Rupa-rupa

4 April 2021

16 Arti Mimpi Menikah, Tak Selalu Berhubungan dengan Pasangan

Tidak selalu ingin berkomitmen dengan seseorang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Menikah adalah sebuah momen yang banyak dilalui oleh masyarakat, di mana mereka mengikat komitmen dengan pasangannya seumur hidup. Termasuk Moms yang kini sudah menikah dan mungkin telah memiliki anak.

Bahkan meskipun kita tidak pernah menghabiskan sedetik pun untuk merencanakan pernikahan, adakalanya alam bawah sadar kita mungkin masih penuh dengan mimpi tentang pernikahan, baik itu tentang pengantin, pengantin pria, cincin, gaun, acara makan malam, dan gladi bersih di mana ada banyak orang.

Simbolisme mimpi pernikahan adalah tentang awal, perubahan, dan transisi baru. Tidak semua mimpi pernikahan itu positif dan juga bisa mencerminkan kepahitan, kesedihan, ketakutan, atau bahkan kematian.

Lebih langsung lagi, stres dalam merencanakan pernikahan sering kali dapat mewujudkan impian tentang pernikahan kita.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Anak Meninggal, Tak Perlu Merasa Cemas

Mimpi ini juga dapat mencerminkan kecemasan kita tentang perubahan hidup baru-baru ini, kegembiraan kita tentang masa depan, atau peningkatan penerimaan diri.

Tetapi, baik orang yang sudah menikah atau belum menikah, juga dapat bermimpi tentang pernikahan. Lalu, seperti apa interpretasi atau arti mimpi menikah?

Lauri Loewenberg, analis mimpi, menjelaskan beberapa gambaran tentang mimpi menikah beserta artinya. Berikut ini arti mimpi menikah.

Arti Mimpi Menikah

Penasaran dengan arti mimpi menikah yang sering menghampiri Moms? Yuk cek berbagai artinya di bawah ini.

1. Melambangkan Sebuah Komitmen

arti mimpi menikah-1.jpg

Foto: juliusbaer.com

Memimpikan pernikahan menandakan komitmen, harmoni atau transisi. Moms sedang menjalani fase perkembangan penting dalam hidup. Mimpi itu juga dapat mewakili penyatuan aspek diri yang sebelumnya terpisah atau berlawanan.

Secara khusus, ini adalah penyatuan aspek maskulin atau feminin dari diri kita. Pertimbangkan kualitas dan karakteristik orang yang kita nikahi. Ini adalah kualitas yang perlu Moms pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam diri.

"Pernikahan adalah dua individu yang saling berkomitmen sampai mati. Jadi, jika bermimpi menikah ketika kita tidak merencanakan pernikahan, bisa jadi ada beberapa jenis komitmen lain yang kita jalankan di dalam kehidupan nyata," jelas Loewenberg mengutip Bustle.

Memimpikan lamaran pernikahan menunjukkan bahwa beberapa situasi akan berubah menjadi lebih buruk.

2. Melambangkan Suatu Hal yang Diminati

Mungkin di satu kondisi, Moms pernah bermimpi menikah dengan seseorang yang tidak diminati. Mimpi ini mungkin dirasa aneh, mengingat orang tersebut juga sekadar kerabat, atau bahkan orang lain.

"Alasan umum kita bermimpi menikah dengan seseorang adalah karena kita bergabung dengan mereka dalam sebuah proyek," kata Loewenberg.

Namun, jika belum memiliki komitmen dalam bentuk apapun dengan orang lain, arti mimpi menikah ini juga bisa punya makna yang berbeda.

Menurut Loewenberg, arti mimpi menikah ini mungkin melambangkan sesuatu dari hal apa yang diminati orang tersebut.

3. Bisa Berarti Kurang Berperan Aktif dalam Suatu Hal

arti mimpi menikah-3.jpg

Foto: pinterest.com

"Setiap kali kita adalah pengamat dalam mimpi daripada peserta," kata Loewenberg.

"Itu akan terhubung ke beberapa situasi dalam kehidupan nyata kita di mana tidak mengambil peran aktif. Paling sering, ini tentang masalah yang tidak melibatkan kitatetapi membuat Anda khawatir dan ada dalam pikiran Anda, seperti masalah teman atau anggota keluarga. "

Bermimpi tentang mengamati pernikahan orang lain juga bisa menjadi "cara alam bawah sadar kita menunjukkan bahwa kita tidak mengambil peran yang cukup aktif di suatu area dan bahwa untuk mencapai tujuan tertentu, harus berkomitmen untuk itu."

Baca Juga: 5 Mimpi yang Sering Muncul saat Hamil dan Maknanya

4. Menandakan Bentuk Tekanan yang Dirasakan

Jika seseorang mimpi tentang pernikahan di saat sedang merencanakan pernikahan, bisa jadi merupakan bentuk dari tekanan yang sedang dirasakan kala menyusun acara pernikahan tersebut.

"Mimpi jadi calon pengantin, atau Bridemares, sebenarnya mimpi yang membantu kita saat sedang berhadapan dengan berbagai tekanan karena merencanakan hari besar," kata Loewenberg.

Ada banyak mimpi tentang pernikahan, mungkin mimpi datang terlambat ke pernikahan sendiri, menikah dengan mantan tunangan, mimpi memakai gaun yang salah, dan lain sebagainya.

"Kita dapat menggunakan mimpi-mimpi ini sebagai panduan untuk masalah apa yang ingin pikirkan dan kerjakan saat hari pernikahan yang sebenarnya, bukan dalam mimpi," jelas Loewenberg.

5. Bisa Melambangkan Sosok yang Dibutuhkan

arti mimpi menikah-4.jpg

Foto: rocketlawyer.com

Jika seseorang memiliki hubungan yang berkomitmen, maka mungkin memiliki setidaknya satu mimpi yang melibatkan mengkhianati pasangan sendiri.

Loewenberg memperingatkan bahwa arti mimpi menikah ini tidak boleh diasumsikan bahwa mimpi menikah dengan orang lain artinya memiliki masalah dengan pasangan.

"Jika sudah tahu bahwa tidak puas dengan pernikahan kita, maka mimpi menikahi orang lain dapat melambangkan hal itu," kata Loewenberg.

Tetapi biasanya, pasangan dalam mimpi tersebut sebenarnya melambangkan kualitas yang dibutuhkan untuk berkomitmen pada diri sendiri.

Jika seseorang menikahi sosok yang dikenal, seperti teman, atau bahkan kalangan selebritas, ada saran dari Loewenberg yang bisa diterapkan untuk mencari tahu lebih jauh.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Bertemu Orang Terkenal, Bisa Jadi Tanda untuk Memperbaiki Diri

"Bila menikahi seseorang yang kita kenal, atau mimpi menikah dengan sosok terkenal seperti selebritas maka terapkan trik kecil ini: Apa tiga hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika Anda memikirkan orang ini?" saran Loewenberg.

Dari ketiga hal itu, setidaknya satu hal dari mereka adalah kualitas yang perlu dijadikan komitmen dalam pernikahan sampai kematian memisahkan.

6. Kehidupan Cinta Kita Meningkat

Arti bermimpi pernikahan bisa menjadi pertanda bahwa kehidupan percintaan kamu akan segera membaik.

Jika saat ini Moms sendirian dan menginginkan suatu hubungan, ini bisa menjadi pertanda bahwa cinta sejati akan segera mengetuk pintu kita.

7. Takut Sendirian dan Tidak Menikah

arti mimpi menikah-5.jpg

Foto: independent.co.uk

Seringkali kita memimpikan pernikahan karena secara tidak sadar kita takut akan berakhir sendirian dan tidak menikah.

Mimpi ini bisa menjadi tanda kesepian kita dan keinginan kita untuk akhirnya bertemu dengan seseorang yang akan kita nikahi.

Baca Juga: Tak Selalu Tentang Orang Meninggal, Ini 5 Arti Mimpi Gigi Copot

8. Tidak Puas dengan Pernikahan Kita

Terkadang mimpi tentang pernikahan bisa menjadi pertanda bahwa Moms tidak bahagia dengan kehidupan pernikahan kamu karena suatu alasan.

