ADVERTISEMENT

2-3 TAHUN
08 Juli 2022

13+ Perlengkapan Sekolah Anak TK-SMA yang Wajib Dimiliki, Catat!

Beda tingkat sekolah maka beda juga kebutuhan perlengkapan sekolahnya
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebentar lagi anak akan masuk sekolah. Moms pasti ikut excited apalagi jika Si Kecil baru masuk playgroup atau TK. Berbagai persiapan tentu sudah Moms lakukan. Tapi, apakah semua perlengkapan sekolah Si Kecil sudah lengkap?

Sebaiknya Moms lakukan pengecekan ulang untuk mengetahui apakah ada barang wajib anak playgroup dan TK sudah lengkap atau belum.

Cek sama-sama yuk Moms. Ini daftarnya!

Perlengkapan Sekolah TK

Foto: shutterstock 212818153

Foto: Orami Photo Stock

Moms dan Dads tak perlu pusing karena di bawah ini ada list perlengkapan sekolah TK untuk Si Kecil:

1. Ransel

ADVERTISEMENT

Saat memilih tas untuk anak Moms sebaiknya memilih tas jenis ransel. Tas jenis ini akan membuat Si Kecil nyaman. Dengan dua tali yang menggantung pada bahu kanan dan kiri, beban barang yang dibawa Si Kecil akan terbagi rata.

Pilih ransel jangan hanya dari tampilannya yang menarik, tapi pastikan juga bahannya ringan dan ruangnya cukup besar untuk menampung barang bawaan Si Kecil.

2. Tempat Makan

Di sekolah, Si Kecil akan punya sesi khusus untuk sarapan dan makan siang. Moms sebaiknya membelikan Si Kecil tempat makan khusus untuk membawa bekal.

ADVERTISEMENT

Pilihlah tempat makan yang punya banyak kompartemen, tidak terlalu besar, tidak bocor, mudah dibuka dan ditutup, serta punya bentuk dan warna menarik.

3. Tempat Minum

Jangan ketinggalan juga botol air minum. Pilih botol air minum yang berukuran sedang. Pilih yang sesuai dengan usianya. Untuk Si Kecil yang masih balita, sebaiknya Moms belikan tempat minum dengan sedotan.

Jika Si Kecil sudah berusia di atas 5 tahun, Moms bisa membelikan tempat minum dengan diameter yang lebih besar. Agar Si Kecil tertarik, Moms juga bisa memilih tempat minum yang desainnya disukai Si Kecil.

Baca Juga: Perlukah Anak Masuk Sekolah PAUD Terlalu Dini?

4. Sandal

Beberapa sekolah meminta muridnya membawa sandal untuk disimpan di sekolah. Kebanyakan sekolah yang memiliki aturan itu punya ruang kelas bersih yang tidak memperkenankan sepatu masuk kelas. Sandal ini biasanya jadi alas kaki anak yang dipakai selama berkegiatan di sekolah.

5. Baju Ganti

Beberapa kegiatan anak di sekolah mungkin akan melibatkan air, cat, dan barang-barang yang berpotensi tumpah lainnya. Karena itu juga, Moms sebaiknya membekali Si Kecil dengan baju ganti. Jadi, jika baju Si Kecil kotor saat berkegiatan, guru di sekolah tidak bingung lagi mencari baru ganti.

6. Alat Tulis

Kebanyakan playgroup dan TK sudah menyediakan alat tulis untuk digunakan oleh murid-muridnya.

Tapi, beberapa lainnya mengharuskan Moms membeli sendiri alat-alat tersebut untuk digunakan saat berkegiatan, seperti krayon, pensil warna, pensil, penggaris, penghapus, rautan, spidol, buku tulis, buku gambar, dan yang lainnya.

Jika Moms harus membeli alat tulis anak sendiri, bertanyalah kepada guru merek alat tulis tertentu yang memang aman dan biasa digunakan di sekolah.

Perlengkapan Sekolah SD

ADVERTISEMENT

Scroll untuk melanjutkan

Foto: anak ke sekolah

Foto: Orami Photo Stock

Berbeda tingkat sekolah tentu berbeda kebutuhannya, berikut ini daftar perlengkapan sekolah SD yang bisa dicek:

7. Alat Tulis

Jenis alat tulis yang dibutuhkan untuk anak SD biasanya mereka sering menggunakan pensil ketimbang bolpoin. Jadi, yang paling umum adalah buku tulis, bolpoin, pensil, penghapus, tipe x serta penggaris.

Kebutuhan penggarisnya lebih lengkap seperti penggaris berbentuk lurus Panjang, dan pendek, penggaris segitiga serta penggaris lingkaran.

8. Kotak Makan

Saat sekolah tatap muka, tentu Moms ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil. Maka, tak jarang Moms juga menyiapkan bekal makanan.

Boks makanan biasanya dibutuhkan untuk menyimpan makanan yang dikhususkan untuk makan siang, karena sarapan biasanya sudah dilakukan saat masih di rumah.

Bisa berupa jenis makanan berat atau hanya cemilan bahkan buah-buahan. Moms dan Dads biasanya lebih merekomendasikan anaknya untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

ADVERTISEMENT

Keunggulan membawa boks makanan sendiri dari rumah adalah menjaga kualitas serta makanan yang lebih higienis bagi Si Kecil.

Baca Juga: Mengenal Sekolah Parenting untuk Orang Tua

Perlengkapan Sekolah SMP

Foto: Sekolah Islamic School

Foto: Orami Photo Stock

Selain buku dan alat tulis lainnya, ada perbedaan besar perlengkapan sekolah SMP dengan SD, yaitu:

ADVERTISEMENT

9. Perlengkapan Tulis

Karena siswa SMP lebih banyak memiliki jumlah mata pelajaran yang komprehensif sehingga kebutuhannya pun beragam seperti penjepit kertas yang dipakai untuk menghimpun beberapa catatan khusus yang tidak dimasukkan ke dalam buku catatan.

Lem dan gunting biasanya perlengkapan sekolah ini dipakai saat membuat kliping atau tugas tertentu yang mengharuskan memotong kertas dan menempelkannya.

Jangka untuk membuat lingkaran biasanya alat ini wajib dimiiliki anak sekolah saat mengikuti pelajaran matematika atau fisika yang mengharuskan untuk membuat lingkaran bulat sempurna.

Sticky note yang biasanya dipakai untuk mencatat hal-hal penting yang ditempel pada dinding, laptop atau kertas.

10. Highlighter atau Stabilo

Highlighter atau sering dikenal sebagai stabile juga jadi perlengkapan sekolah yang tidak kalah penting. Biasanya dipakai untuk menandai bagian pada tulisan yang dianggap penting.

Hal ini karena highlighter biasanya memiliki warna-warna cerah yang menonjol seperti merah muda, kuning, hijau, biru atau orange. Dengan memberi warna pada bagian tulisan, maka diharapkan siswa lebih mudah memahami materi dengan memerhatikan bagian mana saja yang mudah dipahami terlebih dulu.

Perlengkapan Sekolah SMA dan SMK

ADVERTISEMENT

Foto: seragam-sekolah-korea-selatan

Foto: Orami Photo Stock

Moms, perlengkapan sekolah SMA dan SMK juga berbeda karena mata pelajaran yang tentunya lebih rumit:

11. Kalkulator Ilmiah

Kalkulator ilmiah merupakan jenis kalkulator khusus yang dipakai untuk membantu siswa menghitung operasi perhitungan matematika yang lebih rumit.

Fungsi yang disediakan oleh kalkulator ini lebih lengkap dari kalkulator pada umumnya yang hanya bisa menambahkan, mengurangi, mengali dan membagi. Sementara kalkulator ilmiah bisa dipakai untuk menghitung pengakaran, operasi sinus, cosinus dan tangen, dan rumus-rumus matematika lainnya yang hanya dipelajari di tingkat SMP dan SMA.

Sebenarnya ada tiga jenis kalkulator ilmiah. Pertama kalkulator tipe standar yang mana fungsinya lebih standar seperti perhitungan logaritma, trigonometri, pecahan hingga kalkulus.

Kedua, kalkulator pemrograman, jenis ini biasanya dipakai dalam operasi matematika untuk mendukung bahasa pemrograman dalam komputer, meski begitu tidak secanggih komputer. Ketiga kalkulator grafik, jenis ini memiliki fungsi yang bisa menampilkan grafik sehingga kebanyakan ini dipakai untuk operasi matematika berupa statistik.

12. Papan Ujian

Papan ujian juga perlengkapan sekolah yang sangat lumrah pada semua tingkatan, khususnya dari SD hingga SMA. Fungsinya biasa dijadikan sebagai pengalas untuk lembar jawaban sehingga hasil jawaban lebih rapi karena permukaan alasnya lebih rata.

Benda ini dipakai secara terbatas hanya pada periode tertentu khususnya saat minggu-minggu ujian akhir. Selain itu, seiring model ujian akhir yang banyak dilakukan secara online maka penggunaannya juga semakin jarang.

Papan ujian memiliki jenis yang beragam, umumnya terbuat dari kayu tripleks. Hanya saja, bahan ini lebih mudah rusak terutama dimakan rayap atau saat terkena air. Selain itu, papan ujian juga biasanya terbuat dari bahan plastik mika keras dan memiliki daya tahan yang lebih kuat ketimbang jenis kayu.

Fungsinya juga beragam, bukan hanya oleh anak sekolah tapi papan ujian ini banyak dipakai pekerja kantoran hingga pada kuli proyek. Ada juga yang jenisnya mirip papan ujian dari plastik namun dibuat dari akrilik sehingga bentuknya lebih menyerupai sebuah kaca. Penggunaan papan ujian berbahan akrilik bukan hanya mengedepankan kualitas dan ketahanannya saja, melainkan juga estetikanya karena modelnya lebih elegan.

Baca Juga: Ide Menu Bekal Anak Sekolah Sebulan, Mudah Dibuat dan Antiribet, Yuk Coba!

13. Laptop

Laptop menjadi perangkat pembelajaran yang sangat penting di era teknologi seperti saat ini, terutama saat pembelajaran daring tengah menjadi tren. Kendati demikian, penggunaan laptop sebagai pendukung pembelajaran lebih umum dipakai oleh siswa SMP dan SMA karena mereka membutuhkan pola-pola pembelajaran yang lebih beragam dan kompleks.

Meski begitu, memperkenalkan anak yang masih berusia TK dan SD pada perangkat laptop atau komputer tidak kalah penting, Ini untuk membantu mereka lebih cepat mengenali sistem kerja komputer.

Laptop sebagai perlengkapan penunjang pembelajaran bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Laptop bisa dipakai untuk browsing internet, melakukan belajar daring untuk mengoperasikan sistem microsoft seperti microsoft words, excel hingga power point dan sebagainya.

Kelebihan laptop ketimbang belajar dengan alat tulis biasa, ada banyak fungsi yang bisa dilakukan hanya pada satu laptop saja. Seperti menyusun rencana pembelajaran, membuat tulisan panjang tanpa kelelahan mencatat atau khawatir kehabisan tinta, menyisipkan gambar dengan kualitas yang baik, dan fungsi-fungsi lainnya.

14. Printer

Printer atau mesin pencetak juga bukan perlengkapan sekolah yang wajib, ini karena tugasnya masih bisa dilakukan dengan cara mencetaknya di tempat print umum. Kendati demikian, bagi pelajar SMA yang biasanya memiliki catatan pelajaran yang tebal atau buku yang tebal biasanya akan lebih sering untuk mencetak tulisan atau fotocopy bahan pembelajaran.

Karena itu, untuk tujuan menghemat biaya jika bolak-balik ke tempat fotocopy maka ada baiknya untuk memiliki alat ini sendiri. Biasanya hanya perlu bermodal kertas dan juga tinta printer.

Printer berfungsi untuk mencetak atau fotocopy bahan pembelajaran menjadi tampilan yang lebih rapi. Ini karena dengan printer siswa bisa mencetak grafik, gambar, tabel dan sebagainya dengan kualitas dua dimensi yang lebih rapi.

Baca Juga: 7 Jenis Sekolah di Indonesia untuk Si Kecil, Mana yang Jadi Pilihan Moms?

Itulah beberapa perlengkapan sekolah bagi anak jenjang TK hingga SMA. Jangan sampai ada yang terlewat ya Moms!

Sebelumnya

Tak Usah Langsung Khawatir, Simak 13 Penyebab Rambut Rontok pada Anak
Adeline Wahyu • 07 Jul 2022

Selanjutnya

Ini Kelebihan dan Kekurangan Balancing Bike dan Sepeda dengan Roda Bantu, Pilih Mana?
Waritsa Asri • 08 Jul 2022

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

Artikel Terkait
Artikel Pilihan Editor

ADVERTISEMENT