Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
26 Oktober 2020

23 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami

Atasi rambut rontok tanpa perawatan mahal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Apakah selama ini Moms sudah menggunakan berbagai cara mengatasi rambut rontok namun tetap tidak ada hasilnya? Mungkin Moms belum mencoba perawatan rambut dengan 9 bahan alami ini.

Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bahan - bahan alami ini sudah digunakan sejak berabad - abad yang lalu, lho Moms dan manjur mengatasi rambut rontok. Bahan - bahan alami ini sangat mudah ditemukan dan harganya pun sangat terjangkau.

Baca Juga: 5 Nutrisi Atasi Rambut Rontok

Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

Tak hanya itu, 9 bahan alami ini bisa mengurangi kerontokan rambut dan sekaligus bisa menutrisi akar rambut.

Sebelum mencoba mengatasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami, sebaiknya mulailah memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan produk perawatan rambut yang menutrisi.

1. Bawang + Madu

Bawang ternyata punya kandungan sulfur tinggi yang bisa efektif mengurangi kerontokan rambut. Caranya mudah, cukup campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama dua jam lalu dibilas.

Niscaya jika Moms rajin melakukan perawatan seperti ini, dijamin rambut Moms akan lebih kuat dan tidak mudah rontok.

2. Santan

santan

Foto: Orami Photo Stock

Kelapa memang banyak dimanfaatkan untuk berbagai perawatan kecantikan. Namun sebenarnya bukan hanya minyak kelapa saja, santan kelapa juga ternyata bisa mengurangi rambut rontok. Kandungan proteinnya ternyata efektif merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Sebelum keramas, coba aplikasikan santan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit lalu keramas seperti biasa. Rambut Moms akan terasa lebih halus dan bersinar setelah melakukan perawatan sederhana menggunakan santan.

3. Avokad

Kalau buah yang satu ini pasti sudah biasa dijadikan masker rambut. Avokad yang banyak mengandung protein alami ini memang bagus banget untuk rambut dan kulit kepala.

Membuat masker rambut avokad ini tidak susah kok, Moms. Caranya tinggal hancurkan saja avokad sampai kental. Jika Moms membuat sendiri masker avokad ini di rumah, ada kegunaan lain yang bisa Moms gunakan, yakni sebagai masker wajah juga.

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

4. Jambu Biji

jambu biji

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms, jambu biji ternyata selain enak dan penuh vitamin C ternyata juga bisa mengatasi rambut rontok, lho. Buah yang banyak mengandung vitamin B3, B5 dan B6 ini mampu memperbaiki rambut rusak, membersihkan kulit kepala, dan menghentikan rambut rontok.

Moms bisa membuat masker rambut dari buah jambu dengan cara yang mudah. Caranya hancurkan buah jambu biji sampai menjadi bubur lembut dan tambahkan satu putih telur.

Aduk kedua bahan ini sampai rata lalu langsung aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan 40 menit lalu pijat kulit kepala pelan- pelan, lalu bilas bersih menggunakan sampo.

5. Lidah Buaya

Dari jaman dahulu lidah buaya selalu dipercaya punya manfaat yang baik untuk rambut. Selain dapat membuat rambut lebih kuat, lidah buaya juga dipercaya membantu mengurangi kerontokan rambut.

Menurut Brazilian Journal of Microbiology, lidah buaya membantu meningkatkan sirkulasi darah. Lidah buaya yang dioleskan pada kulit kepala memberikan efek menurunnya kerontokan rambut dan rambut patah.

Setiap sebelum keramas, cobalah mengoleskan lidah buaya ke kulit kepala dan diamkan selama 15 - 20 menit. Cara ini sangat ampuh mencegah kerontokan dan membuat anak rambut tumbuh.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya, Intip Yuk!

6. Teh Hijau

green tea

Foto: Orami Photo Stock

Teh hijau asal Jepang yang memiliki antioksidan tinggi ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Jadi bukan hanya mengurangi rambut rontok, teh hijau ini bisa mengatasi rambut rontok secara efektif. Buat Moms yang malas untuk membuat masker rambut, teh hijau ini bisa menjadi solusinya.

Caranya mudah karena Moms hanya tinggal menyeduh 2 kantong teh hijau dengan air hangat, kemudian langsung bisa diaplikasikan ke batang dan kulit kepala. Diamkan selama satu jam, lalu bilas hingga bersih.

7. Putih Telur

Untuk yang sudah biasa menggunakan masker telur untuk wajah, ini saatnya Moms juga memakai masker telur ini untuk perawatan rambut.

Telur yang banyak mengandung sulfur sangat bagus untuk mengurangi atau mengontrol rambut rontok.

8. Pisang

pisang

Foto: Orami Photo Stock

Rambut rontok plus kusam pasti jadi masalah yang selalu bikin Moms sebal. Namun, tenang dengan satu buah pisang, masalah rambut yang menghantui bakal langsung teratasi. Ya, pisang ternyata juga memiliki vitamin dan kandungan lain yang baik untuk rambut.

Moms dapat membuat masker pisang yang ditambah dengan minyak zaitun, madu, dan susu atau santan. Bahan - bahan alami ini akan membuat rambut lebih kuat dan terlihat lebih bersinar.

9. Yoghurt

Salah satu yang menyebabkan rambut rontok adalah rambut yang kekurang nutrisi dan kering. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan yang memberikan nutrisi lebih untuk rambut.
Yoghurt dari jaman dahulu sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut. Moms hanya tinggal mencampur yoghurt, minyak kelapa, dan madu. Ketiga bahan ini bisa menutrisi rambut dan menjaganya tetap sehat.

Baca Juga: Benarkah Jus Bawang Bombay Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

10. Jus Buah Bit

mengatasi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Buah bit kaya akan vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, ia bertindak sebagai agen detoksifikasi dengan membantu menjaga kebersihan kulit kepala. Mengatasi rambut rontok dengan buah bit, Moms bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

  1. Rebus 7-8 lembar daun bit dan haluskan bersama 5-6 lembar daun henna.
  2. Oleskan pasta ini pada kulit kepala Moms dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

11. Akar Licorice

Ramuan dari akar licorice bisa mencegah rambut rontok dan kerusakan lebih lanjut pada rambut. Bahan ini akan membantu menenangkan kulit kepala dan menghilangkan serpihan / ketombe kering. Cara penggunaannya:

  1. Buat pasta dengan menambahkan satu sendok makan akar licorice bubuk dan seperempat sendok teh kunyit ke dalam satu cangkir susu.
  2. Oleskan ke kulit kepala dan panjang rambut kita dan biarkan semalaman.
  3. Keesokan paginya, cuci rambut.
  4. Ulangi ini dua kali seminggu.

12. Banyak Makan Bayam

bayam bisa mengatasi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan zat besi adalah penyebab utama rambut rontok. Bayam tidak hanya merupakan sumber zat besi yang baik, tetapi juga vitamin A, C, dan protein. Ini juga mengandung sebum yang bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut dan memberi kita asam omega-3, magnesium, kalium dan kalsium. Ini membantu dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut berkilau.

13. Wortel

Dikenal baik untuk kesehatan mata, wortel mengandung vitamin A yang juga meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan gatal. Wortel dikenal dapat menambah ketebalan rambut, membuat rambut berkilau, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat rambut, melindungi rambut dari kerusakan eksternal seperti polusi dan juga membantu mencegah kerusakan rambut dan rambut rontok.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Wajah

14. Konsumsi Oatmeal

oatmeal untuk rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Oatmeal kaya akan serat, seng, besi, asam lemak omega-6 dan asam lemak tak jenuh ganda yang merangsang pertumbuhan rambut dan akan membuat rambut kita tebal dan sehat.

15. Coba Makan Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung biotin, vitamin B (B1, B6 dan B9), vitamin E, banyak protein dan magnesium, yang semuanya memperkuat kutikula rambut dan menyehatkan kulit kepala. Ini membantu melindungi sel kita dari kerusakan DNA yang mungkin disebabkan karena paparan sinar matahari.

16. Makan Kacang-kacangan

mengatasi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Kacang-kacangan adalah sumber protein, zat besi, seng, dan biotin yang bagus. Mereka juga sarat dengan asam folat yang diperlukan untuk memulihkan kesehatan sel darah merah yang memasok oksigen yang sangat dibutuhkan kulit dan kulit kepala.

17. Daging Ayam

Daging tanpa lemak seperti ayam atau kalkun kaya akan protein berkualitas tinggi yang memperkuat rambut rapuh dan mencegah kerusakan.

18. Makan Ubi Jalar

ubi jalar untuk mengurangi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Beta karoten melindungi rambut kering dan kusam serta menstimulasi kelenjar di kulit kepala untuk membuat cairan berminyak yang disebut sebum. Buah dan sayuran berwarna oranye seperti wortel, labu, melon, mangga, dan ubi jalar adalah sumber yang bagus untuk hal ini.

Baca Juga: 6 Sayuran Berwarna Kuning yang Baik Untuk Kesehatan

Tips Mengatasi Rambut Rontok

Meskipun perawatan, sampo, dan pola makan sehat memang berperan dalam menjaga rambut tebal, berkilau, dan kuat, ada beberapa tips juga yang harus Moms perhatikan untuk mengurangi rambut rontok. Apa saja tipsnya? Yuk kita intip.

19. Lakukan Trim secara Rutin

Rambut yang cenderung sering rusak adalah rambut yang letaknya di dekat ujung, dan pemangkasan yang baik setiap enam hingga delapan minggu dapat membantu mengatasi kesengsaraan ini. Rambut yang rusak memiliki tekstur seperti jerami, dan dapat dipotong untuk mendorong pertumbuhan dan menghilangkan ujung yang bercabang.

20. Stres

tipe mengatasi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Stres adalah salah satu akar penyebab banyak masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Itu juga dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut dan menyebabkan uban prematur. Sekali lagi, meditasi dan yoga secara teratur dapat menjadi penghilang stres yang baik untuk Moms.

21. Hindari Mandi Air Panas

Betapapun nyamannya mandi air panas, mandi dengan air ini akan mengeringkan helai rambut (seperti kulit), dan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala, yang menyebabkan rambut kering dan rapuh yang lebih mudah patah. Sebaliknya, mandilah dengan air hangat dan cobalah membilas rambut dengan suhu paling dingin.

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Balita Menggunakan Air Dingin?

22. Jangan Menyisir Rambut Basah

mengatasi rambut rontok

Foto: allure.com

Untaian rambut tidak pernah lebih rapuh dan rentan pecah saat basah. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sisir bergigi jarang atau membiarkannya mengering terlebih dahulu sebelum ditata.

23. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Menarik rambut terlalu kencang dari akarnya akan menyebabkan kerusakan dan karenanya, harus dihindari. Sebaiknya juga tidak mengikat rambut kita dengan kencang saat tidur.

Nah, itu dia Moms beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok dengan bahan-bahan alami dan beberapa tips tambahan yang perlu diperhatikan. Yuk, dicoba Moms!

Artikel Terkait