08 Agustus 2024

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Biayanya

Ketahui di mana saja tempat untuk mengurus SKBN

Saat hendak melamar pekerjaan, tak jarang ada beberapa perusahaan yang meminta syarat tambahan untuk dimasukkan ke dalam berkas, salah satunya surat keterangan bebas narkoba (SKBN).

Untuk mendapatkannya, dipastikan harus bebas dari narkoba dan mengurusnya ke beberapa tempat terkait, seperti kantor kepolisian, BNN, atau klinik setempat.

Baca Juga: 15 Contoh Surat Permohonan yang Benar dan Cara Membuatnya

Tujuan Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba

Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba
Foto: Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (Freepik.com/freepik)

Umumnya, surat ini ditujukan sebagai bentuk informasi yang menyatakan jika tidak pernah terkontaminasi dengan narkotika dan obat-obat adiktif lainnya.

Misalnya, sabu, ganja, marijuana, kokain, maupun obat-obat penenang lainnya.

Tes bebas narkoba dapat mendeteksi kandungan benzodiazepin, morfin, methamphetamine, amphetamine, dan tetrahydrocannabinol pada urine. 

Bagi mayoritas orang yang tidak pernah bersentuhan dengan bahan narkotika sekali, menjalani tes ini mungkin merepotkan.

Namun, tiap perusahaan berhak dan disarankan untuk memintanya dari calon karyawan.

Sebab, ada banyak hal yang terkadang tidak muncul dalam background check saat interview HRD yang bisa merugikan perusahaan.

Bahkan, aturan ini tertuang dalam aturan khusus, tepatnya dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: Per.11/Men/VI/2005 tahun 2005 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya di Tempat Kerja.

Pasal 2 ayat (1) Permenakertrans 11/2005 berbunyi:

“Pengusaha wajib melakukan upaya aktif pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya di tempat kerja.”

Peraturan ini berlaku untuk siapa saja, baik untuk karyawan yang baru berada di tahap perekrutan atau yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba perusahaan meminta karyawannya untuk memberikan surat keterangan bebas narkoba kalau dirasa butuh.

Ingat, saat terbukti menggunakan narkotika maupun obat adiktif, maka bisa memengaruhi kinerja di perusahaan nantinya.

Atas dasar inilah, surat keterangan bebas narkoba perlu dicantumkan demi menghindarkan kerugian yang akan dialami perusahaan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Kop Surat: Jenis, Isi, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Masa Berlaku Surat Keterangan Bebas Narkoba

Tes Urine
Foto: Tes Urine (Istockphoto.com)

Dilansir dari laman Polresjembrananews.com, masa berlaku dari surat keterangan bebas narkoba adalah 3 bulan. Sayangnya, surat ini belum bisa dibuat secara online.

Moms harus mengajukannya secara langsung di rumah sakit umum atau puskesmas, kantor kepolisian, dan laboratorium BNN.

Perlu Moms ketahui bahwa sejatinya surat keterangan bebas narkoba belum bisa didapatkan secara online.

Sebab, Moms perlu menjalani pengujian terlebih dahulu untuk membuktikan diri bebas narkoba.

Tempat Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat Keterangan Bebas Narkoba (Orami Photo Stock)
Foto: Surat Keterangan Bebas Narkoba (Orami Photo Stock)

Moms bisa membuat surat bebas narkoba ini di berbagai tempat.

Misalnya, fasilitas kesehatan, kantor polisi, atau langsung datang ke kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui rangkaian uji laboratorium.

Ini dilakukan untuk memastikan benar-benar bebas dari narkoba.

Cara Mengurus Surat Keterangan Bebas Narkoba di Kepolisian

Sama seperti mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Moms juga bisa mengurus surat keterangan bebas narkoba di kepolisian. 

Pengurusan surat ini terdapat di klinik kepolisian, rumah sakit, atau Labkesda (laboratorium kesehatan daerah).

Berikut ini prosedur mendapatkan SKBN di kepolisian:

1. Persiapkan dokumen persyaratan:

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Pas foto terbaru berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.

2. Datangi kantor polisi terdekat yang memiliki fasilitas untuk melakukan tes narkoba. Layanan ini biasanya tersedia di Polres atau Polda.

3. Lakukan pendaftaran di bagian yang mengurus tes narkoba.

4. Serahkan dokumen yang sudah dipersiapkan dan isi formulir yang disediakan oleh petugas kepolisian.

5. Melakukan tes urine.

6. Pembayaran biaya administrasi.

Hasil tes urine biasanya dapat diperoleh dalam waktu yang relatif singkat, tergantung pada prosedur masing-masing kantor polisi.

Jika hasil tes menunjukkan Moms bebas dari narkoba, surat keterangan akan segera diproses.

Selain di kepolisian, Moms juga bisa melakukan tes di beberapa fasilitas kesehatan.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.