk anak 12 tahun dan cara-cara menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh. Selamat mencoba, ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait