Scroll untuk melanjutkan membaca

GIZI
23 Mei 2022

9 Aplikasi Penghitung Kalori untuk Membantu Moms Sukses Diet, Catat!

Yuk Moms buruan unduh!
9 Aplikasi Penghitung Kalori untuk Membantu Moms Sukses Diet, Catat!

Melacak asupan makanan dan kalori bisa menjadi penting. Apalagi saat ini menghitung kalori pun menjadi sangat mudah karena tersedianya aplikasi penghitung kalori.

Ada cukup banyak aplikasi penghitung kalori yang berguna untuk membantu mencatat asupkan kalori di tubuh Moms. Banyak peneliti yang percaya bahwa orang yang mencatat kalori kehilangan lebih banyak berat badan dan cenderung mempertahankan berat badan dalam jangka panjang.

Bahkan, melansir dari Women’s Health, The National Health Service (NHS) tetap mempertahankan bahwa penghitungan kalori masih merupakan cara keseluruhan yang baik untuk memahami asupan makanan. Tentu saja aplikasi penghitung kalori menjadi alat yang sangat berharga juka Moms mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan berkelanjutan.

Sebagai informasi, kalori adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan jumlah energi dalam makanan kita. Hampir semua makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki jumlah kalori yang berbeda dan beberapa makanan memiliki jumlah kalori yang lebih banyak daripada makanan lainnya.

Sebenarnya cara menghitung kalori juga bukan hal mudah. Itulah sebabnya muncul cukup banyak aplikasi penghitung kalori.

Namun untuk membuatnya semakin mudah, ada baiknya jika Moms mengunduh aplikasi yang tidak hanya sekadar angka. Hal ini bisa membantu menambah wawasan tentang makanan yang akan Moms jadikan bahan bakar.

Kebutuhan asupan kalori setiap orang juga berbeda Moms. Semua tergantung usia, berat badan, gaya hidup dan tingkat aktivitas.

Jika Moms memang berniat untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal, tentunya Moms perlu menghitung defisit kalori. Menghitung jumlah kalori yang Moms butuhkan untuk menurunkan berat badan cukup sederhana.

Moms juga bisa memanfaatkan teknologi aplikasi penghitung kalori untuk membantu Moms mencari tahu kebutuhan kalori Moms setiap hari.

Baca Juga: 14 Makanan Rendah Kalori dan Lemak Tanpa Takut Gemuk

Aplikasi Penghitung Kalori Terbaik

aplikasi penghitung kalori

Foto: aplikasi penghitung kalori (cronometer.com)

Foto: cronometer.com

Yang perlu Moms ketahui terlebih dahulu adalah bahwa tidak ada aplikasi penghitung kalori yang 100% akurat. Tingkat akurasi aplikasi penghitung kalori terbaik hanya sekitar 99%.

Aplikasi penghitung kalori dengan tingkat akurat terbaik hanya dari hitungan yang Moms buat sendiri. Itupun jika Moms mencoba melacak kalori dengan cermat.

Aplikasi penghitung kalori hanya memberikan perkiraan untuk memberikan gambaran kepada Moms tentang berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh Moms dan juga sumber kalorinya.

Berikut adalah tiga aplikasi penghitung kalori terbaik yang bisa Moms gunakan seperti dilansir Women’s Health dan Healthline.

1. MyNetDiary

MyNetDiary memungkinkan Moms memindai barcode makanan untuk menghitung asupan kalori di tempat. Aplikasi penghitung kalori ini mengklaim memiliki lebih dari 988.000 makanan di database mereka.

Ini mengalahkan sebagian besar aplikasi diet lainnya karena memiliki forum komunitas yang memberi Moms kesempatan untuk berbicara dengan sesama pengguna yang ingin berbagi kiat, motivasi, dan ide resep.

Aplikasi penghitung kalori ini cukup sempurna untuk Moms yang kerap bepergian. Aplikasi ini dibanderol dengan harga US$5,47 atau sekitar Rp78.000.

Baca Juga: Ketahui Kebutuhan Kalori Per Hari dan Cara Menghitungnya

2. Cronometer

Aplikasi penghitung kalori ini memungkinkan Moms melacak diet, olahraga, dan berat badan dengan mudah. Karena Cronometer menawarkan ukuran porsi yang tepat dan database latihan yang kuat.

Jika sedang hamil atau menyusui, Moms dapat memilih profil yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan kalori yang lebih tinggi. Moms juga dapat memberi tahu Cronometer jika sedang mengikuti diet tertentu, seperti diet paleo, diet rendah karbohidrat, atau diet vegetarian rendah lemak. Ini mengubah rekomendasi makronutrien.

Cronometer sangat berguna untuk melacak mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Meskipun situs webnya gratis, aplikasi ini dibanderol US$2,99 atau sekitar Rp43.000.

3. PeopleOne Health

PeopleOne Health adalah aplikasi penghitung kalori berfitur lengkap lainnya yang melacak nutrisi, aktivitas, tujuan, dan kemajuan. Bentuknya seperti buku harian makanan yang relatif mudah digunakan.

Jika Moms cenderung sering makan hal yang sama, Moms dapat menempelkan entri itu ke dalam beberapa hari. Setiap hari Moms dapat melihat total kalori, karbohidrat, lemak, dan protein di bagian bawah entri.

Moms juga dapat melihat data sebagai diagram lingkaran. Resep sangat mudah ditambahkan, dan aplikasi dilengkapi dengan pemindai barcode yang memungkinkan Moms untuk mendaftarkan makanan kemasan.

Versi gratisnya memiliki salah satu database makanan dan nutrisi online terbesar. Akan tetapi,  Moms perlu membayar lebih agar dapat mengakses banyak banyak fitur lainnya.

Baca Juga: Diet? Hitung Kalori Telur Dadar dan Ikuti Tips Memasak Rendah Kalori

Aplikasi Penghitung Kalori Gratis

aplikasi penghitung kalori

Foto: aplikasi penghitung kalori (everydayhealth.com)

Foto: everydayhealth.com

Sebagian aplikasi penghitung kalori yang ada memang dapat diunduh secara gratis, meski ada opsi ‘premium’ yang mengharuskan Moms mengeluarkan biaya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran bulanan. 

Berikut adalah tiga aplikasi penghitung kalori gratis yang bisa membantu Moms mengetahui jumlah kalori yang masuk ke tubuh dan jumlah kalori yang terbakar.

4. FitBit

Moms yang mau mulai hidup sehat akan sangat terbantung dengan aplikasi FitBit. Aplikasi ini akan membantu Moms melacak aktivitas sepanjang hari, latihan fisik, hingga menghitung kalori.

Catat kalori dengan mudah menggunakan pemindai kode batang, penaksir kalori, dan basis data makanan yang diperluas hingga lebih dari 350.000 makanan. Moms juga bisa melihat riwayat makan dan dapatkan wawasan nutrisi.

5. Fita

Fita adalah aplikasi mobile yang memberikan pengguna berbagai macam program gaya hidup sehat, konten-konten lokal yang relevan, dan juga ada banyak fitur yang bisa memotivasi untuk mencapai goal hidup lebih sehat. Aplikasi ini juga berhasil meraih Google Play Awards 2021 untuk kategori Best Hidden Gems.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk menghitung kalori dari setiap asupan makanan. Moms bisa menghitung kalori dari makanan atau minuman yang akan dan sudah kamu konsumsi di hari ini. Fita pun mengemas cara perhitungannya dengan mudah dan sederhana.

Cukup masukkan makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi, nantinya akan muncul perhitungan kalori per makanan atau minuman. Bahkan, kamu bisa lho secara spesifik memasukkan jenis makanan yang kamu makan, seperti ketoprak, ayam kecap, cap cay, es kopi susu, dan lainnya.

6. Hitung Kalori

Aplikasi penghitung kalori yang direkomendasikan selanjutnya adalah Hitung Kalori. Aplikasi ini merupakan aplikasi terlengkap untuk melihat daftar kalori makanan dari berbagai makanan yang beredar di Indonesia. Cocok untuk Moms sedang diet dan mengatur pola makan.

Kebutuhan akan makan dan keberagaman makanan akan mempengaruhi keinginan kita untuk makan, dengan Hitung Kalori kita bisa melihat berapa kandungan kalori dalam makanan tersebut dan menyesuaikan dengan diet kita.

Moms bisa mencari daftar kalori makanan berdasarkan nama makanan dan berdasarkan merk/brand pembuat makanan lengkap dengan porsi yang anda makan

Aplikasi ini bisa Moms gunakan secara gratis. Namun, karena aplikasi ini gratis sehingga mengandung iklan.

7. MyFitnessPal

MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi penghitung kalori paling populer saat ini. Aplikasi ini dapat membantu Moms melacak berat badan dan menghitung kalori harian yang direkomendasikan. 

Aplikasi ini juga berisi berisi buku harian makanan yang dirancang dengan baik dan catatan olahraga.

MyFitnessPal akan memberikan gambara jelas kepada Moms tentang berapa banyak kalori yang dikonsumsi sepanjang hari.

Selain itu, ini menunjukkan sisa asupan yang direkomendasikan dan jumlah kalori yang Moms bakar dengan berolahraga. Moms juga bisa memanfaatkan perangkat pelacak kebugaraan, karena aplikasi ini dapat menyinkronkannya untuk memasukkan datanya ke dalam log latihan.

Aplikasi ini melacak kemajuan menuju tujuan Moms dan menawarkan forum obrolan dengan sesama pengguna. Forum termasuk percakapan, resep, tips dan kisah sukses pribadi.

MyFitnessPal memang menawarkan versi gratis. Namun, beberapa fiturnya hanya bisa diakses dalam versi premium, yakni $49,99 per tahun atau sekitar Rp720.000.

Baca Juga: 8 Aplikasi Diet untuk Membantu Menurunkan Berat Badan, Yuk Dicoba!

8. Lose it!

Moms juga bisa menggunakan Lose it! sebagai aplikasi penghitung kalori yang mencakup buku harian makanan dan log olahraga yang mudah digunakan. Selain itu, Moms juga dapat menghubungkan pedometer atau perangkat kebugaran lainnya.

Lose it! memberikan rekomendasi pribadi untuk asupan kalori berdasarkan berat badan, tinggi badan, usia, dan tujuan Moms. Kemudian melacak kalori Moms di beranda.

Ini fitur database makanan yang komprehensif dan ikon yang mewakili setiap entri makanan. Buku harian makanan sederhana dan mudah digunakan. 

Menambahkan makanan baru tidaklah rumit. Lose it! menyajikan perubahan berat pada grafik, menyediakan akses ke komunitas obrolan aktif dan menyimpan total harian dan mingguan.

Tabnya yang disebut "tantangan" memungkinkan Moms untuk berpartisipasi dalam tantangan diet atau membuatnya sendiri. Aplikasi penghitung kalori ini memiliki juga memiliki database makanan lengkap dengan restoran populer, toko kelontong, dan makanan bermerek, yang semuanya diverifikasi oleh tim ahli mereka.

Lose it! Juga memungkinkan Moms mengatur pengingat untuk mencatat makanan dan camilan yang dikonsumsi. Namun, aplikasi penghitung kalori ini memiliki kekurangan untuk mencatat makanan rumahan atau menghitung nilai gizinya. Selain itu aplikasi penghitung kalori ini juga bisa sangat lengkap dan rumit karena dapat digunakan  untuk dinavigasi.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi untuk Diet, Jangan Tunda Turunkan Berat Badan!

9. FatSecret

Aplikasi penghitung kalori gratis lainnya yang bisa Moms gunakan adalah FatSecret. Aplikasi penghitung kalori ini mencangkup buku harian makanan, database nutrisi, resep sehat, log latihan, grafik berat badan dan jurnal.

Moms juga bisa melacak makanan kemasan lewat barcode. Tampolan beranda menunjukkan total asupan kalori, serta pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak yang Moms makan setiap hari.

FatSecret menawarkan tampilan ringkasan bulanan, yang memberikan total kalori yang dikonsumsi setiap hari dan total rata-rata untuk setiap bulan. Fitur ini mungkin nyaman untuk melacak kemajuan Moms secara keseluruhan.

Ini menjadi salah satu aplikasi penghitung kalori yang sangat mudah digunakan. Selain itu, FatSecret menawarkan fitur yang disebut "tantangan", hingga Moms dapat membuat atau

berpartisipasi dalam tantangan diet dalam kelompok tertutup. Moms juga bisa mendapatkan informasi dan tips serta artikel tentang berbagai topik di situs web Fat Secret.

Nah, itulah beberapa aplikasi penghitung kalori yang akan membantu Moms untuk sukses diet. Segera unduh!

  • https://www.healthline.com/nutrition/5-best-calorie-counters#TOC_TITLE_HDR_7
  • https://www.womenshealthmag.com/uk/gym-wear/tech/a705360/best-calorie-counting-app-apps/