Pasca Melahirkan

27 Februari 2020

Apakah Aman Menghangatkan ASI di dalam Microwave?

Memanaskan sendiri dan menggunakan air panas dengan perantara
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Aman tidak ya menghangatkan ASI dalam microwave? Pertanyaan ini bakal selalu ada dalam benak Moms saat mulai menyusui Si Kecil. Apalagi jika Moms diharuskan untuk memompa ASI dalam setiap waktu. Ditambah lagi, kebutuhan ASI bayi baru lahir memang sangat penting, jadi Moms tentunya berusaha untuk memenuhinya.

Bagi para Moms yang bekerja atau tidak mempunyai waktu untuk menyusui Si Kecil, menyimpan ASI menjadi cara yang tepat untuk memastikan bahwa Si Kecil tidak kehilangan banyak nutrisi penting di masa pertumbuhannya.

Meskipun baik-baik saja dan aman untuk memberikan ASI kepada Si Kecil yang disimpan pada suhu dingin, bayi masih terbiasa minum ASI dengan suhu tubuh langsung dari payudara Moms lho.

Baca Juga: 4 Cara Aman Memanaskan MPASI Ini Bisa Diiikuti di Rumah

Oleh karena itu, menghangatkan ASI sebelum Moms memberikannya kepada Si Kecil merupakan langkah yang seringkali Moms coba.

Lalu, muncul pertanyaan, apakah tidak masalah jika memanaskan atau menghangatkan ASI dengan cara yang sama seperti memanaskan makanan biasa di dalam microwave?

Rupanya, menghangatkan ASI yang sudah dipompa oleh Moms untuk dikonsumsi Si Kecil diperbolehkan lho Moms. Namun dengan sedikit catatan ya! Apa saja? Simak, Moms!

Apa yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Memanaskan ASI

Melansir dari Times of India, menghangatkan ASI juga memberikan Si Kecil beberapa manfaat lho Moms.

Jangan pernah menghangatkan ASI dalam microwave

Menghangatkan ASI bisa mengisi ulang probiotik yang menyehatkan untuk perut kecil mereka. Selain itu ASI yang hangat juga lebih mudah dicerna dan lebih bergizi daripada ASI yang dingin. Karenanya, menghangatkan ASI adalah pilihan yang baik untuk Moms lakukan.

Namun, jika Moms berpikir untuk menghangatkan ASI dalam botol susu dalam microwave, jangan sekali-kali melakukannya ya, Moms.

Menghangatkan ASI dengan menggunakan microwave tidak hanya merusak beberapa nutrisi penting ASI dan merusak komposisinya, tetapi juga dapat membuat "hot spot" dalam ASI, yang dapat menyentuh lidah bayi dan menyebabkan masalah.

Menurut La Leche League International, menghangatkan ASI dalam microwave dapat merusak komponen imunologi yang berharga. Gelombang mikro pada suhu tinggi microwave dapat menyebabkan penurunan sifat anti-infeksi pada ASI. Selain itu, panas yang dihasilkan microwave juga menyebabkan denaturasi dan inaktivasi protein bioaktif susu dan menurunkan kadar lemak, di mana hal ini tidak baik bagi tubuh Si Kecil.

Baca Juga: Agar Tetap Enak, Begini 3 Cara Menghangatkan Nasi Sisa yang Bisa Dicoba

Hal yang sama juga dapat terjadi dengan susu formula!

Iya betul Moms, menghangatkan susu formula dalam microwave sama bahayanya dengan menghangatkan ASI. Oleh karena itu, Moms harus mencoba cara lain yang lebih baik daripada menggunakan microwave.

Masih dalam laman sumber yang sama, ternyata ada cara yang tepat untuk memanaskan ASI lho, Moms. Cara ini dinilai lebih aman dibandingkan dengan memanaskan ASI di dalam microwave.

Moms dapat mencairkannya secara alami dengan membiarkannya cair sendiri, tunggu hingga mencapai suhu kamar, gunakan penghangat botol khusus yang tidak akan membahayakan kandungan dan nutrisi dalam ASI.

Menggunakan panci yang berisi air hangat

Cara lain yang tepat untuk menghangatkan ASI adalah dengan meletakkan botol susu dalam panci berisi air hangat (tidak terlalu panas). Namun, jangan sampai terkena panas langsung ya, Moms.

Setelah dihangatkan, Moms dapat menguji suhu ASI dengan meletakkan sedikit di pergelangan tangan Moms sebelum disusui untuk Si Kecil.

Suhu tubuh dianggap yang terbaik karena tidak membuat nutrisi menjadi buruk atau merusak kualitas probiotik dalam ASI. Di mana ASI yang baik seharusnya terasa hangat dan tidak terlalu panas di tangan.

Baca Juga: Tips Sukses Memberikan ASI Eksklusif Meski Ibu Bekerja

Menyimpannya dalam kantong steril

Saat Moms menyimpan ASI, pastikan juga Moms menyimpannya dalam kantong atau botol menyusui yang sudah disterilkan.

ASI yang disimpan beku dalam freezer akan tetap baik hingga 5 hari. Setelah dihangatkan atau dicairkan, ada baiknya segera berikan pada Si Kecil selama 6-7 jam.

Cukup mudah ya Moms untuk mengahangatkan ASI. Jangan lupa untuk mencoba dengan cara yang benar ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait