Kesehatan Umum

5 Juli 2021

Ketahui Perbedaan dan Manfaat Omega 3 6 9!

Ketahui perbedaan dan manfaatnya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Manfaat omega 3 6 9 memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh. Asam lemak tak jenuh ini diperlukan tubuh untuk membentuk sel dan mengendalikan peradangan .

Manfaat omega 3 6 9 memang membantu kesehatan tubuh, tetapi penting untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat di antara mereka. Ketidakseimbangan dalam diet Moms dapat menyebabkan sejumlah penyakit kronis.

Berikut penjelasan tentang manfaat omega 3 6 9, termasuk jenis makanan apa yang mengandung omega 3 6 9 tersebut!

Baca Juga: Berikan 3 Makanan Ini Sebagai Sumber Lemak Sehat Bagi Bayi

Manfaat Omega 3 6 9

Manfaat omega 3 6 9 memang telah terbukti merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan.

Meskipun manfaat omega 3 6 9 semuanya adalah asam tak jenuh dengan banyak manfaat kesehatan, mereka semua berbeda satu sama lain sehubungan dengan posisi struktur kimianya.

  • Omega-3 mengacu pada posisi ikatan rangkap terakhir dalam struktur kimia dan itu adalah tiga atom karbon dari rantai molekul "omega".
  • Omega-6 berbeda dari omega-3 karena ikatan rangkap terakhir adalah enam atom karbon dari ujung omega molekul asam lemak.
  • Omega-9 adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang berarti hanya memiliki satu ikatan rangkap. Itu terletak sembilan atom karbon dari ujung omega dari molekul asam lemak.

Omega-3 dan omega-6 memiliki cukup banyak kesamaan. Keduanya adalah asam lemak esensial yang bisa diproduksi oleh tubuh.

Lemak omega-9 disebut "non-esensial" karena tubuh kita dapat memproduksinya dari lemak tak jenuh yang kita makan. Omega-9 utama dalam makanan kita disebut asam oleat.

Berikut ini manfaat omega 3 6 9 dan sumbernya:

1. Asam Omega 3

omega 3

Foto: Orami Photo Stock

Asam lemak omega-3 adalah lemak tak jenuh ganda. Lemak ini tidak bisa dibuat oleh tubuh dan disebut sebagai "lemak esensial". Karenanya, hanya bisa didapatkan dari makanan.

World Health Organization (WHO), merekomendasikan setidaknya seseorang makan dua porsi ikan berminyak per minggu, yang kaya akan omega-3 EPA dan DHA.

Dari sekian banyak jenis lemak omega-3, berikut ini adalah tiga yang paling umum:

  1. Eicosapentaenoic acid (EPA): Fungsi utama asam lemak ini untuk menghasilkan bahan kimia yang disebut eicosanoids, yang membantu mengurangi peradangan. EPA juga membantu mengurangi gejala depresi.
  2. Docosahexaenoic acid (DHA): DHA membentuk sekitar 8 persen dari berat otak dan sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang normal.
  3. Asam alfa-linolenat (ALA): Asam lemak ini dapat dikonversi menjadi EPA dan DHA, meskipun prosesnya tidak terlalu efisien. ALA terutama digunakan oleh tubuh untuk energi.

Baca Juga: 7 Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak!

Lemak omega-3 adalah bagian penting dari membran sel manusia. Mereka juga memiliki sejumlah fungsi penting lainnya, berikut manfaat omega-3:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mendukung kesehatan mental seperti mengurangi gejala depresi, skizofrenia, dan gangguan bipolar
  • Mengurangi berat dan ukuran pinggang
  • Mengurangi lemak hati
  • Mendukung perkembangan otak bayi
  • Memerangi peradangan yang dapat berkontribusi pada sejumlah penyakit kronis
  • Mencegah demensia bagi orang yang cenderung mengalami penurunan fungsi otak di usia tua dengan membantu meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Mencegah asma

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-3:

  • Salmon
  • Ikan kembung
  • Sarden
  • Ikan teri
  • Biji chia
  • Kacang kenari
  • Biji rami

Baca Juga: Mengenal Ketogenic, Diet Rendah Karbo dan Tinggi Lemak

2. Asam Omega-6

manfaat omega 6.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 juga merupakan asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak omega-6 juga hanya bisa didapatkan dari makanan.

Lemak ini digunakan sebagai energi, dan jenis yang paling umum adalah asam linoleat.

Zat ini penting dalam sistem kekebalan tubuh. Namun, ketika terlalu banyak diproduksi, dapat meningkatkan penyakit radang.

Beberapa asam lemak omega-6 telah menunjukkan manfaat dalam mengobati gejala penyakit kronis, seperti gejala rheumatoid arthritis (radang sendi kronis), efektif mengobati kanker payudara, bahkan mengurangi massa lemak tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-6:

  • Minyak kedelai
  • Minyak jagung
  • Mayonaise
  • Kacang kenari
  • Biji bunga matahari
  • Almond
  • Kacang mete

Baca Juga: Selain Omega-3, 6 Nutrisi Ini Juga Bantu Sehatkan Jantung

3. Asam Omega-9

manfaat omega 9.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Asam lemak omega-9 merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Berbeda dari dua asam lemak sebelumnya, asam lemak omega-9 tidak sepenuhnya "esensial", yang berarti sebagian dapat diproduksi oleh tubuh.

Satu penelitian dari National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa, memiliki pola makan yang tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi kolesterol "jahat" pada pasien diabetes.

Uji coba dengan tikus yang diberi makan tinggi asam lemak tak jenuh ganda meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan.

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-9:

  • Minyak zaitun
  • Minyak kacang mete
  • Minyak almond
  • Minyak alpukat
  • Minyak kacang
  • Almond
  • Kacang mete
  • Kacang kenari

Namun, Moms harus memperhatikan asupan omega-9. Sebab, terlalu banyak omega-9 pada akhirnya akan menghilangkan omega-3

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Yoghurt Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Suplemen Omega 3 6 9

Suplemen

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat omega 3 6 9 penting sepanjang umur kita. Pada awal kehidupan, asam lemak ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan, termasuk perkembangan mata dan otak.

Peningkatan asupan manfaat omega 3 6 9 selama kehamilan telah dikaitkan dengan penurunan depresi ibu, mengurangi tingkat kelahiran prematur dan mengurangi alergi dan asma pada anak-anak.

Pada orang dewasa, konsumsi yang lebih besar dari asam lemak ini telah dikaitkan dengan efek perlindungan jantung.

Suplemen omega 3 6 9 mencakup manfaat yang diberikan oleh semua asam lemak individu dan memberikan jumlah yang seimbang dari ketiga asam tersebut.

Suplemen ini dapat membantu menjaga kesehatan kadar kolesterol, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan mood, meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Baca Juga: Penyebab Splenomegali Atau Pembesaran Limpa Pada Anak

Sama seperti minyak lainnya, suplemen manfaat omega 3 6 9 mudah teroksidasi saat terkena panas dan cahaya.

Oleh karena itu, saat membeli suplemen manfaat omega 3 6 9, pilihlah yang bersifat cold-pressed.

Ini berarti minyak telah diekstraksi dengan panas terbatas, meminimalkan oksidasi yang dapat merusak molekul asam lemak.

Untuk memastikan Moms mengonsumsi suplemen yang tidak teroksidasi, pilih yang mengandung antioksidan, seperti vitamin E.

Selain itu, pilih suplemen dengan kandungan omega 3 tertinggi, idealnya lebih dari 0,3 gram per porsi.

Selain itu, karena EPA dan DHA memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada ALA, pilihlah suplemen yang menggunakan minyak ikan atau minyak alga, daripada minyak biji rami.

Itulah perbedaan manfaat omega 3 6 9. Mari konsumsi makanan-makanan di atas untuk mendapatkan kesehatan maksimal!

  • https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/pathway/LIPID%20MAPS:FAOmega9AndOthersUnsaturated
  • https://www.who.int/elena/titles/bbc/fish_oil_pregnancy/en/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21924882
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18522621/
  • https://www.htc.co.uk/post/omega-369-perfect-blend
  • https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait