Scroll untuk melanjutkan membaca

RUPA-RUPA
22 Desember 2021

5+ Fakta dan Jenis Daun Maple, Daun Cantik yang Tumbuh di Negara Empat Musim!

Warna daun maple berubah mengikuti musim, unik banget!
5+ Fakta dan Jenis Daun Maple, Daun Cantik yang Tumbuh di Negara Empat Musim!

Pohon maple memiliki banyak kegunaan mulai dari sebagai tanaman hias hingga menjadi sumber makanan dan obat-obatan yang berharga. Mereka biasanya digunakan dalam produk komersial, seperti furnitur dan kayu. Tapi, tahukah kalian daun maple juga memiliki manfaat untuk kecantikan?

Penelitian baru yang dipresentasikan pada 256th National Meeting & Exposition of American Chemical Society menyarankan bahwa ekstrak daun maple dapat digunakan untuk mencegah kerutan. Para peneliti telah menggunakan ekstrak daun maple untuk membuat produk perawatan kulit yang dapat segera mencegah kerutan dengan cara yang sama seperti Botox tetapi tanpa suntikan.

Menurut para ilmuwan di University of Rhode Island, "ekstrak dari daun maple merah musim panas atau gugur diformulasikan menjadi bubuk yang dapat dimasukkan ke dalam produk perawatan kulit untuk mencegah kerutan."

Fakta Daun Maple

Daun Maple

Foto: Daun Maple (unsplash.com)

Foto: Unsplash.com

Tak hanya itu, ada juga beberapa fakta daun maple yang menarik untuk disimak berikut ini:

1. Pengobatan Alami

Fakta daun maple yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat masih jarang diketahui. Beberapa orang mungkin tidak dengan mudah memahami kepercayaan ini, tetapi ini adalah fakta. Ini adalah obat herbal alami dan pengobatan alternatif untuk berbagai penyakit. Ini mungkin tidak terlalu populer di zaman sekarang, tetapi ada orang yang masih mendapat manfaat dari nilai obat dari daunnya.

Sifat obat dari daun maple adalah obat penenang dan tonik. Ini adalah obat yang sangat baik untuk hati dan juga limpa. Itu tidak hanya merawat organ-organ ini tetapi juga akan membawa sifat tenang bagi mereka.

Merasa sedih, mudah tersinggung atau hanya acuh tak acuh? Kemudian gunakan ramuan obat daun maple sebagai tonik untuk membawa perasaan baru ke seluruh sistem.

Baca Juga: 3 Jenis Tanaman yang Bisa Dicangkok, Bisa Bikin Pohon Berbuah Lebih Cepat!

2. Bentuknya seperti Lobus

Daun pohon maple berbentuk lobus dan memiliki antara tiga hingga sembilan lobus. Daun lebar memiliki urat yang menonjol. Banyak daun pohon maple memiliki lobus bergerigi. Jumlah lobus, gerigi margin, kedalaman lekukan, dan bentuk daun membantu mengidentifikasi spesies maple tertentu.

Misalnya, daun maple gula memiliki lima lobus bergerigi. Tetapi membandingkan maple gula dengan maple perak, Moms dan Dads akan melihat bahwa daun maple perak memiliki lekukan yang lebih dalam daripada daun maple gula.

Lekukan di antara lobus daun maple gula berbentuk U. Namun, daun maple merah memiliki lekukan berbentuk V yang dangkal di antara lobus. Tidak seperti maple gula, daun maple merah memiliki margin bergerigi dan lekukan antara lobus tidak dalam.

4. Berubah Warna Sesuai Musim

Daun pohon maple berubah warna di musim gugur dan menjadi warna merah, kuning, oranye, dan merah anggur gelap yang menakjubkan. Pada beberapa spesies maple, daun pohon dapat memiliki beberapa warna sekaligus mulai dari kuning cerah hingga warna anggur merah.

Orang-orang di Jepang suka melihat perubahan halus pada warna dedaunan selama musim gugur. Pengamatan kolektif maple di musim gugur dikenal sebagai "momijigari" di Jepang. Nikko dan Kyoto adalah tujuan favorit untuk kegiatan ini.

Di Korea, aktivitas menonton yang sama disebut danpung-nori dan pegunungan Seoraksan serta Naejang-san adalah salah satu destinasi yang paling terkenal.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Daun Randu dari Pohon Kapuk

5. Bisa Dikonsumsi

George Osowski dari Atlantic Wildlife Institute mengungkap fakta daun maple musim semi yang masih muda bisa dimakan. Moms dan Dads bisa memakannya mentah atau dimasak. Osowski mengatakan bahwa mereka memiliki sedikit rasa maple pada mereka yang dapat berbeda dari pohon ke pohon.

Uniknya, ada sebuah menu makanan ringan di Jepang tepatnya di Kota Minoh, Prefektur Osaka, yang menjadikan daun maple sebagai tempura. Bahkan, fakta daun maple dijadikan tempura ini sudah dinikmati sejak tahun 1300-an.

6. Jadi Alternatif untuk Botox

Dalam sebuah studi baru, para peneliti menemukan bahwa senyawa tertentu dalam daun maple menghalangi pelepasan enzim yang disebut elastase, yang memecah protein yang disebut elastin seiring bertambahnya usia. Elastin membantu menjaga elastisitas kulit.

Pekerjaan sebelumnya oleh peneliti Universitas Rhode Island yang sama menemukan bahwa senyawa yang sama dalam daun maple ini dapat membantu melindungi kulit dari peradangan dan meringankan bintik-bintik gelap, seperti bintik-bintik atau bintik-bintik penuaan.

"Moms dapat membayangkan bahwa ekstrak ini dapat mengencangkan kulit manusia seperti Botox nabati, meskipun itu akan menjadi aplikasi topikal, bukan racun yang disuntikkan," kata peneliti utama Navindra Seeram dalam rilis berita American Chemical Society (ACS).

Produk semacam itu akan memberikan pilihan baru bagi orang yang menginginkan produk perawatan kulit nabati yang alami.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pepaya Jepang, Menakjubkan!

Jenis-Jenis Daun Maple

Daun Maple

Foto: Daun Maple (unsplash.com)

Foto: Unsplash.com

Moms dan Dads, tidak hanya satu tapi ada juga beberapa jenis daun maple yang berbeda tergantung jenis pohonnya, yaitu:

1. Pohon Maple Gula (Acer Saccharum)

Daun maple gula umumnya memiliki lima lobus runcing dan warna hijau tua. Daun pohon maple besar berubah menjadi warna kuning, oranye, atau merah cemerlang di musim gugur. Daun pohon maple gula berukuran panjang dan lebar 3 inchi dan 6 inchi (7 – 15 cm).

2. Pohon Maple Merah (Acer Rubrum)

Jenis daun maple dari pohon merah ini berwarna hijau muda dengan bagian bawah putih. Daunnya memiliki antara tiga dan lima lobus dan biasanya memiliki lebar dan panjang 2 inchi – 4 inchi (5 – 10 cm). Tidak seperti maple gula dan maple perak, daun maple merah memiliki margin bergerigi dan lekukan antara lobus tidak dalam.

Baca Juga: Walaupun Tumbuh Liar, Ini 8 Manfaat Daun Meniran dan Efek Sampingnya

3. Pohon Maple Jepang (Acer Palmatum)

Pohon maple Jepang memiliki daun lobed palmately dengan lima hingga sembilan lobus bergerigi. Daun pohon maple Jepang terlihat seperti tangan dengan jari terentang. Daun hijau muda dapat tumbuh hingga 5 inchi (12 cm).

4. Pohon Maple Perak (Acer Saccharinum)

Daun pohon maple perak memiliki lima lobus dengan tepi bergigi. Daunnya memiliki lekukan yang dalam di antara lobus. Bagian bawah daun keperakan memberi nama umum pada pohon maple ini.

Baca Juga: 21 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Tak Terduga!

5. Pohon Maple Boxelder (Acer Negundo)

Daun pohon maple boxelder umumnya memiliki tiga lobus yang terlihat seperti daun poison ivy. Daun berwarna hijau muda di musim semi dan musim panas dan menjadi kuning di musim gugur. Daun memiliki margin sedikit bergerigi.

6. Pohon Maple Norwegia (Acer Platanoides)

Daun pohon maple Norwegia memiliki lima lobus dan tumbuh hingga sekitar 5 inchi (12 cm). Daun lobed memiliki beberapa gigi tetapi umumnya memiliki margin yang halus.

Nah, setelah mengetahui fakta daun maple beserta dengan jenisnya, Moms dan Dads makin penasaran bukan ingin melakukan perjalanan liburan lalu melihatnya dengan mata sendiri?

Bahkan, tidak hanya untuk dipandang dengan mata, ternyata fakta daun maple juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan tentu memukau, bukan?

  • https://leafyplace.com/maple-trees/#:~:text=The%20two%20most%20common%20maples,Maple%20tree%20(Acer%20campestre).
  • https://www.britannica.com/plant/maple-tree
  • https://treecanada.ca/resources/trees-of-canada/
  • https://urnabios.com/maple-planting-instructions-bios-urn/
  • https://hotemoji.com/maple-leaf-emoji.html
  • https://global.acs.org/events/256th-acs-national-meeting-exposition/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322820#Maple-leaf-compounds,-elastin,-and-elastase
  • https://blog.tentree.com/10-interesting-facts-about-maple-trees/
  • https://www.softschools.com/facts/plants/maple_tree_facts/640/
  • http://www.tree-guide.com/maple-leaves
  • https://www.medicinalherbs-4u.com/maple-leaves.html
  • https://www.webmd.com/healthy-aging/news/20180820/can-a-maple-leaf-help-you-look-younger
  • https://web.uri.edu/ahc/2017/11/07/uri-research-taps-into-maple-trees-medicinal-benefits/
  • https://www.ediblewildfood.com/blog/2019/04/edible-maple-leaves-deep-fried-and-delicious/