Kesehatan

26 Maret 2020

Vaksin Influenza, Pentingkah?

Jangan sepelekan penyakit flu ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mendapatkan imunisasi yang dibutuhkan merupakan hal yang penting bagi kita. Salah satu Imunisasi yang yang kita butuhkan adalah influenza.

Vaksin influenza adalah vaksin tahunan yang melindungi kita dari flu, penyakit virus pernapasan yang menyebar dengan sangat mudah. Walaupun terkesan sepele, flu dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, hingga kematian.

Baca Juga: Selain Influenza, Ada Juga 4 Jenis Flu yang Berbahaya dan Wajib Diketahui

Dengan melakukan vaksin influenza, kita sudah melakukan cara terbaik untuk mencegah flu. Tapi, seberapa penting vaksin influenza? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Vaksin Influenza?

vaksin influenza

Foto: Orami Photo Stock

Vaksin influenza adalah imunisasi yang dapat diberikan kepada siapa saja mulai usia di atas 3 bulan.

“Namun, yang paling mendapatkan manfaat dari vaksinasi ini adalah populasi yang rentan seperti anak kecil dan orang lanjut usia di atas 60 tahun,” kata dr. Muliadi Limanjaya, Dokter Umum RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Virus influenza terbagi atas 2 jenis, yaitu influenza A dan B, di Indonesia sendiri vaksin yang tersedia sudah mencakup keduanya, baik trivalen yang menjaga kekebalan tubuh terhadap 3 strain (H1N1 dan H3N2) dan 1 strain influenza B, atau kuadrivalen yang menjaga terhadap 2 strain influenza A dan 2 strain influenza B (victoria dan yamagata).

Baca Juga: Ini 4 Cara Mengobati Flu Pada Bayi, Moms

Banyaknya tipe dari virus influenza, maka disarankan untuk mendapatkan vaksinasi influenza setiap satu tahun sekali. Vaksin influenza akan membantu mencegah terjadinya flu. Biasanya kekebalan tubuh terbentuk sekitar 2-4 minggu setelah pemberian vaksin.

Namun menurut dr. Muliadi, orang yang divaksin masih mungkin mengalami gejala flu dan pilek, namun cenderung tidak berat, atau mungkin disebabkan oleh virus lain yang bukan influenza (yang tersering adalah virus rhinovirus).

Peningkatan Kasus Influenza

vaksin influenza

Foto: gasiantimes.com

“Ketika dunia sedang dihebohkan dengan wabah novel Corona virus (COVID-19), sebenarnya ada outbreak lain yang saat ini sedang terjadi, yaitu Influenza A virus,” terang dr. Muliadi.

Virus ini sudah menyebabkan lebih dari 10.000 kematian di Amerika Serikat dalam 12 minggu terakhir, dan menyebar dengan cepat, termasuk ke daerah Asia Tenggara.

Di Tiongkok sendiri, saat ini sudah mulai ditemukan infeksi oleh strain H5N1 yang termasuk dalam keluarga Influenza A dan dikatakan sangat menular.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Vaksin Dewasa yang Bisa Moms Dapatkan

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika, vaksin influenza efektif menurunkan risiko tertular flu sebesar 40-60 persen dan sebaiknya diberikan setiap tahun, terutama pada kelompok dengan kekebalan tubuh yang lebih rentan, seperti pada anak, orang tua, dan ibu hamil.

Di Indonesia sendiri, cakupan vaksin influenza masih sangat rendah, kombinasi dari kesadaran yang rendah, biaya yang mahal, dan tentunya terkadang kesulitan untuk mendapatkan vaksin itu sendiri.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait