COVID-19

21 Juni 2020

7 Tips Playdate di tengah Pandemi, Yuk Coba!

Playdate penting agar anak tidak bosan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meskipun kini kita tengah melakukan transisi pada keadaan new normal, tidak bisa dipungkiri bahwa work from home (WFH) dan physical distancing rasanya telah menjadi gaya hidup di masa sekarang.

Tidak lagi boleh sering beraktivitas di luar ruangan kalau tidak benar-benar penting, tidak ada lagi nongkrong bersama teman, arisan sesama ibu-ibu, dan lainnya. Semua ini demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Baca Juga: Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Infeksi Virus Corona Novel (COVID-19), Berikut Tipsnya

Perubahan baru ini tentu menghadirkan berbagai tantangan bagi kita para orang tua, khususnya yang bekerja. Tidak hanya harus bekerja di rumah, tetapi di saat yang bersamaan juga harus menemani Si Kecil bermain dan membantunya belajar.

Bosan tentu menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. Orang tua harus mencari banyak cara agar sembari belajar, Si Kecil tidak merasa bosan dan mogok belajar.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menghadirkan playdate yang seru dan menyenangkan.

Tips Playdate di Tengah Pandemi

Moms tidak perlu bingung, berikut beberapa ide playdate bersama Si Kecil. Kita lihat sama-sama, yuk.

1. Lakukan Virtual Playdate

playdate selama pandemi dan new normal

Foto: Orami Photo Stock

Alternatif playdate selama pandemi dan new normal yang sudah pasti aman adalah playdate menggunakan fitur video call di beberapa platform yang akan memudahkan komunikasi teman yang lain secara langsung.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan Moms untuk tetap menjaga hubungan sosial anak dengan keluarga dan teman-temannya selama pandemi. Manfaatkan aplikasi media sosial dan video untuk saling terhubung, tertawa bersama, berbagi cerita, dan saling menjaga hingga virus terkendali.

2. Batasi Terjadinya Kontak

playdate selama pandemi dan new normal

Foto: inquirer.com

Tips untuk melakukan playdate yang aman selanjutnya adalah dengan membatasi dan meminimalisir kontak sebanyak mungkin.

Jika teman bermain Moms dan anak adalah tetanga, pastikan grup bermain tersebut tetap kecil dan tidak ramai. Lebih mudah untuk menjaga dan memelihara ruang antara yang lain di dalam kelompok yang kecil.

Moms bisa mengajak Si Kecil playdate dengan bermain sepeda di luar rumah. Karena sibuk mengayuh sepeda masing-masing, Si Kecil dan temannya jadi minim kontak fisik.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

3. Playdate di Dalam Rumah

playdate selama pandemi dan new normal

Foto: today.com

Playdate tidak selalu identik dengan bermain di luar rumah. Moms bisa mengundang beberapa teman dan anaknya untuk bermain ke rumah. Sediakan makanan dan camilan, dijamin playdate pasti akan terasa menyenangkan.

Selain itu Moms juga tidak perlu khawatir akan infeksi virus corona, karena bermain di dalam rumah. Coba mainkan beberapa board game juga seru, Moms. Ingat untuk selalu jaga jarak ya!

4. Tetap Pertahankan Social Distancing

playdate selama pandemi dan new normal

Foto: edition.cnn.com

Jika Moms melakukan pertemuan kecil untuk playdate, Moms dan keluarga lain tersebut harus sepakat terlebih dahulu untuk tetap malakukan praktik social distancing dan menjauhkan diri dari orang lain seperti yang disarankan.

Selalu berusaha menjaga jarak sepanjang 1-2 menter dari satu sama lain.

5. Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

playdate selama pandemi dan new normal

Foto: Orami Photo Stock

Dikutip dari KinderCare, pastikan selama playdate, anak-anak tetap mempertahankan perilaku pencegahan setiap hari, seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik. Ini sangat penting setiap kali Moms berada di tempat umum dan bertemu dengan orang lain.

Baca Juga: 4 Cara Baik Kembalikan Kelembapan Kulit Si Kecil Akibat Terlalu Banyak Cuci Tangan

6. Bawa Mainan Masing-masing

playdate selama pandemi dan new normal

Foto: kindercare.com

Tips playdate aman selama pandemi dan new normal lainnya adalah dengan membawa alas bermain dan mainan yang terpisah sehingga tidak perlu berbagi.

Sebisa mungkin, jangan sharing mainan satu sama lain. Bermainlah dengan mainan sendiri. Jangan saling meminjamkan mainan ya, Moms.

7. Makan Terlebih Dahulu di Rumah

playdate selama pandemi dan new normal

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum melakukan playdate, pastikan anak sudah makan terlebih dahulu di rumah dan kenyang. Hal ini diperlukan agar selesai bermain, anak tidak perlu lagi makan camilan dan agar anak tidak kelaparan saat tengah bermain.

Itu dia Moms beberapa tips playdate yang aman untuk Si Kecil selama pandemi dan new normal. Menjaga kebersihan tetap harus dilakukan ya!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait