Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Perilaku Bayi | Feb 6, 2018

8 Permainan Indoor untuk Melatih Motorik Bayi

Bagikan


Hujan yang sering turun belakangan ini membatasi kegiatan kita di luar rumah, termasuk mengajak si kecil berjalan-jalan di taman dan menikmati hangatnya matahari. Namun, Moms tetap bisa menikmati quality time bersama si buah hati di weekend ini, kok. Coba saja delapan permainan indoor yang bisa melatih keterampilan motorik bayi ini:

 

1. ‘Studio’ rekaman

Siapkan alat perekam atau gunakan smartphone Moms. Rekam suara apapun yang keluar dari mulut bayi. Bisa ocehannya, tawanya, bahkan tangisannya.

Kemudian, perdengarkan kembali suara rekaman itu padanya. Lakukan kegiatan ini di tempat nyaman dan tidak bising. Kegiatan ini melatih indera pendengaran bayi untuk tanggap pada rangsangan bunyi yang didengar.

2. Aneka sentuhan

Siapkan benda beragam tekstur, mulai yang lembut seperti soft toys, handuk, mainan, hingga sisir bayi. Tidurkan bayi pada posisi nyaman sambil terlentang, lalu pegang telapak tangannya. Sentuhkan berbagai benda yang sudah disiapkan secara bergantian. Perhatikan reaksinya.

Jika ia terlihat nyaman pada sebuah benda, sentuhkan benda itu beberapa kali sambil menyebutkan nama bendanya. Permainan ini membuat bayi belajar mengenal benda di sekitarnya dan mengembangkan kesadaran terhadap benda sekitarnya.

3. Gulang-guling

Siapkan alas tidur nyaman dan empuk, juga sebuah guling. Letakkan handuk arah horizontal di atas alas tempat tidur. Rebahkan bayi tengkurap di atas guling, lalu gerakkan guling ke kanan dan kiri. Lakukan beberapa kali.

Perhatikan reaksi bayi. Jika ia tidak menikmati, hentikan. Coba aktivitas ini di lain waktu. Permainan ini membuat bayi belajar menegakkan tubuh dan melatih otot tubuh bayi untuk duduk tanpa ditopang.

4. Baca buku

Ambil salah satu buku bergambar khusus bayi dari rak buku. Dudukkan bayi di pangkuan dan ajak bayi membolak balik halaman buku. Tunjukkan gambar sambil menyebutkan apa yang ada pada gambar. Biarkan bayi menarik, bahkan mengemut sebagai bentuk ekplorasi pada bukunya.

5. Boks tumpah

Siapkan wadah plastik bermulut lebar dan berbagai mainan. Pastikan mainan aman, tidak terlalu kecil, agar tidak tertelan. Isi wadah plastik dengan bermacam mainan bayi, lalu letakkan di lantai. Ajak bayi duduk di playmat dan biarkan dia menumpahkan seluruh isi wadah plastik.

Bantu bayi mengisi kembali wadah dengan benda yang ditumpahkannya tadi. Permainan ini mengenalkan bayi konsep isi dan kosong, sekaligus mengenalkan bayi bentuk, ukuran, berat, dan ragam benda.

6. Sembunyi di mana?

Siapkan mainan kesayangan bayi dan selimut. Duduklah bersama bayi di lantai dan perlihatkan mainannya. Kemudian sembunyikan mainan itu di selimut. Tanyakan pada bayi, “Mana ya mainannya?” Jika bayi tampak tidak tertarik, bantu dengan menunjukkan bentuk mainan yang ada di balik selimut. Biarkan bayi menemukan mainannya.

Moms juga bisa mengganti mainan kesayangan bayi dengan bermain cilukba dan menyembunyikan wajah Moms dari penglihatan bayi. Permainan ini melatih bayi bertoleransi terhadap kehilangan sementara, dan untuk menumbuhkan rasa aman dalam diri bayi.

7. Gunung bantal

Siapkan beberapa bantal rata dan mainan kesayangan bayi. Tumpuk bantal di alas bermain atau di atas kasur. Letakkan mainan kesayangan bayi di puncak bantal. Letakkan bayi di sisi tumpukan bantal yang paling landai dan biarkan bayi meraih mainannya.

Tetap berjaga di samping tumpukan bantal untuk menangkap bayi saat tubuhnya terlihat akan jatuh. Permainan ini melatih bayi memadukan gerakan tangan dan kaki ketika merangkak di landasan vertikal.

8. Hangat dan dingin

Siapkan stok susu UHT atau yogurt dari lemari pendingin dan teh hangat. Tuang ke dalam wadah dan tutup rapat. Dudukkan bayi di kursi makannya. Biarkan bayi bereksplorasi dengan dua wadah yang berisi minuman panas dan dingin sambil jelaskan perbedaan keduanya. Misalnya, “yogurt dingin ini baru Moms keluarkan dari lemari pendingin, Nak.” atau “teh hangat ini kesukaan nenek. Moms harus memasak airnya dulu agar rasanya enak.”

 

Bermain dengan bayi di dalam rumah ternyata seru juga, ya, Moms? Apalagi permainan bayi indoor di atas bisa melatih motorik bayi. Biasanya kegiatan apa yang Moms lakukan bersama si kecil saat tak bisa bermain di luar karena hujan?

 

(Ega)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.