2-3 tahun

2-3 TAHUN
4 Juli 2019

3 Kiat Jitu Toilet Training Balita Kembar

Kompak dengan Dads supaya toilet training berjalan lebih lancar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Melatih buang air di toilet atau toilet training balita kembar sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan lho, Moms.

Seperti dikatakan Jamie Glowacki dalam bukunya Oh Crap! Potty Training, toilet training balita kembar itu tidak ribet asalkan Moms dan Dads mau meluangkan sedikit waktu dan energi untuk bekerja sama.

Sebaiknya juga tidak terpaku pada satu cara saja, karena toilet training balita kembar akan lebih efektif dilakukan secara fleksibel sesuai dengan karakter dan kesiapan masing-masing anak.

Nah, silakan simak beberapa kiat yang sudah kami rangkum berikut supaya Moms bisa mulai toilet training balita kembar dengan lancar.

Baca Juga: 9 Tanda Anak Siap untuk Toilet Training

1. Mulai saat Sudah Siap

3 Kiat Jitu Toilet Training Balita Kembar 1.jpg

Twinsandmore.co

Menurut psikolog sekaligus penulis buku Let’s Get This Potty Started!, Heather Wittenberg, Psy.D, sebaiknya toilet training balita kembar dimulai setelah Si Kecil menunjukkan tanda-tanda kesiapan, seperti:

  • Sudah punya jadwal buang air besar dan kecil yang bisa diprediksi.
  • Sudah bisa duduk tegak dan membuka pakaian sendiri.
  • Sudah mengenali fungsi tubuh dan menunjukkan tanda ingin buang air, seperti mengejan, jongkok, atau pergi ke pojok ruangan.
  • Bisa tetap kering selama 2-3 jam dan bangun tidur tanpa mengompol.
  • Sudah merasa mandiri dan ingin melakukan segala sesuatu sendiri seperti anak besar.

Biasanya tanda kesiapan tadi mulai terlihat di antara usia 18 bulan sampai 3 tahun. Walau kembar, tanda kesiapan setiap anak tidak selalu muncul di waktu yang bersamaan.

Jadi kalau ada salah satu anak yang sudah siap sementara lainnya belum, tidak perlu memaksa kedua anak melakukan potty training secara bersamaan ya, Moms.

Sebelum mulai toilet training balita kembar pastikan juga kalau Moms dan Dads tidak sibuk, juga tidak sedang melalui perubahan besar dalam hidup, seperti mulai preschool, pindah rumah, atau ada anggota keluarga yang meninggal dunia.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Toilet Training Untuk Anak

2. Sepakati Metode yang Akan Dilakukan dengan Dads

3 Kiat Jitu Toilet Training Balita Kembar 2.jpg

Parents.com

Menurut Fran Walfish, Psy,D., psikoterapis keluarga dan penulis buku Self-Aware Parent, toilet training balita kembar akan lebih mudah dilakukan kalau Moms dan Dads kompak, baik soal metode maupun dalam setiap langkah prosesnya.

Ada beberapa metode toilet training balita kembar yang direkomendasikan oleh para pakar, termasuk juga oleh American Academy of Pediatrics, di antaranya:

  • Pelan Tapi Pasti. Dengan metode ini, balita dibiasakan untuk mengendalikan buang air besar dan buang air kecil secara bertahap dalam jangka waktu beberapa minggu atau beberapa bulan.
  • Pejuang Akhir Minggu. Metode toilet training yang dilakukan selama dua sampai tiga hari di akhir minggu, dan perlu dilakukan dengan pengawasan dan kesigapan penuh dari Moms dan Dads.
  • Kilat. Metode toilet training intensif yang dilakukan hanya dalam 1 hari, namun paling efektif bila dilakukan pada balita yang siap secara fisik dan bisa cepat mengikuti instruksi.

Baca Juga: Jangan Dipaksakan, Ternyata Inilah Usia yang Tepat Bayi Mulai Belajar Toilet Training

3. Lakukan secara Bersamaan Bila Mungkin

3 Kiat Jitu Toilet Training Balita Kembar 3.jpg

Parents.com

Menurut Pamela Prindle Fierro, penulis buku Mommy Rescue Guide Twins, Triplets, and More, sebaiknya toilet training balita kembar dilakukan secara bersamaan kalau keduanya memang menunjukkan tanda kesiapan di waktu yang sama.

Selain memiliki jadwal metabolisme yang hampir bersamaan, balita kembar juga bisa saling mendukung, menemani, dan bersaing untuk latihan menggunakan toilet.

Meski begitu, tetap pertimbangkan karakter dan temperamen setiap anak dan pastikan Moms dibantu oleh Dads maupun orang dewasa lain.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengajarkan toilet training balita kembar. Menurut Moms, kendala apa saja yang akan muncul saat toilet training balita kembar?

(WA)

Artikel Terkait