Zodiak

ZODIAK
11 November 2020

14 Arti Mimpi Teman Meninggal, Bisa Berupa Emosi Negatif

Mimpi adalah rangkaian gambaran, emosi, pikiran, dan sensasi yang muncul saat kita tidur.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Pernahkah Moms memimpikan seorang teman, tapi dalam mimpi tersebut ia meninggal dunia? Lalu, Moms terbangun dan terngiang-ngiang dengan arti mimpi teman meninggal tersebut.

Banyak ahli psikologi seperti Sigmund Freud, menganut gagasan bahwa mimpi menunjuk pada keinginan yang tidak disadari, sementara yang lain, seperti Calvin S. Hall, menganjurkan pendekatan kognitif di mana mimpi mencerminkan berbagai bagian kehidupan nyata kita.

Mimpi adalah rangkaian gambaran, emosi, pikiran, dan sensasi yang muncul saat kita tidur.

Tidak semua orang mengingat mimpinya, tetapi para peneliti percaya bahwa setiap orang memiliki tiga hingga enam 6 mimpi dalam satu malam dan setiap mimpi berlangsung antara 5 dan 20 menit.

Bahkan orang yang mengingat mimpinya dianggap melupakan 95% mimpinya saat bangun tidur.

Sementara itu, pendapat lain diutarakan oleh psikolog bahwa mimpi terjadi untuk menghapus ingatan tidak menyenangkan yang terjadi pada hari sebelumnya.

Misalnya, ketika Moms memimpikan seorang teman yang meninggal, mungkin otak sedang dalam memproses kenangan buruk tersebut dan menghapusnya lewat mimpi. Lalu, apa yang menjadi arti mimpi teman meninggal?

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Teman Meninggal, Ternyata Tidak Selalu Menyedihkan

Arti Mimpi Teman Meninggal

Meski begitu, tak sedikit yang percaya bahwa mimpi adalah simbol atau pertanda tentang suatu peristiwa yang akan terjadi pada jangka waktu tertentu.

Selain itu, menurut psikolog G. William Domhoff menyatakan bahwa tidak ada fungsi psikologis untuk mimpi seseorang.

Namun, Domhoff juga mengatakan mimpi memiliki makna karena isinya unik, mencerminkan individu dan oleh karena itu menganalisis mimpi seseorang dapat memberikan potret psikologis yang sangat baik dari individu itu.

Apa makna di balik arti mimpi teman meninggal dunia? Berikut penjelasannya mengutip The Cutdan Red Argentina.

1. Perubahan Hubungan Pertemanan

arti mimpi teman meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Mimpi ini bisa jadi mengindikasikan adanya perubahan dengan hubungan antara Moms dengan teman dalam mimpi. Namun, jika hubungan Moms dengannya baik-baik saja, bisa jadi teman dalam mimpi tersebut mewakili diri sendiri.

Bagaimana Moms menyukai 'teman' tersebut? Kualitas apa yang Moms bagikan? Selain itu, hal ini juga bisa berarti depresi atau perlu hiburan hingga datangnya kesulitan yang membuat Moms tidak bahagia.

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 18 Artinya!

2. Kekhawatiran

Mimpi di mana kita menyaksikan teman dekat kita meninggal tentu sangat mengganggu. Salah satu alasan yang menjadi arti mimpi teman meninggal tersebut adalah kepedulian nyata dan kekhawatiran terhadap kebahagiaan teman dalam mimpi tersebut.

Mungkin Moms mengetahui bahwa teman itu sedang lelah, mengalami banyak kesulitan, dan secara tak sadar Moms ikut khawatir dengan kondisi atau hal-hal buruk yang akan menimpanya akibat tekanan kehidupan.

3. Takut Kehilangan Teman

arti mimpi teman meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Terkadang kita bermimpi tentang seorang teman meninggal dunia ketika ada alasan obyektif untuk memiliki harapan seperti itu, seperti ketika mereka sakit parah atau terluka dan tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti apakah mereka akan bertahan atau tidak.

Dalam hal ini, arti mimpi teman meninggal tersebut mencerminkan ketakutan dan kesedihan yang sebenarnya diakibatkan oleh kondisi teman tersebut.

Ini adalah cara alam bawah sadar mencoba untuk terbiasa dengan pikiran bahwa Moms mungkin akan benar-benar kehilangan teman untuk selamanya.

Baca Juga: 29+ Arti Mimpi Gigi Copot, Ternyata Tidak Selalu Buruk

4. Teman Sedang Sakit

Arti mimpi teman meninggal ini Bisa jadi ini pertanda bahwa teman Moms sedang memiliki masalah kesehatan sehingga membuatnya sakit.

Mungkin teman dalam mimpi itu memiliki beberapa gejala dan perlu melakukan beberapa pemeriksaan medis, dan situasi itu membuat Moms merasa tidak nyaman karena Moms takut akan kesejahteraan mereka dan ingin mereka benar-benar sehat.

5. Akhir dari Beberapa Hal

arti mimpi teman meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi teman meninggal juga bisa menginterpretasikan berakhirnya situasi dalam kehidupan orang tersebut. Moms mungkin akan mengalami kerugian yang besar, misalnya berkaitan dengan hubungan pertemanan dan pekerjaan.

Meski begitu, kehilangan teman dalam mimpi juga bisa jadi pertanda awal yang baru hubungan pertemanan kalian.

Baca Juga: Mimpi Melahirkan Bayi Perempuan Atau Laki-Laki, Apa Artinya?

6. Adanya Perubahan

Kematian seseorang adalah perubahan yang tak terhindarkan yang perlu diterima dan disesuaikan oleh orang-orang yang dekat dengan orang tersebut.

Itulah salah satu alasan mengapa kematian dalam mimpi dianggap sebagai pertanda perubahan yang datang ke dalam kehidupan seseorang. Ini juga dapat menjadi arti mimpi teman meninggal.

Ada beberapa perubahan yang hanya dapat diterima oleh orang tersebut sebagai fakta atau hal-hal yang tak bisa dihindari meski mencoba melawannya atau melakukan apa pun untuk menghindari perubahan tersebut.

Ketika situasi seperti itu terjadi dalam hidup Moms, maka hal terbaik untuk dilakukan adalah mencoba beradaptasi dengan mereka secepat dan semudah mungkin.

Perubahan yang ditunjukkan dalam mimpi sudah terjadi atau akan segera terjadi. Meski tidak bisa dihindari, perubahan tidak selamanya buruk dan sulit diterima.

Bisa jadi perubahan ini akan mendorong Moms ke hal-hal yang lebih baik. Misalnya, mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

7. Awal yang Baru

arti mimpi teman meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai mimpi, arti mimpi teman meninggal dunia dalam bukanlah akhir yang membahagiakan. Namun, terkadang akhir yang pahit itu bisa jadi pertanda akan datangnya awal yang baru.

Mengutip Dream Astro Meanings, karena kematian memberi ruang bagi kehidupan baru yang akan datang. Tak hanya Moms yang diprediksi akan mendapatkan awal yang baru, tapi juga berlaku untuk teman dalam mimpi tersebut.

Selain itu, mimpi tersebut juga bisa jadi jawaban atas kesulitan yang akhir-akhir ini Moms rasakan, seperti emosi yang berlebihan hingga perasaan yang hancur dan menyedihkan.

Mimpi ini bisa menjadi pertanda bahwa Moms sekarang bisa bersantai karena hal-hal baru menanti dan penderitaan telah berlalu.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Melahirkan yang Belum Banyak Diketahui

8. Merindukan Teman

Dalam beberapa kasus, arti mimpi teman meninggal dapat menjadi penanda bahwa Moms sedang merindukan kehadirannya. Bisa jadi karena teman tersebut sedang sibuk sehingga tak memiliki banyak waktu untuk bertemu.

Atau Moms sudah tidak lagi mendengar kabar teman tersebut sejak lama. Sehingga alam bawah sadar Moms membuat Moms memimpikan teman tersebut meninggal.

Jika ya, Moms bisa memulai menghubungi teman tersebut dan menanyakan kabarnya. Dengan demikian, Moms akan mengetahui hal-hal apa yang sedang ia lalui, dan apakah ia baik-baik saja?

Selain itu, ini juga bisa jadi pertanda bahwa hubungan pertemanan yang renggang bisa erat lagi.

9. Pengkhianatan

arti mimpi teman meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Mimpi ini juga bisa diartikan sebagai ungkapan emosi yang mendalam atas perilaku teman tersebut kepada Moms.

Memimpikan teman meninggal dapat secara simbolis mewakili perasaan seolah-olah mereka sedang sekarat atau sudah mati, dan itu biasanya terjadi ketika ada emosi kekecewaan dan kebencian yang kuat yang terlibat.

Mungkin, teman tersebut telah membuat kesalahan atau mengkhianati lalu mengecewakan Moms. Bisa juga karena Moms telah menganggapnya seperti saudara ternyata dikejutkan dengan perilakunya yang tak sesuai harapan juga mengejutkan.

Arti mimpi teman meninggal ini sering terjadi ketika orang-orang dikecewakan oleh teman yang dipercaya. Sekaligus sebagai ungkapan bahwa Moms masih marah atas perilakunya dan taak dapat memaafkan atau mentolerirnya.

Baca Juga: Arti Mimpi Seks yang Aneh Selama Kehamilan

10. Pindah ke Tempat Lain

Terkadang arti mimpi teman meninggal dapat disebabkan oleh pengumuman mereka bahwa mereka pindah ke suatu tempat yang jauh.

Kekecewaan karena Moms belum sempat berpamitan atau tidak meluangkan banyak waktu sebelum ia pindah ke tempat lain, dapat menyebabkan terbawa mimpi.

Situasi ketika seseorang yang dekat dengan Moms tiba-tiba meninggalkan Moms karena alasan yang di luar kendali dan memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan Moms.

Sebab, Moms merasa teman tersebut adalah bagian besar dari hidup Moms dan cenderung menghabiskan waktu bersama. Sehingga ketika kabar tersebut disampaikan, maka Moms menjadi kepikiran dan terbawa hingga ke mimpi.

11. Merasa Tertekan oleh Kehadiran Teman

arti mimpi teman meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Terkadang, sosok yang dianggap teman malah membuat diri sendiri merasa tertekan. Inilah adalah salah satu alasan mengapa Moms memimpikan teman meninggal.

Arti mimpi teman meninggal bisa jadi karena Moms tidak menyukai seorang teman akibat sifatnya yang suka mengontrol, mendominasi, dan secara tak langsung ingin membebaskan diri dari belenggu teman toxic tersebut.

Namun, bukan berarti mimpi ini menunjukkan bahwa Moms menginginkan mereka mati, tapi hanya ingin melepaskan diri dari kendali mereka yang membuat Moms tertekan namun tak tahu harus melakukan apa.

Kadang-kadang orang dengan sifat yang mendominasi tidak menyadari dampak yang mereka berikan terhadap orang yang mereka sayangi.

Jika ya, mungkin ini saatnya untuk berbicara dengan teman tersebut mengenai perasaan Moms secara terbuka namun tetap tidak menjatuhkan ya, Moms. Agar ada solusi untuk permasalahan tersebut dan hubungan Moms dengannya berjalan baik.

Baca Juga: Arti 5 Mimpi yang Sering Dialami Ibu Hamil, Moms Perlu Tahu

12. Mengenang Kembali Detik Terakhir dengan Teman

Memimpikan teman meninggal bisa jadi representasi dari ingatan masa lalu tentang tragedi buruk yang dialami oleh Moms dan teman tersebut.

Hal ini sekaligus menjadi refleksi untuk alam bawah sadar kita untuk berusaha menerima dan memahami apa yang telah terjadi. Kondisi ini menjadi arti mimpi teman meninggal lainnya.

Kesedihan mendalam akibat ditinggal oleh sahabat terdekat juga jadi salah satu alasan mengapa Moms memimpikan teman meninggal dunia.

13. Takut Mengalami Hal yang Sama

arti mimpi teman meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Dalam beberapa kasus, seseorang cenderung bermimpi tentang kehilangan teman setelah mengalami kehilangan tragis serupa dari seseorang yang dekat. Mimpi adalah ekspresi keterkejutan yang masih tidak bisa diterima oleh alam bawah sadar.

Arti mimpi teman meninggal ini ada kemungkinan bahwa Moms telah mengembangkan rasa takut akan situasi serupa dan khawatir hal itu berpotensi terjadi pada siapa pun yang kita cintai.

Jika Moms mengalami hal ini, ada baiknya untuk membicarakan hal tersebut kepada seseorang yang Moms percaya dan mencoba keluar dari rasa takut akan kehilangan orang lain.

Begitu pula dengan memahami bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Penting untuk Moms agar selalu melanjutkan hidup dan meninggalkan kenangan pahit di masa lalu.

Baca Juga: Arti Mimpi Bertemu Orang Terkenal

14. Penyesalan

Mimpi tersebut dialami karena Moms merasa bersalah setelah melakukan sesuatu yang buruk terhadap teman.

Bisa jadi Moms melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan dan mengakibatkan kerugian untuk orang lain sehingga Moms diselimuti rasa bersalah.

Arti mimpi teman meninggal ini bisa jadi simbol bahwa Moms merasa sudah terlambat untuk minta maaf atas perbuatan yang Moms lakukan.

Meski begitu, perlu tindakan untuk memperbaiki hubungan pertemanan tersebut, Moms. Misalnya dengan membicarakan dan menjelaskan apa yang terjadi sehingga Moms melakukan hal-hal tersebut.

Lalu, minta maaf dan katakan bahwa Moms menyesali perbuatan itu.

Itulah 14 makna memimpikan teman meninggal. Di antara 14 tafsir mimpi, mana yang menurut Moms paling cocok?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait