Home & Living

12 Juli 2021

7 Tanaman yang Ditakuti Ular, Ternyata Ada di Sekitar Kita Lho, Moms!

Ayo tanam tanaman ini di sekitar rumah, Moms!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Meiskhe
Disunting oleh Karla Farhana

Ular memiliki bisa atau racun yang mematikan sehingga sangat berbahaya bila muncul di sekitar tempat tinggal. Apalagi kalau ada anak kecil di rumah. Dengan menanam tanaman yang ditakuti ular di halaman ataupun teras, dipercaya dapat mencegah ular masuk ke dalam rumah.

Ular adalah hewan ektoterm atau hewan berdarah dingin, yang tidak memiliki kemampuan mengatur atau menyesuaikan suhu tubuh dengan suhu lingkungannya. Kalau cuaca sedang panas, ular akan mencari tempat-tempat sejuk dan lembap untuk melindungi diri.

Makanya tak heran kalau ada ular yang sering ditemui di taman, di antara pepohonan, bahkan tidak sedikit yang tiba-tiba muncul di kamar mandi.

Oleh karenanya Moms perlu sering-sering membersihkan area taman atau bagian-bagian rumah yang lembap dan tersembunyi. Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk, karena akan mengundang tikus, salah satu sumber makanan bagi ular.

5 Arti Mimpi Digigit Ular Bagi Orang yang Sudah Menikah, Bisa Jadi Peringatan!

Foto: Orami Photo Stock

Baca Juga: Cara Mengusir Ular Agar Tak Kembali ke Rumah

Daftar Tanaman yang Ditakuti Ular

memaksimalkan taman kecil-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Selama ini Moms mungkin menggunakan garam untuk mengusir ular. Ternyata cara ini tidak efektif lho. Garam cocoknya digunakan untuk mengusir lintah, bekicot, siput, dan tidak mempan pada ular.

Mengutip Livescience, ular memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Mereka mengendus bau atau aroma bukan dengan hidung, melainkan organ pada atap mulut yang bernama Jacobson atau organ vomeronasal.

Karena ular sensitif dengan bau-bauan, banyak orang yang mengusir hewan melata ini dengan minyak-minyak beraroma menyengat, seperti minyak esensial cengkeh dan kayu manis.

Beberapa ahli tanaman juga menyarakan agar menanam tanaman yang ditakuti ular, karena terbukti cukup efektif mengusir ular.

Penasaran tanaman apa saja yang tidak disukai ular, Moms? Simak ulasannya berikut!

1. Serai

serai2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Serai sering digunakan sebagai bumbu untuk menambah aroma masakan berbahan amis seperti ikan, ayam dan daging sapi, maupun diolah menjadi teh herbal untuk menghangatkan tubuh dan minyak esensial (atsiri).

Di sisi lain, tanaman yang terlihat seperti rumput ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah. Serai menghasilkan aroma wangi menyengat, sehingga menjadikannya tanaman yang ditakuti ular. Permukaan daunnya yang kasar dan tajam membuat ular menghindari tanaman ini.

Selain mencegah ular datang, serai juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk lho.

Untuk itu, Moms perlu menanam serai di pekarangan rumah karena manfaatnya banyak sekali. Menanam serai bisa langsung di permukaan tanah ataupun di dalam pot. Serai dapat tumbuh dengan mudah tanpa perawatan ekstra, asal ditanam dengan cara dan pada medium yang tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Coba Sekarang!

2. Lidah Mertua

Sansevieria Gracilis - Lidah Mertua

Foto: Orami Photo Stock

Lidah mertua memiliki karakter daun yang keras, tegak panjang, dengan ujung meruncing. Bentuk daunnya yang tajam menjadi alasan tanaman ini memiliki nama lidah mertua. Bagi manusia, daun lidah mertua terlihat indah sehingga sering dijadikan sebagai tanaman hias mempercantik teras atapun ruangan di rumah.

Tapi tahukah, Moms? Karena bentuk daunnya yang panjang dan tajam, lidah mertua menjadi tanaman yang ditakuti ular. Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut snake plant, mengeluarkan oksigen (O2) dalam jumlah tinggi, yang tidak wajar bagi ular dan serangga.

Untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah, tanam lidah mertua di beberapa area rumah, misalnya di taman, di teras, kebun belakang dan letakkan di sudut-sudut di dalam rumah yang mudah lembap seperti kamar mandi dan area dapur.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Lidah Mertua dan Tips Mudah Perawatannya di Rumah

3. Marigold

1.-MARIGOLD.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tanaman yang ditakuti ular lainnya yaitu marigold atau sering disebut bunga tahi ayam. Marigold mengeluarkan aroma kuat yang tidak disukai ular. Sebenarnya bukan hanya ular saja tetapi juga oleh serangga tertentu dan hama tanaman.

Selain dijadikan tanaman hias untuk memperindah taman dan pekarangan rumah, sangat disarankan untuk menanam marigold di kebun sayuran.

Mengutip Gardening Chores, bunga marigold mekar dalam waktu lama sehingga mudah menarik perhatian lebah dan serangga penyerbuk, yang tentunya bermanfaat juga untuk sayur yang ditanam. Marigold juga melindungi tomat, sayur, brokoli dan sayuran lain siput, cacing, dan hama yang mengganggu tanaman.

Sepanjang mendapatkan matahari yang cukup, marigold akan tumbuh dengan baik, dan tidak perlu disiram setiap hari.

4. Selasih

cara-menanam-kemangi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sudah familiar dengan biji selasih karena sering digunakan sebagai bahan campuran minuman. Ternyata tanaman penghasil biji selasih punya manfaat lagi yaitu mencegah ular datang, lho.

Selasih mengeluarkan aroma yang kuat yang tidak disukai ular. Kalau selasih ditanam di tempat-tempat persembunyian ular, dipastikan mereka akan pergi mencari tempat yang lain.

Tanaman selasih mirip dengan kemangi, baik tampilan maupun wangi daunnya, karena keduanya satu spesies tanaman basil. Bedanya bunga kemangi berwarna putih dan bunga selasih berwarna hitam. Daun kemangi juga tidak menghasilkan biji selasih dan yang dimanfaatkan daunnya saja.

Baik selasih maupun kemangi baik ditanam di kebun belakang rumah. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, juga rumah menjadi aman dari ular.

Baca Juga: Benarkah Biji Selasih Bermanfaat untuk Kesuburan?

5. Tanaman Jeruk Purut

9 Manfaat Jeruk Purut -2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidak banyak yang tahu kalau tanaman jeruk purut termasuk tanaman yang ditakuti ular. Selama ini kita mungkin hanya menggunakan daun dan buahnya sebagai bumbu untuk menambah aroma masakan seperti sambal, sup, tumis-tumisan dan lainnya.

Di sisi lain, tanaman ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir ular. Aroma menyengat yang dihasilkan tanaman jeruk purut tidak disukai ular, sehingga jika menangkap baunya, ular akan segera pergi.

Oleh karenanya, Moms wajib menanam tanaman ini di rumah karena manfaatnya ada banyak. Selain ditanam di pekarangan dan kebun, juga bisa diletakkan untuk mempercantik sudut rumah. Tapi pastikan posisikan di tempat dengan sinar matahari yang cukup ya, agar bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga: 9 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres!

6. Sambiloto

manfaat-daun-sambiloto.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms perlu mempertimbangkan untuk menanam sambiloto di rumah. Meski memiliki rasa yang pahit, tanaman ini sudah terbukti banyak memberikan manfaat kesehatan.

Mengutip Asia Pacific Journal of Tropical Disease, mulai dari akar dan daun sambiloto bisa diolah menjadi obat. Ekstrak daun sambiloto efektif untuk menyembuhkan keluhan kesehatan seperti gangguan pencernaan, demam, flu hingga infeksi karena gigitan serangga lho.

Selain itu, rasa pahit pada akar dan daunnya membuat tanaman ini menjadi pengusir ular yang baik.

Dengan segudang manfaatnya itu, tidak rugi merawat sambiloto di rumah. Ketika membutuhkan obat herbal, Moms bisa langsung memetik dan mengolahnya. Rumah pun jadi aman dari kehadiran ular yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 20+ Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan, Catat!

7. Akar Wangi

akar wangi

Foto: Orami Photo Stock

Tidak banyak yang menanam akar wangi karena tampilannya seperti rumput. Padahal tanaman ini memberi manfaat bagi kehidupan manusia lho.

Akar wangi biasanya digunakan untuk hal-hal berhubungan dengan wewangian, karena akarnya menghasilkan minyak vetiveria atau minyak esensial, yang dibutuhkan untuk membuat sabun mandi, kosmetik dan parfum.

Selain itu, akar wangi juga efektif untuk mengusir serangga dan ular. Memiliki permukaan daun yang kasar dan tajam seperti serai, sehingga ular tidak ingin dekat-dekat dengan akar wangi.

Baca Juga: 13 Rekomendasi Jenis Tanaman Air untuk Akuarium dan Kolam, Cantik!

Nah, itu dia Moms daftar tanaman yang ditakuti ular yang bisa ditanam di rumah. Selain tanaman-tanaman yang sudah diulas, tanaman seperti bawang putih, bawang merah, kaktus, kecubung, hingga cabai juga dipercaya bisa mencegah ular masuk ke dalam rumah lho.

Tanam di rumah yuk, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4032030/
  • http://npic.orst.edu/pest/snake.html
  • https://www.livescience.com/32235-can-snakes-smell-anything.html
  • https://trinjal.com/snake-repellent-plants-home-garden/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait