Newborn

20 Januari 2018

5 Tips Membuat Bayi Terlelap

Tidur di malam hari tanpa gangguan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Tak heran bila jam tidur Anda sebagai seorang Ibu semakin berkurang setelah kehadiran sang buah hati. Terlebih lagi di malam hari, Anda harus bangun dari tidur lelap untuk mengganti popok, menyusui, dan memenuhi kebutuhannya yang masih sulit dimengerti.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Dana Obleman, pengarang buku The Sleep Sense Program ini memberikan 5 tips membuat si kecil terlelap di malam hari. Simak penjelasan di bawah ini dan selamat mencoba!

        1. Matikan Lampu

Sebaiknya Anda mulai meredupkan atau mematikan lampu satu jam sebelum waktu tidur. Cahaya ruangan yang redup membuat suasana menjadi lebih tenang dan sejuk.

        2. Meminimalisir Dekorasi

Selain menjaga kebersihan kamar, cobalah untuk meminimalisir dekorasi kamar bayi Anda. Lampu tidur, musik, dan akuarium mungkin mampu membawa kedamaian bagi orang dewasa, tetapi tidak untuk bayi. Ruang tidur terbaik untuk bayi adalah ruang gelap yang hening, sama seperti dalam kandungan.

        3. Baringkan di Tempat Tidur

Biasakanlah untuk membaringkan si kecil hingga tertidur. Menggendong, menggoyang, dan menimang sambil berjalan akan menjadi kebiasaan yang dicari oleh bayi, sehingga ketika mereka terbangun di tengah malam akan mencari Anda untuk mengulang kebiasaan sebelum tidurnya.

Cobalah untuk meletakan anak ketika masih terbangun, biarkan ia membuat perjalanan sebelum tidurnya sendiri.

        4. Membuat Rutinitas

Buatlah program 'sleep mode' untuk si kecil. Seperti kegiatan menjelang 45 menit sebelum tidur, mandi sore. Maka ketika sang anak terbiasa, mereka mulai mempersiapkan diri untuk tidur.

        5. Cek Temperatur

Suhu ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas sangat mempengaruhi kenyamanan tidur bayi. Suhu yang paling pas untuk bayi adalah di 18 derajat celcius. Pasanglah pengukur suhu ruangan di kamar tidur anak Anda.

  

(SR)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait