Kesehatan

9 September 2021

7 Manfaat Daun Srikaya untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Yuk Simak!

Tahukah Moms dan Dads, manfaat daun srikaya ternyata bisa stabilkan gula darah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ternyata selain buahnya, ada juga manfaat daun srikaya untuk kesehatan maupun kecantikan. Dilansir dari Biomolecules, srikaya adalah spesies endemic tropis Hindia Barat, Amerika Selatan, dan Tengah, Ekuador, Peru, Brasil, India, Meksiko, Bahama, hingga Mesir.

Selain itu, manfaat daun srikaya juga telah dipelajari untuk aktivitas biologisnya, termasuk antikanker, antidiabetes, antioksidan, antimikroba, antiobesitas, penurun lipid, dan fungsi hepatoprotektif.

Daun srikaya sering digunakan untuk tujuan pengobatan karena kemampuan penyembuhannya yang cepat. Cara pengolahannya bisa dioleskan langsung ke kulit atau bisa digunakan sebagai kombinasi dengan bahan lain. Merebus daunnya dan mengonsumsinya dipercaya bisa mendapatkan manfaat daun srikaya.

Manfaat Daun Srikaya

Manfaat Daun Srikaya

Foto: Pinterest

Tahukah jika daun srikaya berukuran 5-12 cm panjangnya dan memiliki tangkai daun berbulu. Kemudian, daun lonjong ini mengeluarkan aroma yang kuat saat kita memilih cara pengolahannya. Berikut ini manfaat daun srikaya yang perlu Moms ketahui:

1. Miliki Sifat Anti-Inflamasi

Manfaat daun srikya untuk kesehatan yaitu dapat meredakan nyeri rheumatoid arthritis, berkat sifat anti-inflamasi, dan analgesiknya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Moms atau Dads hanya perlu meminum ekstrak daun srikaya secara rutin.

Satu studi dari Atherosclerosis mengamati bahwa tikus yang diberi makanan yang diperkaya epikatekin telah mengurangi kadar protein penanda inflamasi C-reaktif (CRP) dalam darah, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Tingkat CRP yang tinggi dikaitkan dengan aterosklerosis, pengerasan dan penyempitan arteri yang secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan, peradangan kronis terkait dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: 7+ Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

2. Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun srikaya untuk kesehatan lainnya yaitu menjaga kesehatan jantung karena kaya akan potassium dan magnesium yang dapat mengendurkan otot jantung. Oleh karena itu, daun srikaya dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti potasium dan magnesium. Khususnya, 1 cangkir (160 gram) buah menawarkan 10 persen RDI untuk kalium dan lebih dari 6 persen RDI untuk magnesium menurut Journal of Clinical Hypertension.

Manfaat kalium dan magnesium meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Penyakit Jantung Saat Hamil

3. Stabilkan Kadar Gula Darah

Daun srikaya juga dapat menstabilkan gula darah, berkat seratnya yang dapat memperlambat penyerapan gula. Oleh karena itu, manfaat daun srikaya dapat menjaga kadar gula darah normal. Satu ulasan mencatat bahwa mengonsumsi daun srikaya untuk kalium 4.700 mg per hari dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing sekitar 8 dan 4 mm Hg.

Ulasan lain dari Nutrition Journal menemukan hubungan terbalik antara asupan magnesium dan risiko tekanan darah tinggi, ketika membandingkan orang dengan asupan magnesium tertinggi dengan mereka yang asupan terendah. Setiap tambahan 100 mg per hari asupan magnesium dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi 5 persen lebih rendah.

Baca Juga: Manfaat Daun Stevia, Pemanis Alami yang Rendah Kalori dan Aman Dikonsumsi

4. Sifat Anti-Penuaan

Manfaat daun srikaya untuk kecantikan juga dikenal memiliki sifat anti-penuaan, seperti antioksidan. Antioksidan dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV serta memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Sumber besar vitamin C yang membantu menjaga kulit Moms bersinar.

Selain itu, kolagen yang ada dalam buah ini membantu membalikkan tanda-tanda penuaan dan membuat kulit Moms tampak montok dan awet muda selama bertahun-tahun yang akan datang. Cukup konsumsi buah ini tiga sampai empat kali seminggu saat sedang musimnya untuk melihat hasil yang luar biasa.

5. Atasi Jerawat

Kulit berminyak dan rawan jerawat adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi banyak wanita. Tapi, manfaat daun srikaya ini bisa mengurangi jerawat serta mencegahnya muncul kembali. Penuh dengan vitamin yang diperlukan, daun srikaya membantu mengurangi nanah pada jerawat yang ada dan menyembuhkannya seiring waktu.

Cara pengolahannya adalah menumbuk daging buah serta daun srikaya setelah membuang bijinya dan mengoleskannya ke area yang terkena. Ini akan membantu mengatur produksi sebum untuk mencegah masalah jerawat datang kembali.

Baca Juga: Amankah Menggunakan Rebusan Daun Sirih Untuk Membersihkan Miss V?

6. Sifat Antimikroba

Meskipun terkenal sebagai tanaman karena daging sukulennya yang creamy, Srikaya juga dilaporkan memiliki sifat farmakologis yang sangat besar, termasuk aktivitas antimikroba, karena adanya metabolit sekunder yagn berbeda seperti, seperti glikosida, pitosterol, alkaloid, minyak, saponin, fenol, dan flavonoid

Dalam beberapa penelitian, ekstrak daun srikaya diidentifikasi memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur yang luar biasa. Aktivitas antimikroba yang signifikan ditunjukkan oleh senyawa asetogenin aktif yang dikenal sebagai annotemoyin yang diisolasi dari ekstrak daun kloroform dan oleh senyawa flavonoid tertentu yang dimurnikan dari ekstrak daun berair tanaman.

Sebuah studi dari Natural Product Communication, tentang peran prospektif dan aplikasi manfaat daun srikaya dalam bentuk ekstrak dapat menjadi pencegahan penyakit bakteri bawaan makanan menunjukkan bahwa ekstrak memiliki spektrum luas tetapi aktivitas labil panas terhadap patogen bakteri bawaan makanan.

Penelitian rinci harus dilakukan untuk mengeksplorasi segudang senyawa bioaktif yang bergabung untuk memberikan ekstrak daun nilai terapeutik, mekanisme aksi dan manfaat lebih potensial dari cara pengolahannya sebagai pengawet makanan alami.

7. Hindari Hepatosteatosis

Hepatosteatosis atau fatty liver disease (FLD) sebagian besar disebabkan oleh ketidakseimbangan produksi dan metabolisme lemak dalam tubuh, yang disebabkan oleh pola makan, gaya hidup yang kurang gerak, dan stres.

Selain itu, beberapa obat (misalnya, parasetamol) diketahui menyebabkan kerusakan (sebagai efek samping) pada hepatosit. Karena efek dari dosis lemak yang tinggi dan kerusakan yang disebabkan oleh obat-obatan, hepatosit menghadapi stres oksidatif, yang selanjutnya menyebabkan hepatosteatosis.

Cedera hati akibat obat telah menjadi perhatian utama bagi personel dan industri yang berhubungan dengan kesehatan.

Oleh karena itu, senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, penghambat peroksidasi lipid, dan memiliki kapasitas penangkap radikal bebas dapat menunjukkan sifat hepatoprotektif. Manfaat daun srikaya menunjukkan aktivitas antioksidan yang sangat tinggi.

Kehadiran flavonoid, glikosida, saponin, alkaloid, dan senyawa fenolik itu semua terdapat dalam manfaat daun srikaya untuk kesehatan.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Kanker Payudara

Cara Pengolahan Daun Srikaya

Untuk luka

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga bisa mencoba cara pengolahannya di rumah, untuk mendapatkan manfaat daun srikaya, yaitu:

1. Untuk Bisul dan Luka

Cuci daun srikaya segar secukupnya sebagai cara pengolahannya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk plester dan pembalut luka.Dalam sehari, dibalut 2-3 kali.

2. Untuk Orang Pingsan

Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Bawa gilingan daun tadi di hidung pasien yang baunya terhirup oleh pasien.

3. Untuk Cacing Usus pada Anak-Anak

Cuci bersih daun srikaya segar sebagai 15 lembar, lalu rebus dengan lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

4. Gangguan Pencernaan

Sementara untuk mengatasi gangguan pencernaan, cara pengolahannya meliputi cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan di perut.

5. Untuk Kudis

Cuci daun srikaya segar sebanyak 15 lembar, lalu giling hingga halus. Peras air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit kudis. Lakukan dua kali sehari.

Manfaat daun srikaya menunjukan aktivitas nutraceutical, fitokimia, biologi, dan farmakologi yang sangat baik karena adanya metabolit yang berbeda, senyawa fenolik, flavonoid, dan komponen aktif lainnya.

Manfaat daun srikaya untuk kesehatan pun menjadikannya sebagai bahan buah alami, komponen makanan bergizi, dan tanaman obat alami yang telah digunakan di seluruh dunia untuk pengobatan berbagai penyakit akut dan kronis, seperti diabetes, jantung, kanker, dan kekebalan tubuh. gangguan terkait.

Daun srikaya bahkan buahnya sendiri menawarkan nilai gizi yang tinggi, terdiri dari protein, serat, karbohidrat, dan vitamin, baik untuk manusia maupun hewan, sehingga menjadikannya sebagai makanan lengkap dan bahan obat alami.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5420140/ - Nutrition Journal
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18607145/ - Journal of Clinical Hypertension.
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24529136/ _ Atherosclerosis
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23678817/ - Natural Product Communication
  • https://www.bioscmed.com/index.php/bsm/article/view/102
  • https://netral.news/en/6-benefits-of-srikaya-fruit-for-body-health.html
  • http://dosen.univpancasila.ac.id/dosenfile/2082221004149837600125June2017.pdf
  • https://www.researchgate.net/publication/341813552_The_Influence_of_Bioinsecticide_Granules_of_Srikaya_A_Squamosa_and_Betel_Leaves_P_Beetle_Extract_Extracts_on_Kidney_Histopathology_in_Mice_Mus_musculus
  • https://steemit.com/esteem/@putriamelia/the-benefits-of-srikaya-and-its-nutrients-c435a32b9544d
  • http://benefitofhealthyliving.blogspot.com/2015/05/srikaya-leaves-for-health-benefits.html
  • https://www.gardenguides.com/12415135-how-to-identify-leaves-on-apple-trees.html
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/5-surprising-benefits-of-custard-apple-leaves-1723866
  • https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2018.00661/full
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8143160/ - Biomolecules
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23678817/
  • https://scholar.google.com/scholar_lookup?journal=Preprints&title=Selective+cytotoxic+effects+of+Annona+Squamosa+Leaves+against+breast+cancer+cells+via+apoptotic+signaling+proteins&author=R.+Al-nemari&author=A.B.+Bacha&author=A.+Al-senaidy&author=M.+Arafah&author=H.+Al-saran&publication_year=2020&pages=1-14&doi=10.20944/preprints202005.0212.v1&
  • https://www.timesindonesia.co.id/read/news/351177/five-surprising-benefits-of-custard-apple-leaves
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait