2-3 tahun

23 Oktober 2017

Apakah Balita Mama Siap Sekolah? Cek Dulu 4 Tanda Berikut Ini!

Jangan menilai hanya berdasarkan umur, Ma
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Sebenarnya kapan balita siap sekolah, ya? Pertanyaan sederhana ini ternyata banyak membuat orang tua kebingungan, lho, Ma. Apalagi kalau buah hati adalah anak pertama dan orang tua belum punya pengalaman melihat tanda balita siap sekolah sebelumnya.

Akhirnya, banyak orang tua menggunakan patokan umur sebagai tanda balita siap sekolah, dan lupa bahwa tak semua balita memiliki perkembangan otak dan fisik yang sama. Daripada bingung, perhatikan tanda balita siap sekolah berikut ini:

  1. Sudah Bisa Buang Air Sendiri

apakah balita mama siap untuk sekolah cek dulu 5 tanda ini 1

Foto: smababy.co.uk

Ups, balita belum bisa buang air sendiri alias belum potty trained? Sebaiknya tunda dulu memasukkannya ke sekolah, karena tak semua guru mau dan siap menemani muridnya pergi ke WC setiap kali mereka harus buang air. Selain itu, saat ini kebanyakan sekolah mengharapkan muridnya sudah tidak lagi menggunakan popok saat masuk kelas.

Jika nanti mungkin ada 'kecelakaan' kecil yang tak bisa dihindari, para staf dan guru akan tetap menolong kok, Ma. Jadi balita tidak akan merasa ditinggalkan dan dibiarkan kotor, karena semua orang tahu kalau har tersebut wajar.

  1. Dapat Berkonsentrasi

apakah balita mama siap untuk sekolah cek dulu 5 tanda ini 2

Foto: Pinterest

Definisi dapat berkonsentrasi antara orang dewasa dan balita memang berbeda. Kemampuan dan kapasitas otak yang berbeda juga bisa membuat balita sedikit sulit berkonsentrasi, apalagi jika dia menderita gangguan ADHD dan semacamnya.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Untuk itu, tunda dulu memasukkan balita ke sekolah kalau dia belum dapat berkonsentrasi dalam waktu lama. Bila tanda balita siap sekolah ini belum terpenuhi, bisa-bisa nanti buah hati stres dan jatuh sakit akibat dipaksa berkonsentrasi di luar kapasitasnya.

  1. Ekspresif

apakah balita mama siap untuk sekolah cek dulu 5 tanda ini 3

Foto: understood.org

Saat balita berada di dalam kelas, ia harus bisa mengungkapkan pendapat dengan lancar agar staf dan gurunya dapat mengerti. Meskipun begitu, bukan berarti dia harus bisa lancar bertutur kata dengan gamblang. Sebab, komunikasi bisa juga melalui ragam kata, bahasa tubuh, hingga gerak tangan.

Balita yang ekspresif juga akan lebih mudah bersosialisasi dan mengerti apa yang orang lain bicarakan. Mungkin dia tidak akan langsung mengerti pelajaran yang gurunya jelaskan, tapi setidaknya dia akan mengerti dasar pelajaran tersebut.

  1. Independen

apakah balita mama siap untuk sekolah cek dulu 5 tanda ini 4

Foto: KinderCare

Balita berumur 3 hingga 4 tahun memang belum bisa melakukan semuanya sendiri, namun diharapkan mereka sudah mulai masuk dalam proses tersebut. Balita yang sudah mulai berkeinginan melakukan semuanya sendiri berarti sudah memiliki pola pikir yang independen, dan ini menjadi tanda balita siap sekolah.

Independensi atau kemandirian menjadi sangat penting ketika balita mulai sekolah. Sebab, ada banyak aktivitas yang mengharuskan balita belajar serta melakukan berbagai hal dengan kemampuan sendiri.

Selain dari sifat dan kemampuan balita, jangan lupa melihat mental dan daya konsentrasinya juga sebagai tanda balita siap sekolah. Jadi, apa balita kesayangan Mama sudah menunjukkan semua tanda di atas?

(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait