Rupa-rupa

RUPA-RUPA
24 Oktober 2020

Sering Memimpikan Kiamat? Ini 7+ Artinya

Memimpikan kiamat bisa berarti merupakan pertanda sedang mengalami perubahan besar dalam hidup
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Pernahkah Moms merasakan mimpi yang luar biasa tentang hari kiamat?

Moms melihat dunia begitu berantakan, menyaksikan bangunan runtuh ke tanah dan menenggelamkan Moms dalam asapnya, dan menerobos kerumunan saat api menjilati tumit.

Tentu saja mimpi merasakan kiamat tersebut memiliki arti apa saja.

Untuk hampir semua sejarah yang tercatat, manusia telah melihat mimpi mereka untuk mendapatkan makna yang lebih dalam.

Di Yunani dan Mesir kuno, mimpi ditafsirkan terkait dengan karena kualitas seseorang, menurut sebuah keterangan di Archive.Org.

Ketika putra Catherine de Medici bermimpi kehilangan permata mahkota, itu ditafsirkan sebagai pertanda bahwa hidupnya dalam bahaya dan disarankan untuk menghindari segala jenis risiko pribadi.

Atau saat Ibu Napoleon Bonaparte bermimpi melahirkan seekor elang saat hamil.

Mimpi kiamat sering dipicu oleh peristiwa kehidupan nyata yang membuat stres.

Jenis peristiwa ini termasuk hal-hal seperti menghadapi tumbuh dewasa, memulai pekerjaan baru, menikah, melalui perceraian, atau bahkan mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang dicintai yang telah meninggal.

Seringkali hal itu menunjukkan peristiwa penting yang dapat mengubah seluruh hidup dan segala sesuatu yang Moms ketahui akan segera berakhir.

Peristiwa ini dikenal sangat menegangkan sehingga masuk akal jika emosi dan perasaan tersebut hadir dalam mimpi, dikutip Journey to Dreams.

Emosi yang dirasakan saat mimpi kiamat seringkali bisa diartikan sebagai manifestasi emosi yang dirasakan dalam kehidupan saat ini. Misalnya, Moms mungkin sedang merasa cemas, takut, sendirian, stres, dan kesal. Untungnya, sebagian besar perubahan ini saat stress adalah bagian alami dari kehidupan.

Arti Mimpi Kiamat

Arti mimpi kiamat dapat berbeda-beda tergantung pada simbol atau peristiwa lain yang terjadi dalam mimpi tersebut. Jadi, apa saja arti mimpi merasakan kiamat itu? Cari tahu di sini!

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 10 Artinya!

1. Terkait dengan Sesuatu yang Ditakutkan

Deirdre Barrett, asisten profesor psikologi di Departemen Psikiatri Harvard mengatakan, ada sedikit keunikan tentang mimpi dan betapa sinematiknya mimpi itu. "Kedengarannya seperti hal yang berada pada tingkat yang dangkal, yang mungkin terkait dengan sesuatu yang Anda tonton," katanya.

Deirdre menambahkan bahwa untuk mendapatkan semua jenis makna dari mimpi, perlu melihat apa yang terjadi dalam hidup seseorang saat mimpi itu. “Aku pernah mendengar apa yang terdengar seperti mimpi kiamat di permukaan, dan untuk satu orang asosiasi dapat menyebabkan betapa takutnya mereka kehilangan pekerjaan saat ini, dan untuk orang lain bisa jadi mereka masih remaja dan takut orang tuanya akan bercerai,” katanya.

Menurutnya, arti mimpi kiamat akan menjadi sebuah metafora untuk beberapa hal yang sangat buruk atau sesuatu yang berakhir. “Tetapi detail dari apa yang terlihat akan terkait kembali dengan berbagai masalah dalam kehidupan setiap orang,” jelasnya.

2. Sebuah Peringatan

7 Arti Mimpi Kiamat -2.jpg

Foto: Journeyintodreams.com

Jika Moms tiba-tiba mimpi merasakan kiamat, artinya ada sebuah peringatan tentang sesuatu hal yang ikut dalam pikuran bawah sadar, dikutip Psychologist World.

Bisa jadai, Moms memiliki masalah-masalah substansial dan material, atau Moms dikelilingi teman atau saudara yang mendekat, menghibur atau menjilat hanya demi menginginkan kekayaan, bukan benar-benar menghibur atau mendekat secara tulus.

Bagi seorang perempuan muda, mimpi kiamat memiliki arti bahwa hal ini akan mendorongnya untuk mengesampingkan perhatian laki-laki yang hanya sambil lalu, dan mementingkan sesuatu yang lebih pantas seperti misalnya karir atau pendidikan.

3. Merasakan Ketidaksiapan

Banyak orang mengalami mimpi kiamat ketika merasa tidak siap saat harus menghadapi suatu situasi, terutama sesuatu yang asing dan belum pernah dirasakan sebelumnya. Moms mungkin takut sesuatu yang akan terjadi di masa depan tidak akan berjalan dengan baik.

Misalnya, mungkin Moms harus melakukan sebuah presentasi di depan banyak orang. Jika Moms merasa tidak nyaman dengan berbicara di depan umum atau takut tidak akan melakukan presentasi dengan baik, kemungkinan besar Moms akan mendapatkan mimpi seperti merasakan kiamat.

Baca Juga: Benarkah Balita Bisa Mimpi Buruk? Ini Dia Fakta dan Penyebabnya!

4. Mengalami Gejolak Emosional

7 Arti Mimpi Kiamat -4.jpg

Foto: Crystalclearintuition.com

Mimpi kiamat bisa berarti sebuah tanda bahwa emosi mendalam yang telah terkubur di alam bawah sadar muncul ke permukaan. Jika memikirkannya, ketakutan terburuk yang dimiliki kebanyakan orang bisa muncul.

Misalnya, saat harus kehilangan orang yang dicintai, kehilangan tempat berlindung dan berjuang untuk bertahan hidup. Ini semua adalah emosi yang muncul saat bermimpi merasakan kiamat.

Emosi ini mungkin muncul karena Moms siap untuk membawa sesuatu yang baru ke dalam realitas, tetapi perlu mengeluarkan energi lain agar energi baru menemukan tempat dalam hidup. Seringkali, jika perubahan dalam realitas ini besar, itu dapat memunculkan banyak emosi yang sangat tertekan.

Mimpi kiamat dapat muncul kapan pun realitas bergeser, menimbulkan ketakutan yang sangat tersembunyi muncul. Namun, meski mimpi ini tampak menakutkan, itu bisa menjadi pertanda baik bahwa waktu yang lebih baik sudah dekat.

5. Merasa Di Luar Kendali

Adalah umum untuk memiliki mimpi tentang kiamat ketika merasa hidup tidak terkendali. Mimpi ini bisa sama stresnya karena Moms tidak tahu apa yang diharapkan. Moms takut akan kelangsungan hidup dan mencoba mempersiapkan diri dan orang yang dicintai sebaik mungkin.

Apa yang dilambangkan oleh mimpi hari kiamat? Mimpi hari kiamat melambangkan ketakutan akan masa depan. Ini sering kali disebabkan oleh ketidakstabilan dalam kehidupan politik, keuangan, atau spiritual.

Arti mimpi kiamat sering kali mencoba membantu untuk memproses stress yang muncul saat merasa di luar kendali. Ada ketakutan bahwa apa pun yang akan silakukan untuk membantu mempersiapkan diri agar sukses, akan hancur dengan apa pun yang dapat terjadi dan tanpa diprediksi.

Baca Juga: Menenangkan Anak yang Mimpi Buruk

6. Membiarkan Sesuatu dari Masa Lalu Menghalangi untuk Terus Maju

7 Arti Mimpi Kiamat -6.jpg

Foto: Meaningzone.com

Alasan umum lainnya saat orang bermimpi tentang kiamat adalah ada sesuatu dari masa lalu yang masih dipegang. Ini biasanya muncul sebagai mimpi pasca-apokaliptik.

Mimpi pasca-apokaliptik adalah saat Moms memimpikan dunia setelah kiamat. Dalam mimpi tersebut Moms selamat dari kiamat dan masih berusaha untuk bertahan hidup di dunia yang tidak lagi diketahui cara kerjanya. Moms tidak lagi merasa aman dan terjamin.

Mimpi ini mewakili sesuatu yang dipegang dari masa lalu yang menghalangi untuk bergerak maju dan memperluas realitas menjadi versi yang lebih baik dari apa yang ada saat ini.

Ada beberapa pertanyaan terkait ini. Misalnya; adakah orang-orang dari masa lalu yang perlu dilepaskan agar dapat melanjutkan hidup? Apakah ada peristiwa traumatis dalam hidup yang perlu diproses dan bebaskan secara emosional?

Ini semua adalah pertanyaan bagus untuk ditanyakan pada diri sendiri jika terus mengalami mimpi pasca-apokaliptik. Mimpi pasca-apokaliptik juga bisa berarti bahwa Moms memegang banyak energi untuk bertahan hidup.

Jika mengalami stress tentang kelangsungan hidup seperti saat baru saja kehilangan pekerjaan, situasi keuangan yang berubah, atau harus pindah ke lokasi baru, ini semua dapat memicu mimpi pasca-apokaliptik.

7. Dikelilingi oleh Banyak Hal Berbau Kiamat

Arti mimpi kiamat lainnya seringkali terkait dengan realitas yang berada di sekitar. Jika Moms menghabiskan waktu untuk memikirkan kiamat, mungkin itu alasan Moms memimpikan kiamat. Penting untuk mengambil langkah mundur dan memperhatikan seberapa banyak informasi negatif dan mengancam yang ditemukan sepanjang hari.

Membaca terlalu banyak media yang membesar-besarkan kejadian yang membuat takut mungkin menjadi alasan dari mimpi yang mengganggu ini. Saat banyak melihat berita tentang pemanasan global, krisis keuangan yang akan datang, ketidakstabilan politik, perang, dan sebagainya bisa menjadi pemicunya.

Mimpi ini mungkin juga merupakan reaksi stress terhadap betapa cepatnya hal-hal berubah di dunia saat ini dan ada bagian dari diri yang merasa tidak dapat mengikutinya. Itu bisa membuat stres.

Jika Moms terus mengalami mimpi kiamat, mungkin ada baiknya untuk melakukan detoks detoks berita 7 hari atau merelaksasi diri seperti melakukan meditasi, pergi ke sauna, mandi, atau apa pun yang membantu mengurangi stress dan kecemasan.

Cara Kiamat Terjadi Dalam Mimpi

Arti Mimpi Kiamat

Foto: Orami Photo Stock

Untuk memahami lebih banyak tentang arti mimpi kiamat, ada beberapa informasi yang menunukkan gambaran bagaimana dunia berakhir. Banyak orang memimpikan dunia yang berakhir dengan api, air, atau alien, dan masing-masing melambangkan emosi tertentu.

Kiamat dalam api adalah jenis mimpi kiamat yang paling umum. Apa yang diwakili api dalam mimpi kiamat? Api adalah elemen yang merepresentasikan energi atau gairah. Jika tidak seimbang, hal itu bisa muncul sebagai kemarahan atau keganasan.

Baca Juga: 29+ Arti Mimpi Gigi Copot, Ternyata Tidak Selalu Buruk

Adakah seseorang atau sesuatu yang membuat Moms marah tetapi tidak memproses kemarahan itu? Mungkin kemarahan pada pekerjaan, pada pasangan, atau situasi hidup yang tidak bahagia. Apa pun itu, mimpi itu bisa memberi tahu bahwa Moms menahan amarah yang mungkin menghalangi perkembangan hidup.

Memimpikan dunia yang berakhir dengan banjir adalah mimpi kiamat umum lainnya. Mewakili apakah dunia yang diakhiri oleh air? Ini bisa mewakili kesehatan emosional. Jika Moms bermimpi kiamat hadir dengan gelombang besar, itu mungkin berarti bahwa Moms mengalami emosi yang begitu meluap-luap sehingga tampak tak tertahankan.

Emosi tersebut bisa berupa kesedihan, depresi, kecemasan, atau emosi lain yang membebani. Hal utama yang harus dicari dalam mimpi ini adalah dengan siapa Moms bersama saat kiamat. Jika bersama keluarga, mungkin emosi yang ada hubungannya dengan itu. Jika bersama pasangan, kemungkinan besar emosi melibatkan Dads.

Jika tidak bisa mengenali dengan siapa saat mimpi kiamat tersebut, ini berarti Moms sedang merasa kewalahan, sehingga tidak mampu mengidentifikasi sumber frustrasi tersebut. Mimpi ini berarti Moms menyalahkan orang lain padahal itu sebenarnya adalah sesuatu di dalam diri sebagai alasannya.

Memimpikan dunia berakhir karena invasi alien dari planet lain juga biasa terjadi, dan menakutkan. Mimpi ini bisa terasa sangat menakutkan karena memunculkan pemicu kelangsungan hidup yang sangat nyata yang harus dicegah jika memungkinkan: merasa terasing.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Melahirkan yang Belum Banyak Diketahui

Mimpi kiamat karena invasi alien bisa berarti sebuah tanda bahwa Moms merasa didorong keluar dari rasa nyaman ke wilayah yang tidak dikenal. Mimpi invasi alien mewakili penolakan, yang membuat Moms merasa patah hati, tidak dicintai dan sendirian.

Renungkan teman, pasangan, keluarga, pekerjaan, dan komunitas. Apakah ada seseorang atau sekelompok orang yang membuat Moms mulai merasa tidak aman? Apakah Moms merasa tidak lagi diterima atau diinginkan oleh orang-orang ini?

Arti lain dari mimpi invasi alien adalah ketakutan akan sesuatu yang asing menyerang tubuh seperti penyakit. Jika Moms terus mengalami mimpi-mimpi ini dan khawatir dengan kondisi kesehatan, mungkin ada baiknya untuk melakukan check up hanya untuk menjernihkan pikiran dan menghilangkan stress berlebih.

Karena beragam alasan yang menjadi arti mimpi merasakan kiamat yang biasanya tidak bagus, ada baiknya Moms untuk sejenak menjernihkan pikiran sebelum tidur.

Artikel Terkait