Home & Living

27 Juni 2021

11 Jenis Tanaman Puring Berdaun Cantik Beserta Harga untuk Ditanam di Rumah

Tanaman hias dengan variasi warna daun memikat.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Apakah Moms hobi mengoleksi tanaman hias di rumah? Dari sekian banyak tanaman hias, Moms bisa memilih tanaman puring untuk mempercantik rumah lho. Selain warna daunnya indah memesona, tanaman puring tertentu juga bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman puring bernama latin Codiaeum variegatum cukup mudah didapatkan di Indonesia, karena memang banyak tumbuh di negara beriklim tropis dan sub-tropis, seperti negara-negara di Asia Tenggara sampai Asia Pasifik, serta negara-negara di Australia.

Nah, mengutip Garden Lovers Club, tanaman puring memiliki ratusan jenis dengan variasi warna daun yang berbeda, seperti merah, kuning, jingga, hijau, ungu dan kombinasi. Corak daunnya pun bermacam-macam. Oleh karenanya banyak dicari para pemburu tanaman hias.

Baca Juga: Hias Rumah dengan Tanaman Calathea, Kenali 8 Jenis dan Cara Merawatnya

Jenis-jenis Tanaman Puring dengan Daun dan Corak yang Cantik

tanaman puring

Foto: Gardenerspath.com

Tertarik memelihara tanaman puring di rumah, Moms? Dari ratusan jenis tanaman puring, Moms bisa mulai menanam jenis puring yang mudah didapatkan dan tersedia di sekitar kita.

Nah, berikut jenis tanaman puring berdaun cantik yang mudah dijumpai beserta harganya. Yuk disimak, Moms!

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah dan Cara Merawatnya

1. Puring Worten

tanaman puring worten

Foto: Shopee.co.id

Tanaman puring worten memiliki ciri khas berdaun lebat dengan bentuk daun lancip dan lebar. Variasi daunnya yang berwarna merah, hijau, kuning dan ungu membuat daun ini terlihat sangat cantik.

Selain itu, diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu dapat mengobati sakit perut dan baik dalam menyerap timbal atau plumbun yang mencemari udara. Tak heran jika puring worten dihargai lebih mahal dari tanaman puring lainnya, yaitu sekitar Rp60.000 hingga Rp100.000, tergantung ukurannya.

2. Puring Jet

tanaman puring jet

Foto: Tokopedia.com

Tanaman puring jet adalah salah satu tanaman hias yang mudah dijumpai. Memiliki daun berlobus tiga (tri-lobed) dengan warna bervariasi seperti burgundy, hijau, jingga dan kuning, puring jet dapat tumbuh hingga 3 meter.

Itulah kenapa jenis puring ini sering ditanam di halaman rumah atau di sekitar jalan. Tips merawat puring jet cukup mudah, tanam di tanah kering dan jangan sering-sering disiram, karena puring ini tidak tumbuh baik di tanah basah. Puring jet biasanya dijual mulai harga Rp25.000.

3. Puring Kirana

tanaman puring kirana

Foto: Tokopedia.com

Namanya mirip dengan nama orang ya. Puring kirana punya ciri berdaun bergelombang atau berlekuk, dengan kombinasi warna merah, kuning dan hijau. Puring jenis ini tumbuh dengan tegak ke atas dan biasanya dijadikan sebagai tanaman hias baik diletakkan di dalam ruangan atapun halaman rumah.

Harganya cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp25.000-30.000.

4. Puring Bali

tanaman puring bali

Foto: Shopee.co.id

Puring bali memiliki ukuran daun yang besar dan lebar sehingga tampak berbeda dengan beberapa jenis puring lainnya. Warnanya terdiri dari merah gelap, hijau dan kuning.

Puring bali biasanya ditanam di halaman atapun di sekitar trotoar dan jalan-jalan karena bisa tumbuh hingga ukuran 3 meter. Seperti jenis puring lainnya, puring bali tumbuh dengan baik apabila mendapat sinar matahari yang cukup.

Jenis puring ini mudah dijumpai di Asia Tenggara, misalnya saja di Indonesia dan Malaysia. Bibit puring bali dijual dengan harga Rp 25.000-30.000.

5. Puring Havana Golden

tanaman puring havana golden

Foto: Shopee.co.id

Satu lagi tanaman puring dengan corak daun dengan warna unik yaitu puring havana golden. Sesuai namanya, puring ini memiliki daun berwarna hijau dengan kombinasi kuning keemasan. Bentuk daunnya panjang, lonjong dan tumbuh rimbun.

