Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




5 Ikan yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bagikan


Ikan memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, terutama untuk Moms yang sedang hamil, merencanakan kehamilan, juga saat sedang menyusui. 

Beth Warren, pendiri Beth Warren Nutrition dan penulis Living a Real Life with Real Food, mengatakan bahwa mengonsumsi ikan secara teratur sangatlah penting. “Ikan punya kandungan yang baik. Seperti omega-3, EPA, dan DHA,” jelaasnya.

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Ikan juga mengandung protein, mineral seperti besi, kalsium dan magnesium, serta vitamin A dan D. Nutrisi itu sangat dibutuhkan ibu hamil untuk meningkatkan kesehatan bayi dan ibu.

Moms yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 dan DHA akan melahirkan anak-anak yang lebih baik perkembangan otaknya. DHA juga bermanfaat untuk perkembangan retina pada bayi. Akumulasi DHA dalam otak selama dua tahun pertama setelah lahir menentukan pertumbuhan anak di masa depan.

Namun, perlu Moms perhatikan, ternyata tidak semua ikan baik untuk Moms yang sedang hamil. Beberapa jenis ikan malah harus dihindari karena mengandung merkuri yang bisa membahayakan janin.

Beberapa ikan yang berbahaya adalah hiu, marlin, tuna mata besar, dan makerel. Nah, apa saja ikan yang baik untuk kesehatan ibu hamil?

1. Salmon

foto: nutritiouslife.com

Ikan salmon mengandung asam lemak Omega-3, DHA, dan EPA. Ketiganya adalah zat yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan neorologis dan penglihatan pada janin. Jika Moms ngin memiliki anak yang cerdas sejak dalam kandungan, konsumsilah ikan salmon.

2. Lele

foto: foodrepublic.com

Ikan lele mengandung lemak baik dan protein yang tinggi, dua zat gizi ini menyokong pertumbuhan dan perkembangan maksimal pada janin.

Selain itu, daging ikan lele juga kaya akan fosfor dan kalium. Fosfor merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin, sedangkan kalium dapat membantu jantung dan pembuluh darah untuk lebih sehat.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Makan Ikan Sejak Kecil

3. Nila

foto: foodnetwork.com

Untuk ibu hamil yang bermasalah dengan kolesterol, makan ikan nila sangat direkomendasikan. Kadar lemak pada ikan nila terbilang rendah sehingga tidak meningkatkan kolesterol.

Ikan nila mengandung banyak protein, fosfor, niacin, selenium, vitamin B 12, dan potassium. Fosfor berguna untuk pembentukan tulang dan gigi janin, sehingga tulang ibu tidak mudah menjadi keropos karena janin mengambil fosfor dari tubuh ibu.

Niacin adalah suatu zat yang berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi gula yang kemudian akan dibakar menjadi energi. Ibu hamil memang mudah sekali kelelahan, oleh karena itu butuh energi tambahan.

4. Sarden

foto: realfood.tesco.com

Ikan sarden kalengan juga termasuk golongan ikan yang baik untuk ibu hamil konsumsi. Ikan ini mengandung protein tinggi tapi sangat rendah merkuri.

Hal yang perlu diingat saat akan mengonsumsinya, pastikan ikan kalengan yang Moms beli benar-benar berbahan ikan sarden, bukan ikan makerel.

Baca Juga: Kapan Ya, Bayi Boleh Makan Ikan? 

5. Teri

foto: resepsedapku.com 

Ukuran kecil tidak berarti ikan teri punya manfaat yang kecil. Sebaliknya, teri justru punya kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil.

Ikan teri memiliki kalsium yang berguna untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Teri juga kaya akan protein, fosfor, zat besi, beberapa vitamin, serta mineral lainnya. Ikan ini sangat rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan

Ikan mana yang paling sering Moms konsumsi selama hamil?

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.