Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Balita | Jul 17, 2018

4 Tips Mengajarkan Balita untuk Gosok Gigi Sendiri

Bagikan


Meski gigi balita nanti akan tanggal dengan sendirinya, bukan berarti perawatan dan kebersihannya jadi dinomorduakan ya, Moms.

Mengajarkan balita gosok gigi sendiri sejak dini akan mencegah timbulnya karang gigi, gigis (gigi menghitam), ataupun bau mulut yang mengganggu.

Menurut dokter spesialis anak, dr. Martin Leman, SpA., sejak muncul gigi pertama di usia sekitar 6 bulan, gigi anak harus mulai dirawat secara rutin untuk membersihkan dari sisa makanan ataupun jamur.

Saat balita berusia 2 tahun dan sudah bisa menggenggam, Moms bisa mulai mengajarkannya untuk gosok gigi sendiri dengan beberapa tips berikut:

Ajak Balita Memilih Sikat Gigi dan Pasta Gigi

foto: inhabitat.com

Supaya balita lebih antusias belajar gosok gigi, Moms bisa mengajak balita ke supermarket untuk memilih sendiri sikat gigi yang disukainya.

Dari sekian banyak warna dan desain sikat gigi anak yang terlihat menarik, arahkan buah hati untuk memilih sikat gigi dengan bulu lembut dan mudah digenggam.

Setelah itu, biarkan balita memilih sendiri rasa pasta gigi bebas fluoride yang disukainya. Moms boleh saja memberikan pasta gigi dengan fluoride, tapi pastikan hanya menggunakannya sedikit saat menggosok gigi balita, ya.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Akan Memperkuat Gigi Balita Dan Menjaga Senyumnya Tetap Bersinar

Berikan Contoh

foto: allsmilesdentalcare.com

Balita yang suka meniru pasti akan belajar gosok gigi lebih cepat bila Moms dan Dads rutin memberikan contoh.

Ajak balita gosok gigi bersama di pagi dan malam hari, baik sambil berhadapan maupun berdiri berdampingan menghadap cermin wastafel.

Manfaatkan kesempatan ini untuk secara perlahan menunjukkan berbagai gerakan menggosok gigi dan lidah, cara mengeluarkan busa dari mulut, berkumur dan membersihkan mulut, serta akhirnya membersihkan sikat gigi dan menaruhnya di tempat yang benar.

Pastikan Wastafel Mudah Dijangkau

foto: richmondpedriaticdentistry.com

Untuk mempermudah balita gosok gigi, pastikan wastafel mudah dijangkau dengan memberikan pijakan yang sesuai.

Supaya tetap aman, pastikan pijakan tidak mudah bergeser dan tidak licin ya, Moms.

Bila tidak menggosok gigi di wastafel, berikan gelas plastik kecil agar balita lebih mudah berkumur dan mengambil air untuk membersihkan sikat giginya.

Baca Juga: 5 Langkah Merawat Gusi dan Gigi Bayi

Berikan Pujian

foto: stephendauteldds.com

Dorongan positif dari Moms pasti akan membuat balita semakin bersemangat untuk menggosok gigi sendiri.

Jangan lupa berikan pujian bila Si Kecil bisa menggosok gigi dengan gerakan yang benar, menggosok seluruh bagian lidahnya, ataupun bisa menggosok gigi paling belakang.

Ajak anggota keluarga lain untuk turut memberikan semangat dan memuji betapa bersihnya gigi balita bila digosok sendiri.

Saat melakukan pemeriksaan rutin untuk gigi balita, Moms juga bisa meminta dokter gigi untuk memujinya karena sudah bisa menggosok gigi sendiri.

Balita berusia dibawah 3 tahun memang belum bisa membersihkan giginya dengan sempurna, jadi tetap bersabar dan nikmati saja prosesnya demi menumbuhkan kesadaran akan kebersihan diri balita ya, Moms.

Bagaimana, apa Moms dan buah hati sudah punya ritual sikat gigi yang menyenangkan?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.