Kesehatan

20 Juni 2021

5 Manfaat Buah Gowok, Buah Langka yang Kaya Nutrisi

Nikmati buah gowok untuk mendapatkan sejuta manfaat bagi kesehatan Moms dan keluarga.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Karla Farhana

Pernahkah Moms mencoba buah gowok? Atau, nama buah satu ini masih terdengar asing di telinga? Nah, sebaiknya perhatikan ulasan kali ini yang akan membahas tentang manfaat dari buah gowok.

Buah gowok, atau sering disebut juga buah kupa atau kepa diyakini adalah tumbuhan asli di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Buah gowok telah tersebar secara alami di Pulau Jawa hingga Kalimantan.

Tanaman dari buah gowok atau Syzygium polycephalum memiliki daun tunggal yang berbentuk lonjong. Panjang daun buah gowok sekitar 17-25 cm, serta lebarnya sekitar 6-7 cm. Perbungaannya berbentuk malai dengan mahkota bunga berwarna putih dan benang sari banyak.

Kini, buah gowok menjadi buah-buahan yang sangat langka. Padahal, apabila dilihat dari sejarah, pada tahun 80-90an, buah gowok ini banyak dijajakan penjual buah-buahan dan banyak orang yang menanam pohonnya di pekarangan rumah.

Jika dilihat dari manfaatnya, ternyata buah gowok menyimpan banyak keunggulan, lho! Apa saja? Simak ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Enak dan Sehat! Ini 5 Camilan Berbahan Dasar Buah

Manfaat Buah Gowok untuk Kesehatan

Buah gowok mempunyai daging buah yang berwarna putih atau merah keunguan. Dagingnya banyak mengandung sari buah yang terasa asam manis dan agak sepat.

Nah, menariknya, di dalam buah gowok terdapat biji berbentuk gepeng dengan kulit berwarna merah ungu. Warnanya yang mengilat akan menarik perhatian.

Jika dilihat dari ukurannya, buah gowok termasuk berukuran kecil. Buah ini hanya memiliki diameter sekitar 2-3 cm. Ciri khas lainnya dari buah gowok, yaitu berkerumun di batang pohok, lengkap dengan kelopak yang menempel di bagian ujungnya.

Nutrisi dalam buah gowok ternyata banyak sekali, lho. Buah gowok adalah sumber karbohidrat, vitamin C, serat, dan kalsium. Buah gowok juga memiliki sejumlah kecil fosfor, zat besi, beta-karoten, vitamin A, dan vitamin B kompleks.

Terdapat kandungan asam galat, antioksidan kuat, dan flavonoid bermanfaat lainnya. Buah gowok juga memiliki khasiat anti inflamasi, anti tumor dan antibakteri.

Moms akan mendapatkan banyak manfaat dari makan buah gowok, di antaranya:

1. Meredakan Diare

Meredakan Diare.jpg

Foto: leuweunggeledegan.com

Manfaat buah gowok yang pertama, yaitu mampu meredakan diare. Diare adalah gangguan pencernaan yang umum oleh siapa pun, baik orang dewasa atau anak-anak. Nah, kandungan saponin yang terdapat dalam buah gowok mampu meredakan diare yang dialami oleh Moms.

Cara mengonsumsi buah gowok untuk mendapatkan manfaat ini, yaitu dengan merebus kulit batang buahnya. Sederhana saja, Moms cukup merebus beberapa gram kulit batang buah gowok, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu dinginkan.

Minum rebusan kulit batang buah gowok untuk memulihkan diare yang sedang dialami. Perlu dipahami bahwa umumnya banyak orang terkena diare karena mengonsumsi makanan atau air yang tidak higienis dan mengandung bakteri, parasit, dan bahkan keracunan makanan.

Dilansir dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, gejala utama diare adalah buang air besar yang encer tiga kali atau lebih dalam sehari. Selain buah gowok, Moms dapat mengonsumsi beberapa buah berikut ini saat mengalami diare:

  • Pisang, mengandung pektin atau serat larut air yang dapat membantu kerja usus lebih mudah. Pisang juga mengandung kalium, sehingga dapat menggantikan elektrolit tubuh yang banyak hilang saat diare.
  • Kelapa, memiliki manfaat untuk mengembalikan cairan serta elektrolit dalam tubuh yang hilang akibat diare.
  • Apel, yang juga memiliki kandungan pektin di dalamnya.
  • Semangka, memiliki kandungan air yang banyak.

Jadi, perhatikan buah-buahan yang tepat dikonsumsi saat mengalami diare, ya, Moms.

Baca Juga: Mengenal Diare Persisten, Diare yang Dapat Mengancam Jiwa

2. Mengobati Kudis

Mengobati Kudis.jpg

Foto: pinterest.com

Kudis atau scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau mikroskopik Sarcoptes scabiei. Dikutip dari Harvard Health Publishing, kutu atau tungau kudis proses perkembangbiaknya cukup cepat. Saat seseorang terjangkit kudis, tungau betina akan hamil dan menggali lubang di permukaan kulit untuk bertelur.

Telur-telur itu setelah tiga hingga delapan hari akan menetas dan menyebar ke permukaan kulit dan berkembangbiak. Penderita kudis biasanya merasakan gatal cukup hebat pada fase ini.

Gejala kudis biasanya baru muncul enam minggu setelah terkena tungau. Gejalanya berupa ruam atau bentol seperti jerawat yang terasa sangat gatal di malam hari. Kalau digaruk, ruam dapat berubah menjadi luka infeksi.

Moms dapat mengobati kudis atau gatal-gatal pada kulit dengan menggunakan buah gowok, lho. Caranya mudah, bersihkan daun buah gowok, kemudian haluskan. Lalu, oleskan ke bagian kulit secara merata. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih.

Buah gowok bermanfaat untuk meredakan gejala kudis atau gatal-gatal pada kulit karena memiliki kandungan polifenol di dalamnya. Buah gowok juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga membantu meredakan gejala kudis yang dialami.

Baca Juga: Mengenal Eczema, Penyakit Kulit yang Sering Diderita Balita

3. Mengurangi Mabuk karena Alkohol

Mengurangi Mabuk karena Alkohol.jpg

Foto: tokopedia.com

Ada banyak penyebab seseorang menjadi mabuk, salah satunya karena terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Kondisi ini dapat mengganggu aktivitas apabila rasa mabuk tersebut tidak benar-benar hilang.

Nah, Moms dapat mengonsumsi buah gowok untuk mengurangi rasa mabuk karena alkohol. Caranya mudah, cukup ambil ekstra buah gowok, lalu hancurkan buah gowok dan ambil sari buahnya. Sari buah gowok tersebut yang dapat dikonsumsi untuk menetralkan pengaruh mabuk karena minuman beralkohol.

Sekilas tentang buah gowok, ternyata buah ini memiliki banyak nama lain, lho, Moms. Buah ini juga sering disebut gowak, kupa, dompyong di daerah Jawa, dan kaliasem di daerah Bali. Terlepas dari apa pun nama yang disebutkan, buah gowok dapat menjadi pertimbangan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

4. Menjadi Sumber Karbohidrat

Menjadi Sumber Karbohidrat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari laman Specialty Produce, buah gowok menjadi sumber karbohidrat yang baik dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui, karbohidrat adalah zat gizi utama yang terdapat pada sajian makanan harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Nah, karbohidrat memiliki banyak fungsi untuk memaksimalkan kinerja tubuh, lho. Fungsi utamanya adalah sumber energi dalam tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecah gula dan pati.

Setelah itu, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa. Agar lebih berenergi saat beraktivitas, setiap orang memerlukan glukosa. Fungsi karbohidrat bagi tubuh juga membantu meningkatkan produksi hormon serotonin sebagai zat dalam tubuh yang membuat Moms akan merasa bahagia.

Baca Juga: 9 Makanan Penyebab Asam Lambung yang Harus Dihindari

5. Meredakan Asam Lambung yang Tinggi

Meredakan Asam Lambung yang Tinggi

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang berjuang dengan penyakit asam lambung, bisa dikatakan bahwa sangat sulit menemukan buah yang aman untuk dikonsumsi. Nah, kabar baiknya, Moms dapat makan buah gowok karena berfungsi untuk menstabilkan asam dalam lambung.

Manfaat ini karena buah gowok memiliki sifat antibakteri yang kuat. Selain itu, kalau dilihat dari teksturnya yang tebal, buah gowok mampu membuat rasa kenyang lebih lama, mengenyangkan, serta dapat meredam gas di dalam lambung.

Perlu diperhatikan juga, buah gowok ini termasuk buah-buahan yang kaya serat, lho, Moms. Jadi, cobalah pertimbangkan makan buah gowok saat asam lambung sedang kambuh.

Itulah penjelasan tentang manfaat dari buah gowok untuk kesehatan. Terlepas dari apa pun manfaatnya, buah gowok dapat dimakan mentah atau dicampur dengan gula dan garam. Moms juga dapat mencampurkan buah gowok ke dalam yoghurt atau dijadikan rujak, lho!

Buah gowok dapat bertahan selama beberapa hari pada suhu kamar dan dapat disimpan di lemari es hingga seminggu. Nah, tertarik untuk mencoba buah gowok?

  • https://www.health.harvard.edu/a_to_z/scabies-a-to-z
  • https://specialtyproduce.com/produce/Gowok_Fruit_16663.php
  • https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/diarrhea/symptoms-causes
  • https://www.greeners.co/flora-fauna/buah-gowok-atau-kupa-jajanan-pasar-yang-semakin-terlupakan/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait