Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Bayi | Feb 21, 2018

Agar Moms Tak Bingung, Yuk Mengenal Karakter Bayi!

Bagikan


Untuk memberikan apa yang dibutuhkan Si Kecil, hal pertama yang harus Moms lakukan adalah mengenal kepribadiannya dengan baik. Nah, jangan dulu bingung karena mengira kepribadian Si Kecil baru bisa dikenali saat ia sudah lebih besar. Justru sejak bayi, Moms bisa mengenali karakternya dan memberikan stimulasi yang tepat sejak dini untuk buah hati.

1. Si Tak Bisa Diam

Ada bayi yang tampak selalu aktif dan tak kenal lelah. Energinya seakan berlimpah dan tak berujung. Ia juga gemar menjelajah ke mana-mana dan bahkan kerap sulit ditaklukkan walaupun sudah mendekati waktu tidurnya.

Apa yang perlu Moms lakukan?

Pilih mainan yang bisa membuatnya bermain aktif. Moms juga bisa membawanya ke taman bermain yang aman bagi bayi, atau kelas senam bayi untuk mendapatkan stimulasi tepat yang dibutuhkannya.

Jangan lupa, pastikan ruangan di segala penjuru rumah aman bagi bayi. Tutup colokan listrik, pastikan tangga memiliki pintu yang bisa dikunci, simpan barang-barang yang mudah jatuh dan beracun di tempat yang tak bisa digapai Si Kecil yang penasaran. Buatlah rutinitas sebelum tidur dengan meredupkan lampu kamar, memutarkan musik lembut, serta pijat ringan si kecil agar rileks dan mengantuk.

Baca juga: 4 Tips Memilih Tempat Tidur Tepat untuk Melindungi Nyawa Bayi

2. Si Kalem

Nah, yang satu ini justru bertolak belakang dari Si Kecil yang banyak energi. Karakternya sangat tenang, tidak suka keributan, dan cenderung lebih banyak diam.

Apa yang perlu Moms lakukan?

Pastikan si kalem ini mendapatkan banyak kesempatan untuk melakukan aktivitas fisik. Walaupun sepertinya dia senang hanya berbaring tenang sepanjang hari dan tidak terlalu memerlukan kegiatan yang banyak bergerak, biar bagaimanapun kegiatan yang bisa memancingnya lebih aktif sangat disarankan.

Berikan mainan yang mendorongnya untuk bergerak seperti mainan yang bisa didorong, bola, dan ajak ia mengobrol sambil bercanda saat bermain.

Baca juga: Ingin Bayi Tidak Gampang Ngambek? Ajari Sabar dengan Cara Ini

3. Si Sensitif

Bayi ini biasanya tampak lebih mudah rewel daripada bayi-bayi pada umumnya. Ia akan menangis karena kesal jika ada suara berisik yang mengganggunya, atau tidak bisa tidur jika ruangan tidak seperti biasanya.

Baca juga: Yuk Buat Kamar Bayi Hangat dan Nyaman Dengan 6 Dekorasi Ini

Apa yang perlu Moms lakukan?

Dengan bayi yang sensitif, sebaiknya Moms melatih diri untuk lebih peka dalam membaca isyarat dan keadaan sekitar. Kenali apa saja yang membuat dia rewel, dan sebisa mungkin hindari atau cegah agar situasi tersebut tidak terjadi.

Selain itu, ajarkan Si Kecil agar lebih terlatih dalam beradaptasi dengan lingkungan dan hal baru. Bayi yang sensitif sebaiknya diberikan paparan suara, tekstur, lingkungan, dan berbagai hal baru agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal. Jika ia mulai rewel, berikan hal-hal yang bisa membuatnya tenang, misalnya dengan menggendong, menyanyikannya lagu, atau memutarkan lagu kesukaannya.

Dengan lebih mengenal karakter Si Kecil, Moms akan lebih mudah untuk membesarkannya dengan baik!

(ECH)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.