Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Unik, Hamil Saat Sedang Hamil Ternyata Bisa Terjadi. Apakah Kehamilan Ganda Berisiko?

Bagikan


Unik, Hamil Saat Sedang Hamil Ternyata Bisa Terjadi. Apakah Kehamilan Ganda Berisiko?

Hamil saat sedang hamil? Nampaknya hal yang mungkin terjadi ya, Moms. Namun, hamil lagi saat Moms sedang hamil ternyata mungkin terjadi. Kehamilan ganda ini bisa disebut dengan superfetation atau superfestasi.

Fenomena ini sebenarnya sering terjadi pada mamalia. Namun tidak umum terjadi pada manusia.

“Hal ini sangat langka dan tidak banyak laporan mengenai hal ini,” ujar Christine Greves, MD, seorang dokter obgin di Orlando, Florida. Bahkan, tidak ada statistik yang menunjukkan data soal itu.

Baca Juga : Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Hamil Kembar Tiga?

Dr. Greves menjelaskan saat sedang hamil, perubahan hormon biasanya mencegah tubuh untuk ovulasi. Belum banyak studi atau literatur yang mempelajari secara jelas mengenai kondisi ini.

“Superfestasi cukup bertentangan dengan apa yang kita tahu secara medis mengenai hamil lagi,” tambah Sherry Ross, MD, seorang obgin di Santa Monica, California.

Lalu sebenarnya bagaimana fenomena hamil saat sedang hamil ini?

Pada proses ini, sel telur bisa dilepaskan ketika seorang perempuan hamil beberapa minggu. Telur kedua juga dibuahi  sehingga berdampak pada dua kehamilan berbeda pada saat yang sama.

Bedanya adalah tidak seperti proses melahirkan bayi kembar. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai risiko pada bayi kedua misalnya saja perkembangan organ paru-paru, masalah pernapasan hingga berat badan janin yang kurang.

Meski jarang terjadi, nyatanya banyak kejadian hamil lagi saat sedang hamil. Pada tahun 1960, ada kasus superfestasi yang jelas terjadi. Seorang perempuan melahirkan dua orang bayi yang dianggap sebagai anak kembar.

Namun, salah satu dokter yang membantu persalinan mengungkapkan bayi yang lahir lima menit sebelumnya menunjukkan tanda prematur.

Akhirnya dokter melakukan serangkaian teks dan pemeriksaan x-ray tulang paha dari kedua anak tersebut. Dalam laporan, dokter menemukan bahwa ada perbedaan yang mencolok pada tulang kedua anak laki-laki.

Padahal, semestinya tidak ditemukan masalah tersebut jika kembar dan dilahirkan pada saat yang sama. Berdasarkan analisis dokter, bayi yang lahir prematur ada setelah sang ibu sudah hamil dua bulan.

Baca Juga : 3 Seleb Ini Punya Anak Kembar Menggemaskan

Kasus yang berbeda muncul pada kelahiran yang berjarak. Pada tahun 2007 di Essex mengungkapkan seorang ibu melahirkan dua bayi dengan jarak tiga minggu.

Ketika ibu hamil berusia tiga minggu, muncul bayi kedua. Kasus berikutnya juga melahirkan pada saat yang sama hanya saja melalui operasi sesar.

Pada 2009 di Arkanas, seorang perempuan hamil saat sedang hamil berusia dua setengah minggu. Setelah dokter melakukan tes yang diperlukan, akhirnya dokter memutuskan untuk mengeluarkan kedua bayi tersebut pada waktu yang berbeda.

Namun, akhirnya kedua bayi tersebut akhirnya lahir melalui proses sesar dan sehat.

Wah, ternyata ada kejadian unik di mana bias hamil saat sedang hamil. Meski jarang terjadi, ternyata kondisi ini juga memiliki peluang terjadi. Apakah Moms pernah mendengar kisah unik mengenai hamil lagi saat sedang hamil?

Jika ya, share cerita tersebut di kolom komentar yuk!

(GSA)

Sumber : health.com, momjunction.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.