Tanaman puring havana golden cocok dijadikan penghias teras rumah karena bisa tumbuh dengan baik di tempat teduh. Merawatnya hanya perlu disiram air sekali sehari. Untuk harganya berkisar antara Rp25.000-35.000.

6. Puring Havana White

tanaman puring havana white

Foto: Tokopedia.com

Berbeda dengan puring havana golden, daun puring havana white berwarna hijau dan putih di tepi daunnya, sehingga menjadikan tanaman puring ini terlihat unik.

Puring havana white cocok ditanam di luar ataupun diletakkan di dalam ruangan. Harganya cukup murah yaitu sekitar Rp25.000-30.0000.

7. Puring Kura

tanaman puring kura

Foto: Grosirbibittanaman.co.id

Dinamakan puring kura karena bentuk daunnya berlekuk dan menelungkup seperti tempurung kura-kura. Warna daunnya pun eksotis dengan perpaduan warna merah, kuning dan hijau.

Tanaman puring kura-kura perlu ditanam di tempat yang mendapat sinar matahari langsung agar tumbuh dengan baik dan warna daunnya terlihat lebih indah dan berwarna-warni. Biasanya puring kura dijual dengan kisaran harga Rp60.000-70.000.

8. Puring Apel

tanaman puring apel

Foto: Tokopedia.com

Dinamakan puring apel karena daunnya yang mirip buah apel. Bentuk daunnya lebar dan berukuran besar, dengan variasi warna yang menarik yaitu hijau dengan nuansa kuning cerah.

Sama halnya dengan tanaman puring yang lain, puring apel membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk bisa tumbuh maksimal.

Bibit puring apel biasanya dijual dengan harga Rp30.000-60.000.

9. Puring Teri

tanaman puring teri

Foto: Tokopedia.com

Dengan bentuk daun memanjang dan kecil-kecil, tak heran disebut puring teri. Tanaman puring teri paling cocok ditanam di halaman dalam jumlah banyak. Karena makin rimbun makin terlihat indah dengan perpaduan warna hijau dan kuning.

Harga jenis puring yang satu ini lumayan murah yaitu sekitar Rp25.000-30.000.

10. Puring Tissue

tanaman puring tissue

Foto: Tokopedia.com

Puring tissue adalah salah satu puring yang bisa ditanam di dalam pot, kemudian diletakkan sebagai penghias ruangan karena berukuran pendek.

Ciri khasnya ada pada daunnya yang berwarna putih variegata atau krem pada bagian pangkal. Bentuk daunya lebar dan lumayan rimbun.

Untuk harga, puring tissue sedikit lebih mahal dari jenis puring tertentu yaitu berkisar antara Rp50.000-70.000, sesuai dengan ukuran bibitnya.

11. Puring Timun

tanaman puring timun

Foto: Shopee.co.id

Daun puring timun tidak berujung lancip melainkan agak bulat sehingga terlihat lonjong menyerupai timun. Karakteristik daunnya pun cukup unik, dengan bagian bawah didominasi warna kuning dan di atasnya berwarna hijau dengan variasi bintik kuning.

Puring ini cocok ditanam di luar ruangan karena dapat tumbuh maksimal hingga 3-4 meter asalkan mendapat sinar matahari langsung. Harga bibitnya sekitar Rp 25.000-30.000.

Mitos tentang Tanaman Puring

tanaman puring

Foto: Thespruce.com

Sama halnya dengan melati dan kamboja, tanaman puring banyak dijumpai di pemakaman, sehingga memiliki kesan menyeramkan dan sering disebut tanaman kuburan.

Di beberapa daerah tertentu di Indonesia, tanaman puring sering digunakan sebagai pelengkap sesajen dalam ritual adat ataupun prosesi-prosesi berbau mistis seperti ritual ruwatan. Dalam prosesi ini, daun dan tangkai puring dicelupkan ke dalam air kembang setaman dan dikibaskan ke orang-orang yang mengikuti ruwatan. Konon, ritual ini dipercaya dapat membuang sial atau hal-hal buruk.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

Terlepas dari mitos yang menyertainya, tak sedikit orang yang memburu dan mengoleksi tanaman puring. Selain karena tiap jenisnya punya keunikan tersendiri dan terlihat cantik, jenis puring tertentu juga bermanfaat untuk kesehatan. Di sisi lain, harganya pun cukup terjangkau.

Nah, tertarik menanam puring di rumah? Kira-kira jenis tanaman puring mana yang menarik perhatianmu?

  • https://www.gardenloversclub.com/houseplants/croton/different-types-of-croton-plants/
  • https://bibitonline.com/kategori/benih-bibit-tanaman/tanaman-hias/tanaman-hias-daun/puring
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait