Parenting

28 April 2020

6 Tips Parenting sesuai Firman Tuhan, Yuk Amalkan!

Ajarkan Si Kecil tumbuh menjadi anak yang baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Orang tua memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Di samping itu, peran penting lainnya adalah membantu anak agar tumbuh menjadi pribadi yang sopan dan memiliki ajaran iman yang kuat.

Tetapi dalam dunia yang semakin berkembang ini, anak-anak banyak terpapar hal-hal negatif, perilaku, dan tekanan dari teman sebaya. Banyak orang tua mencari beberapa pedoman untuk membantu menghadapi tantangan yang terjadi, ketika membantu anak-anak tumbuh sebagai pria dan wanita Kristen yang baik.

Baca Juga: 7 Sopan Santun yang Perlu Dikuasai Anak

Jika Moms dan Dads termasuk salah satu orang tua yang membutuhkan panduan tersebut, coba beberpa tips di bawah ini.

Tips Parenting sesuai Firman Tuhan

Mengutip dari laman Catholic, Moms bisa mengikuti tips-tips jitu di bawah ini untuk mengajari Si Kecil agar hidup menurut firman Tuhan.

1. Menempatkan Tuhan sebagai Pusat Kehidupan

membesarkan anak dengan firman Tuhan

Foto: Orami Photo Stock

Firman Katolik mengajarkan kita untuk menempatkan Tuhan sebagai fokus kehidupan. Moms dan pasangan bisa mengajarkan anak melakukan hal yang sama.

Baik melalui kata-kata dan tindakan, anak-anak dapat melihat seperti apa kehidupan berdasarkan pada ajaran Gereja Katolik. Anak-anak juga bisa melakukannya dengan mencontoh orang tuanya terlebih dahulu. Jadi kita perlu memberikan contoh konkret pada Si Kecil.

2. Berperilaku Seturut dengan Kehendak Tuhan

membesarkan anak dengan firman Tuhan

Foto: Orami Photo Stock

Hidup menurut firman Tuhan di sini maksudnya adalah memiliki tutur kata yang baik dan tidak mengucapkan sumpah serapah dan ofensif.

Baca Juga: 5 Alasan Pola Asuh Ayah yang Santai Punya Nilai Lebih Bagi Anak

Ajarkan anak untuk sopan dalam menggunakan bahasa, tidak mengeluarkan kata-kata kasar dan bersikap sopan selalu saat berbicara dengan siapa pun, baik dengan orang yang lebih tua, maupun teman sebaya.

3. Rajin ke Gereja

membesarkan anak dengan firman Tuhan

Foto: mercatornet.com

Dengan rutin membawa anak ke gereja setiap minggu, secara tidak langsung orang tua sudah mengajarkan Si Kecil untuk hidup sesuai dengan firman Tuhan. Menguduskan hari Tuhan dengan mengikuti misa ekaristi di hari Minggu.

Hari Minggu juga bisa dijadikan sebagai hari istimewa untuk berbagi waktu dan kegiatan dengan keluarga dan teman.

4. Menghormati Ayah dan Ibu

membesarkan anak dengan firman Tuhan

Foto: biblestudytools.com

Orang tua juga merupakan cerminan Tuhan untuk anak-anak. Jadi orang tua harus mengajarkan anak-anak mereka untuk menunjukkan cinta dan hormat kepada orang tua, mereka akan belajar bagaimana melakukan hal yang sama untuk kita, dan orang lain juga.

5. Memiliki Sikap Setia

membesarkan anak dengan firman Tuhan

Foto: answersingenesis.org

Menurut ajaran firman Tuhan, memang penting mengajari anak untuk memiliki sikap yang setia. Namun lebih penting lagi, jika orang tua juga mematuhi perintah ini, sehingga anak-anak dan pasangan mereka tidak akan pernah mengalami konflik dan rasa sakit yang dapat diciptakan oleh ketidaksetiaan.

Baca Juga: Mengenal Gaya Pengasuhan Organic Parenting yang Serba Alami

6. Bersikap Jujur

membesarkan anak dengan firman Tuhan

Foto: myparentingjournal.com

Ajarkan pada anak bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik dan mencuri itu hal yang salah, sekecil apa pun itu. Bertindak dan berkata jujur harus kita utamakan.

Itu dia Moms beberapa tips parenting sesuai firman Tuhan yang bisa diamalkan. Bantu anak agar bisa tumbuh menjadi anak yang baik, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait