Home & Living

5 Agustus 2021

13 Tanaman Pengusir Nyamuk, Efektif untuk di Rumah

Beberapa tanaman pengusir nyamuk ini cukup efektif lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Nyamuk merupakan serangga yang sangat mengganggu ya Moms. Selain menggunakna bahan kimia, ada acara alami untuk menghilangkan serangga ini dari rumah lho Moms. Caranya dengan menaruh tanaman pengusir nyamuk di berbagai sudut rumah.

Baca juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini Di Kamar Tidur Agar Bisa Tidur Nyenyak

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan mint memiliki aroma yang tidak disukai serangga penghisap dan penjilat ini. Selain itu masih banyak tanaman pengusir nyamuk yang bisa diletakkan di rumah Moms. Berikut daftarnya.

1. Lavender

Lavender tanaman pengusir nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Percaya atau tidak, lavender merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh yang bisa menjadi pilihan. Aroma menyengat yang berasal dari minyak esensial ini sangat tidak disukai oleh nyamuk dan binatang lain seperti kelinci.

Beberapa orang percaya bahwa minyak lavender yang berada di dalam daunnya menghambat kemampuan nyamuk untuk mencium. Tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan setelah tumbuh.

Mereka juga membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Walaupun ia bertahan di berbagai iklim, tetapi dia lebih subur saat ditanam di daerah hanga.

2. Marigold

marigold tanaman pengusir nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman tahunan ini mudah tumbuh dan aromanya juga bisa menghalangi masuknya nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini dapat tumbuh di dalam pot sebagai pengusir serangga di rumah Moms.

Selain bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk di rumah, marigold juga sering digunakan sebagai pagar kebun sayur. Karena selain bisa mengusir nyamuk, tetapi mereka juga bisa mencegah kutu daun, trips, lalat putih, kumbang dan cacing tanduk tomat.

3. Kemangi

aroma kembali bisa mengusir nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Aroma kemangi juga tidak disukai oleh nyamuk. Jadi Moms bisa mencoba menaruh tanaman ini di rumah untuk mengusir nyamuk. Bagi nyamuk, tanaman ini merupakan racun yang sangat mematikam bahkan bagi jentik yang belum menjadi nyamuk.

Jika ingin hasil yang efektif, Moms dapat menaruh tanaman pengusir nyamuk di dekat genangan air. Hal itu bisa membuat jentik nyamuk tidak akan berkembang di genangan.

Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah untuk dirawat di daerah kering seperti Indonesia. Karena mereka hanya membutuhkan sedikit air untuk perawatannya.

Baca juga: Patut Dicoba, Begini Cara Menanam Kemangi di Pekarangan Rumah

4. Rosemary

rosemary

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman pengusir nyamuk lain yang ampuh adalah rosemary. Aroma dari tanaman herbal ini sangat tidk disukai oleh nyamuk. Untuk merawat rosemary Moms bisa menggunakan pot atau di tanah lapang.

Mereka sangat cocok ditanam di iklim panas dan kering. Untuk daerah dingin dan lembap, Moms sebaiknya menanam rosemary menggunakna pot agar mendapat hasil yang terbaik.

Selain itu tanaman ini juga dapat digunakan menjadi dekorasi yang bagus di rumah. Jadi selain mengusir nyamuk, Moms juga bisa memanfaatkan rosemary sebagai obat herbal dan juga bahan masakan.

5. Serai

Serai bisa membantu mengusir nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Sudah bukan rahasia lagi, kalau serai memiliki aroma yang menyengat dan tidak disukai oleh serangga, termasuk nyamuk. Jadi banyak orang menyebutnya sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Journal of Environmental Science Health menjelaskan bahwa kandungan yang ada did alam sereh dapat menghambat aktivitas pengembangbiakan inang pada nyamuk.

Cara merawat tanaman ini juga tidak sulit Moms, karena bisa ditanam menggunakan pot atau lahan yang luas. Selain itu, tanaman ini juga bisa ditanam di daerah dengan iklim panas atau dingin.

6. Catnip

tanaman catnip untuk mengusir nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman pengusir nyamuk satu ini berasal dari keluarga mint dan dapat tumbuh subur di mana saja. Bahkan, mereka juga bisa tumbuh secara liar di mana saja.

Karena bisa menjadi gulma, merawat catnip juga sangat mudah Moms. Tapi, pastikan tanaman ini jangan menyerang ke pohon lain yang ada di sekitanya.

Jurnal Medical and Veterinary Entomology menjelaskan catnip sangat ampir sebagai pengusir berbagai spesies nyamuk aedes dan culek baik secara tropical maupun spasial. Selain nyamuk, tanaman ini juga bisa mengusir lalat dan serangga lainnya.

Baca juga: Mengenal Tanaman Catnip, dari Manfaat Hingga Efek Sampingnya

7. Geranium

geranium bisa mengusir nyamuk

Foto: Orami Photo Stock

Geranium memiliki aroma yang sangat kuat sehingga nyamuk tidak suka berada di dekatnya. Tanaman pengusir nyamuk ini memiliki aroma yang mirip dengan serai dan lemon, sehingga nyamuk tidak suka mendekatinya.

Aroma yang kuat dalam tanaman ini juga tidak disukai dengan jenis serangga lain. Tanaman ini tumbuh dengan subur di daerah dengan iklim hangat, cerah, dan kering.

Namun, jika Moms berada di daerah beriklim dingin, mereka dapat ditanam menggunakan pot dan lebih sering dipangkas agar lebih baik.

8. Bunga Balsam

tanaman pengusir nyamuk

Foto: gardendesign.com

Bunga balsam merupakan tanaman yang dibenci nyamuk, tetapi disukai oleh lebah dan kupu-kupu. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Monarda atau hormint.

Jika ingin mendapatkan aromanya, Moms hanya perlu menghancurkan beberapa daun aja. Selain memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk, warna bunga yang indah juga bisa menjadi hiasan di rumah lho Moms.

9. Daun Mint

daun mint

Foto: Orami Photo Stock

Mint adalah pilihan tanaman yang sangat baik untuk mengusir nyamuk, lalat, dan bahkan semut di rumah. Semakin tajam aromanya, semakin sedikit serangga yang akan masuk ke dalam rumah Moms.

Tanaman pengusir nyamuk ini dapat dikembangbiakan menggunakan pot di teras. Sehingga Moms akan lebih mudah untuk merawatnya saat. Selain itu, daun mint juga bisa dikeringkan dan dijadikan bahan pengusir hama alami.

Daun mint juga memilki banyak manfaat untuk mengusir nyamuk, tanaman ini juga bisa jadi penambah rasa untuk makanan dan minuman lho Moms.

Baca juga: Simak Cara Menanam Daun Mint di Halaman Rumah Sendiri, Mudah!

10. Bunga Ageratum

tanaman pengusir nyamuk

Foto: wikipedia

Tanaman yang dikenal dengan bunga benang ini memiliki kandungan bahan kimia bernama kumarin. Zat itu sangat dibenci oleh nyamuk, sehingga saat Moms menaruhnya di rumah akan mengusir serangga penghisap dan penjilat itu.

Selain bermanfaat untuk mengusir nyamuk, tanaman ini juga memiliki tampilan yang indah lho Moms. Bunga benang terdiri dari beberpa warna, biru, pink, putih dan ungu.

11. Sage

tanaman pembasmi nyamuk, Sage

Jika Moms memiliki halaman belakang rumah, jangan lupa untuk menanam Sage. Karena tanaman satu ini memiliki aroma yang bisa membuat nyamuk menjauh dari rumah Moms.

Selain itu, tanaman Sage yang sudah dikeringkan juga bisa menjadi pestisida alami untuk beberapa tanaman. Moms hanya perlu mengeringkan beberapa daun sage kemudian ditumbuk dan dijadikan semprotan untuk mengusir serangga tanaman.

12. Pennyroyal

tanaman pengusir nyamuk

Foto: wikipedia

Jika selama ini Moms berpikir tanaman pennyroyal hanya enak saat diolah sebagai teh, sepertinya harus dipikirkan ulang. Karena tanaman sati ini bisa menjadi pengusir nyamuk alami dan juga pengusir hama pada tumbuhan.

Moms yang ingin hasil lebih efektif, sebaiknya letakan tanaman ini di rumah ya. Eits, tapi hal ini tidak berlaku untuk ibu hamil. Karena sudah ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa pennyroyal tidak baik untuk ibu hamil.

Baca juga: Manfaat Daun Sage dan Cara Mengolahnya Jadi Teh Serta Hidangan Lezat

13. Allium

tanaman pengusir nyamuk

Foto: gardendesign.com

Tanaman umbi-umbian satu ini juga tidak disukai oleh nyamuk Moms. Karena aroma terbilang cukup kuat sehingga nyamuk tidak akan suka mendekat.

Selain itu, allium memiliki bentuk bunga yang sangat indah sehingga bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah.

Baca juga: 6 Tanaman Rumahan yang Berbahaya untuk Si Kecil

Moms, sudah tahu kan tanaman pengusir nyamuk yang efektif untuk di rumah. Jadi bisa mengurangi penggunaan aerosol pengusir nyamuk agar semakin sehat. Semoga artikelnya bermanfaat ya.

  • https://www.proflowers.com/blog/plants-that-repel-mosquitoes
  • https://www.gardendesign.com/plants/mosquito-repellent.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait