Kesehatan

KESEHATAN
20 Februari 2019

Update Pengobatan Bu Ani, Tips Psikologis Menemani Orang Tua yang Sakit Berat

Update Pengobatan Bu Ani, Tips Psikologis Menemani Orang Tua yang Sakit Berat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Foto: detik.com

Kondisi Ani Yudhoyono yang saat ini masih menjalani perawatan dan pengobatan di National University Hospital Singapura dan terus mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya.

Seperti yang terlihat beberapa waktu lalu, kedua menantunya, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa selalu bergantian menemani Ibu Ani di rumah sakit.

Tidak hanya kedua menantunya, SBY dan keluarga besarnya pun terus bergantian menjenguk Ani Yudhoyono dalam usaha saling menguatkan demi kesembuhan penyakitnya.

Pada kondisi seperti ini, biasanya baik dari pasangan atau keluarga akan mengalami berbagai tekanan baik secara moral, mental, maupun material.

Baca Juga: Pentingnya Bergabung di Komunitas untuk Membangun Keluarga yang Lebih Kuat

Pentingnya Dukungan Keluarga

downloadsss

Foto: drginanelson.com

Menurut penuturan psikolog Nindya Dwika Puteri, M. Psi, Psychological Service Aksara Pelangi kepada Orami, "Dukungan keluarga memang sangat penting, hal ini karena banyak perubahan aktivitas fisik, perubahan kognitif, dan perubahan fungsi sosial yang akan terjadi."

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah penerimaan dari diri kita sendiri terhadap kondisi yang sedang terjadi pada orangtua. Dengan bisa menerima kondisi orangtua, maka Moms dapat membantunya untuk mudah beradaptasi dengan penyakit yang dideritanya saat ini.

“Pentingnya dukungan keluarga dapat membantu pemulihan kesehatan dengan lebih cepat, terutama dukungan dari aspek emosional. Kurangnya atau tidak adanya dukungan keluarga akan sangat berpengaruh pada penurunan kualitas hidup orangtua yang menderita penyakit berat,” tambah Nindya.

Bentuk-bentuk dukungan keluarga bisa bermacam-macam, mulai dari aspek emosional, moril, sampai bentuk materi. Salah satu contoh dukungan moril adalah orangtua membutuhkan orang-orang terdekatnya untuk hadir mendampinginya selama proses pengobatan berlangsung. Selain itu, pemberian informasi dan penghargaan juga sangat dibutuhkan orangtua dalam menghadapi penyakitnya.

Baca Juga: Pertimbangkan 3 Keuntungan dan Kerugian Bergabung dengan Grup Chat Keluarga

Pengaruh Dinamika Kehidupan Sehari-Hari

imrs

Foto: washingtonpost.com

Ketika orangtua sedang sakit berat terkadang banyak pengaruh yang terjadi pada dinamika kehidupan keluarga sehari-hari. Pengaruhnya bisa terjadi pada pasangan dan anak-anak, apalagi kalau anak masih tinggal satu rumah dengan orangtua. Perubahan dinamika itu antara lain dari segi waktu, material, dan sosio-emosi.

“Waktu yang digunakan akan lebih banyak, karena orangtua yang sakit membutuhkan perawatan dan perhatian ekstra. Selain itu, keuangan yang keluar juga ekstra. Anak-anak juga dapat mengalami perubahan sosial yang tidak menentu seperti cepat marah, sedih, cemas, dan stres,” tambah psikolog Nindya. 

Nah Moms, mulai sekarang, yuk beri perhatian dan dukungan secara moril pada orangtua yang sedang sakit.

(IRN)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait