07 April 2022

7 Tips Cari Tiket Kereta Murah, Salah Satunya Pesan Jauh-jauh Hari!

Intip tips cari kereta murah ini yang ngga bakal membuat kantong bolong deh, Moms!

Berbeda dengan harga tiket pesawat yang bervariatif karena banyak diskon, Moms juga harus mengetahui tips cari tiket kereta murah yang cocokuntuk bepergian.

Sebab, tiket kereta api sangat jarang dijual dengan harga yang lebih murah. Selain itu, tiket kereta api juga dapat habis tiba-tiba, terutama pada hari libur nasional sehigga tidak dapat diprediksi keberadaannya.

Baca Juga: Ingin Mendaki Gunung Kembang Wonosobo? Simak Info, Harga Tiket, dan Rute Pendakiannya!

Tips Cari Tiket Kereta Murah

Tips Cari Tiket Murah -1
Foto: Tips Cari Tiket Murah -1

Foto: Change.org

Bukan hanya pesawat, banyak juga yang memilih kereta sebaga moda trasportasi pilihan. Selain pelayanan dan kenyamanan, kereta dipilih karena memunculkan sensasi tersendiri saat menaikinya.

Dikutip dari studi Universitas Islam Indonesia (UII), menunjukkan bahwa secara umum pelanggan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempunyai tingkat kepuasaan yang cukup baik terkait pelayanan.

Selain itu, naik kereta juga akan menumbuhkan memori dan sensasi berbeda dibanding moda transportasi darat lainnya. Untuk merasakannya, Moms dapat mulai dengan melakukan tips cari tiket kereta murah ini!

1. Pesan Tiket Jauh-jauh Hari

Sama seperti saat mencari tiket pesawat murah, tips cari tiket kereta murah juga dapat dilakukan dengan memesannya sejak jauh-jauh hari.

Dalam ketentuannya, PT KAI mulai melakukan penjualan tiket kereta api dengan keberangkatan maksimal 4 bulan dari tanggal pembelian.

Misalnya jika ingin berlibur pada Mei, Moms bisa mulai mencari dan membeli pafa Februari. Jadi, semakin jauh jarak pemesanan tiket dengan waktu keberangkatan, maka semakin murah tiket yang akan Anda peroleh.

2. Lewat Website Resmi

Dengan membeli tiket dari website resmi PT KAI, Moms benar-benar akan mendapatkan keterangan tentang tiket secara detail dan trasnparan.

Bukan hanya itu, proses pembayarannya pun mudah karena bisa melalui e-money, e-banking, transfer ATM, atau bisa membayar di minimarket yang dekat dengan rumah.

Di dalam websitenya, PT KAI menyediakan ketersediaan kursi di jadwal keberangkatan dan rute kereta yang bisa Moms pilih.

Selain itu, akan ada harga yang berbeda karena tergantung kelas. Akan ada perbedaan harga kursi, meski berada di kelas yang sama. Sebagai tips cari tiket kereta murah, Moms bisa memilihnya di sini.

Baca Juga: Curug Maribaya Lembang: Lokasi, Tiket Masuk, dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

3. Melalui Call Center

Selain dua cara di atas, Moms juga dapat membeli tiket kereta melalui call center KAI, yakni 121 atau 021-121. Caranya, Moms bisa menyebutkan rute perjalanan dan tanggal keberangkatan.

Setelah itu, minta operator untuk mencarikan harga yang termurah. Jika tidak cocok dengan harga pada tanggal tersebut, Moms bisa mengganti tanggal lain sesuai tawaran dengan harga yang lebih murah.

Kemudian, operator akan meminta untuk melunasi pembayaran di ATM atau minimarket tertentu. Segera lakukkan pembayaran agar pemesanan tiket promo tidak hangus karena waktu habis.

4. Install Aplikasi KAI Access

Tidak cukup dengan website dan call center, PT KAI kini memiliki aplikasi KAI Access untuk memudahkan penumpang dalam mencari dan memilih tiket. Di dalamnya juga terdapat berbegai promo yang berbeda.

Moms dapat mulai dengan menginstall aplikasi KAI Access di PlayStore dan melakukan pendaftaran, kemudian tinggal cari promo yang ada dan pilih seuai kebutuhan.

Biasanya,ada tiket promo dengan harga yang termurah sesuai dengan tanggal keberangkatan dan rute perjalanan yang bisa Moms sesuaikan.

5. Beli di Situs Booking Online

Kini sudah banyak situs booking online yang memudahkan untuk memesan tiket pesawat, kereta api, dan bus. Di sana biasanya akan ada tiket dengan berbagai promo yang menarik.

Moms dapat mencoba untuk memanfaatkan promo yang ditawarkan. Tips cari tiket kereta murah di situs booking online ini bisa dilakukan dengan membeli tiket jauh-jauh hari dan rajin mengecek situsnya.

Moms juga dapat meng-subscribe informasi terbaru dari situs tersebut, karena akan langsung dikabari detailnya melalui email jika terdapat promo di sana.

6. Beli di Agen Perjalanan Offline

Bukan hanya melalui booking online, Moms juga akan mendapatkan tiket promo kereta dari agen perjalanan tour dan travel offline.

Meski harganya tidak terlalu miring dan tidak sesering situs booking online, jika Moms mempunyai kenalan yang bekerja menjadi agen perjalanan tour dan travel, mintalah informasi promonya.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Tergiur Harga Tiket Pesawat Terlalu Murah!

7. Jangan Ragu Memilih Kelas Ekonomi

Untuk menghemat biaya, Moms dapat memilih kelas ekonomi jika harga tiket kereta api kelas bisnis dan eksekutif terlalu mahal.

Sebab saat ini gerbong kelas ekonomi sudah menjadi lebih nyaman dan modern. Ada juga gerbong kelas ekonomi yang sudah dipasangi AC, sehingga Moms tetap bisa berpergian dengan nyaman.

8. Cari Info di Sosial Media

Pantau setiap aktivitas berbagai platform penjualan tiket kereta api di media sosial seperti Instagram, facebook, atau twitter. Biasanya informasi terkait promo, diskon, dan kode voucher dibagikan melalui media sosial.

Ini bisa menjadi tips cari tiket kereta murah yang bisa dilakukan sambal rebahan, Moms! Saat mendapatkannya, jangan lupa tag akun KAI agar mendapatkan promo-promo lanjutan.

7. Berangkat Saat Weekdays

Bukan cuma tiket bioskop dan hotel, harga tiket Kereta Api untuk hari-hari biasa atau weekday dan akhir pekan atau weekend juga akan sedikit berbeda.

Harga tiket untuk akhir pekan biasanya jauh lebih mahal dibandingkan hari biasa. Oleh karena itu Moms dapat memilih waktu keberangkatan saat hari biasa dari Seni-Jumat untuk mendapatkan tiket murah.

Meski mendapatkan tiket promo kereta api lebih sulit dibanding tiket pesawat, coba dulu tips cari tiket kereta murah ini untuk mendapatkan harga terbaik. Selama berburu promo!

  • https://keluyuran.com/cara-mendapatkan-tiket-promo-kereta-api/
  • https://phinemo.com/cara-mendapatkan-tiket-kereta-murah-untuk-liburan/
  • https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/9605/ANALISIS%20KEPUASAN%20PELANGGAN%20PT.%20KERETA%20API%20INDONESIA%20%28PERSERO%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb