Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perkembangan Anak | Jun 5, 2018

5 Alasan Mama Harus Membawa si Kecil Berkemah

Bagikan


Sebagai orang tua yang hidup di zaman modern, mungkin Moms pernah terbayang akan masa kecil yang dihabiskan dengan bermain di lapangan luas. Sayangnya, kesenangan ini sulit untuk dirasakan oleh anak zaman sekarang.

Tak jarang orang tua harus membawa anak berkemah hanya untuk mendapatkan sensasi udara segar serta menikmati rindangnya pepohonan.

Kegiatan berkemah tak hanya mengasyikkan untuk orang dewasa, tapi juga bisa memberikan efek positif pada anak, seperti berikut:

1. Mengajarkan cinta lingkungan

Berkemah biasanya dilakukan di tengah alam bebas yang dikeliling oleh banyak tumbuhan yang rindang dan masih bersih dari polusi. Bagi anak yang seumur hidup tinggal di kota, aktivitas baru ini tentu akan terasa menyenangkan, karena bisa menikmati segarnya air pegunungan serta merasakan kehangatan sinar matahari pagi.

Selagi si kecil merasakan nikmatnya berkemah, sisipkan pelajaran bahwa udara yang segar ini harus dijaga dengan tidak melakukan hal yang merusak lingkungan. Dengan begitu, pola pikir cinta lingkungan si kecil akan terus terbawa saat ia kembali ke kota.

2. Belajar ragam hewan dan tumbuhan

Gunung adalah habitat alami dari banyak tumbuhan, serangga, hingga binatang liar. Moms bisa menggunakan tempat ini untuk mengajarkan si kecil tentang beragam hewan dan tumbuhan. Supaya tak tersesat, sebaiknya pilih tempat berkemah yang aman dan bebas dari bahaya binatang liar.

Selain bersama orang tua, saat ini sudah banyak program berkemah yang bisa diikuti oleh anak. Biasanya dalam program khusus berkemah ini sudah ada pelajaran serta aktivitas untuk mengenal alam, sehingga anak bisa banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru.

3. Membuat anak lebih aktif

Kegiatan berkemah akan terasa lebih seru bila banyak melibatkan aktivitas fisik, seperti memancing, menjelajah daerah sekitar perkemahan, hingga permainan mencari harta karun. Semua kegiatan fisik ini akan membuat tubuh anak bergerak lebih aktif dan dinamis, jelas ini lebih baik daripada hanya duduk diam sambil bermain gadget kan, Moms

4. Mengajarkan disiplin dan tanggung jawab

Salah satu esensi dari kegiatan berkemah adalah mengajarkan disiplin dan tanggung jawab. Setiap orang yang berpartisipasi memiliki kewajiban dan tugas yang harus dilaksanakan, karena bila tidak, kegiatan berkemah bisa jadi kacau balau.

Saat anak berkemah, ia akan belajar disiplin dan tanggung jawab dengan mengerjakan tugas yang diberikan padanya secara cepat dan tepat.

Namun, sebaiknya lihat dulu kemampuan si kecil ya Moms, supaya bisa memberikan tugas yang memang mampu dilakukannya. Saat ia bisa melakukan tugasnya dengan baik, si kecil jadi akan merasa bangga dengan kedisiplinan dan tanggung jawabnya.

5. Belajar mengalahkan rasa tidak nyaman

Saat berkemah, kita harus menghadapi gigitan serangga, dinginnya angin malam, alas tidur yang terasa keras, serta gelapnya suasanya hutan di malam hari. Berbagai hal ini pasti akan membuat si kecil merasa tidak nyaman, karena berbeda dengan keadaan di rumah.

Tapi tak apa, Moms. Rasa tidak nyaman ini akan membuatnya belajar mengalahkan rasa tidak nyaman, sehingga ia akan tumbuh menjadi orang dewasa yang memiliki mental kuat dan tidak manja.

 

Mengajak anak berkemah jelas tidak mudah, karena butuh persiapan mental dan fisik agar semua berjalan sempurna. Selalu pertimbangkan situasi dan kondisi anak sebelum mengajaknya berkemah, agar pengalaman baru ini bisa dinikmatinya secara maksimal. Jadi, mau mengajak anak berkemah dimana nih, Moms?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.