Mungkin pasangan telah mengabaikan Moms atau sesuatu yang lain telah mengganggu kita, dan mimpi ini mengundang Moms untuk melihat ke dalam dan menemukan alasan untuk merasakan apa yang kita rasakan dan kemudian mencoba untuk menyelesaikannya jika kita bisa.

9. Peluang Baru Menanti

arti mimpi menikah

Foto: Orami Photo Stock

Dalam beberapa kasus, mimpi tentang pernikahan bisa menjadi pertanda beberapa peluang baru yang ada di cakrawala untuk kita.

Jika Moms tidak memikirkan pernikahan saat ini atau kita sudah menikah, mimpi pernikahan bisa berarti persis seperti itu dalam kasus yang ada.

Bersiaplah untuk beberapa perubahan positif dan persiapkan diri kita untuk menangkap peluang yang akan segera menghampiri Moms.

10. Seseorang dari Lingkungan Kita akan Menikah

Penjelasan sederhana dari mimpi tentang pernikahan bisa jadi fakta bahwa seseorang dalam hidup kita sedang mempersiapkan pernikahan, dan kita sering mendengarnya dalam kehidupan nyata kita.

Kita juga bisa memiliki peran dalam upacara pernikahan dan itulah yang membuat subjek pernikahan terjaga di pikiran kita yang menyebabkan mimpi seperti itu.

11. Meragukan Calon Pasangan Adalah Orang yang Tepat

arti mimpi menikah

Foto: Orami Photo Stock

Terkadang dalam mimpi menikah bisa mengungkap beberapa fakta penting tentang calon pasangan hidup kita.

Mungkin Moms bermimpi tentang pernikahan karena kamu tidak yakin bahwa pasangan kamu saat ini adalah bahan pernikahan yang cocok dan khawatir.

Mungkin Moms tidak secara sadar menyadari ketakutan ini, tetapi alam bawah sadar kita mengirimkan mimpi ini untuk mempertimbangkan kembali perasaan kita tentang pasangan saat ini dan bertanya pada diri sendiri apakah siap untuk "mengikat simpul" dengan orang itu. Mungkin kita menemukan jawaban tidak.

Arti Mimpi Menikah dengan Orang yang Salah

Bermimpi tentang menikah dengan seseorang menandakan bahwa kita akan memiliki perilaku buruk akhir-akhir ini dan mungkin membodohi diri sendiri jika kamu terlalu terburu-buru, jadi sebaiknya Moms lebih memperhatikan.

Baca Juga: Baru Saja Menikah? Jangan Lewatkan 3 Tips Ini!

● Jika bermimpi belum menikah tentang menikah dengan seseorang, itu menunjukkan bahwa kita akan memiliki keberuntungan dalam cinta; mungkin menemukan kekasih ideal dan mungkin pada akhirnya menikah.

● Jika sudah menikah mimpi tentang menikah dengan seseorang, itu menandakan bahwa Moms akan mengalami kesialan akhir-akhir ini dan tidak puas dengan pernikahan sekarang karena tidak sebaik yang diharapkan; kita ingin mendapatkan lebih banyak dari pernikahan, tetapi itu tidak berjalan seperti yang diinginkan.

● Jika senior bermimpi tentang menikah dengan seseorang, itu menandakan bahwa keberuntungan akan sangat berubah dalam waktu dekat dan kita perlu memiliki keberanian dan tekad karena tempat tinggal dapat diubah.

Arti Mimpi Menikah dengan Orang yang Tidak Dikenal

menikah dengan orang tidak dikenal

Foto: Orami Photo Stock

Bermimpi tentang menikah melambangkan rasa persatuan sekaligus tindakan yang bertahan lama; itu melambangkan keabadian.

Mimpi pernikahan bisa menjadi tanda perilaku berulang dari jenis pengalaman tertentu yang kit rasa cenderung permanen. Tapi, ada aspek negatif dari mimpi seperti mimpi tentang menikah dengan orang yang tidak dikenal.

Moms mungkin terkadang bermimpi untuk menikah dengan orang yang tidak dikenal. Mimpi pernikahan terkadang mewakili situasi dalam kondisi mental di mana kita secara tidak sadar merasa terjebak.

Saat bermimpi tentang menikah dengan orang yang tidak dikenal, ada kemungkinan kita merasa tidak nyaman dan merasa terjebak dalam masalah yang berkepanjangan.

Ada kemungkinan besar kita tidak memiliki komitmen untuk pertunangan jangka panjang apa pun, baik itu pernikahan itu sendiri atau masalah lain yang begitu berat.

Mimpi pernikahan sering kali berarti bahwa kita menginginkan kehidupan keluarga yang bahagia. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa bertanggung jawab atas hidup dan orang lain yang terkait dengan kita.

Baca Juga: 15+ Arti Mimpi Melahirkan Seorang Bayi, Bisa Jadi Ada yang Iri dengan Moms

Arti Mimpi Menikah dengan Teman

mimpi menikah dengan teman

Foto: littlecarphotography.com

Pernikahan dalam mimpi menunjukkan transisi dalam hidup kita atau awal dari sesuatu yang baru akan terjadi dalam hidup kita. Ini bisa menjadi cerminan kemandirian dan komitmen kita.

Di sisi lain, arti mimpi menikah dengan teman bisa jadi pertanda masalah, khawatir, atau kehilangan uang. Jadi ini adalah mimpi yang penuh dengan hal-hal negatif, dan itulah sebabnya ia membawa serta ketakutan akan kecemasan atas hubungan kita dengan teman-teman.

Arti Mimpi Menikah dengan Mantan Pacar

mimpi menikah dengan mantan pacar

Foto: botanicgardenweddings.com.au

Untuk bermimpi bahwa kita akan menikah dengan mantan pacar, arti mimpi menikah ini menunjukkan bahwa kita telah menerima aspek-aspek dari hubungan itu dan belajar dari kesalahan masa lalu itu.

Atau, itu berarti bahwa hubungan saat ini memiliki kesamaan dengan hubungan kita sebelumnya dengan mantan. Namun, karena menyadari kesamaannya, kita tahu dan tidak membuat kesalahan yang sama.

Untuk bermimpi bahwa kita berada dalam perjodohan menunjukkan bahwa kita merasa dipaksa untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin dilakukan.

Kita merasa tidak memiliki suara atau pilihan dalam suatu situasi. Pertimbangkan bagaimana situasi saat bangun dapat membuat kitamerasa tidak bersuara.

Bermimpi bahwa menikahi seseorang untuk menyelamatkan jiwa mereka mengacu pada pengorbanan yang kita lakukan dalam situasi atau hubungan itu.

Kita selalu memainkan peran sebagai pelindung dalam hubungan dan mencoba melindungi orang lain agar tidak terluka.

Arti Mimpi Menikah Lagi

arti mimpi menikah lagi

Foto: dreamastromeanings.com

Banyak dari tindakan kehidupan sehari-hari kita memicu otak untuk bermimpi tentang berbagai hal. Jika Moms sudah berumah tangga dan bermimpi untuk menikah kembali, hal itu dapat dianalisis dengan berbagai cara.

Kemungkinan terbesar adalah bahwa kita mungkin melihat foto-foto pernikahan yang sebenarnya atau memikirkan tentang kejadian itu, dan itulah mengapa memimpikannya, sesederhana itu.

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 10 Artinya!

Tapi, mungkin ada interpretasi yang sangat berbeda. Jika orang yang kita nikahi dalam mimpi adalah pasangan kita sendiri, maka itu mungkin cerminan dari cinta dan komitmen kita terhadap pasangan.

Atau, mungkin menyoroti bahwa pikiran bawah sadar kita memiliki pertanyaan dan meninjau status hubungan dengan pasangan.

Itu dia Moms, beberapa arti mimpi menikah yang mungkin punya makna sesuai dan cocok dengan kehidupan yang tengah dijalani.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait