Trimester 3

TRIMESTER 3
26 Januari 2020

ASI Keluar saat Hamil, Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Apakah payudara Moms mengeluarkan ASI selama kehamilan? Apakah hal tersebut normal terjadi?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Air susu ibu (ASI) umumnya keluar setelah Si Kecil lahir. Namun, pada sebagian ibu, ASI keluar saat hamil. Menurut National Health Service, asi keluar saat hamil adalah kondisi normal yang umum terjadi.

ASI yang keluar saat hamil berupa susu kental (kolostrum) pertama yang dibuat payudara Moms sebelum memproduksi ASI.

Dilansir dari Babycentre, payudara Moms telah menghasilkan makanan berprotein tinggi, siap untuk kelahiran bayi Anda, sejak sekitar 14 minggu kehamilan.

Sebagian ibu hamil mengalami kebocoran dengan banyak kolostrum, sementara yang lain tidak bocor sama sekali. Bocor tidak akan ada bedanya dengan berapa banyak susu yang Anda hasilkan setelah Si Kecil lahir.

Baca Juga: Nyeri Payudara, Cari Tahu Penyebabnya!

Penyebab ASI Keluar saat Hamil

Ketidakseimbangan Hormon

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun ASI keluar saat hamil adalah hal normal, tapi mungkin Moms penasaran apa yang jadi penyebabnya. Nah, berikut ini ulasan mengenai penyebab ASI keluar saat hamil. Yuk simak Moms!

1. Ketidakseimbangan Hormon Kehamilan

Penyebab pertama ASI keluar saat hamil adalah ketidakseimbangan hormon. Dikutip dari Parents.com, penyebab ibu hamil mengeluarkan ASI adalah karena ketidakseimbangan hormon.

"Selama kehamilan, tubuh Anda melepaskan prolaktin, hormon kunci yang meningkatkan produksi susu," kata Patrick Duff, M.D., seorang dokter kandungan di University of Florida, Gainesville.

Dengan meningkatnya kadar prolaktin, payudara kehamilan Anda siap untuk diisi dengan kolostrum, bentuk awal ASI, sehingga Moms akan siap untuk memberi makan Si Kecil yang baru lahir.

Pada saat yang sama, estrogen yang dibuat oleh plasenta bekerja untuk mencegah sekresi susu, guna menekannya sampai bayi tiba.

"Tapi keseimbangan prolaktin dan estrogen tidak sempurna membuat sedikit ASI bisa keluar karena tidak dapat terhenti,” ujarnya.

2. Payudara Terstimulasi

Payudara yang terstimulasi juga menjadi penyebab ASI keluar saat hamil. Seorang profesor kebidanan dan kandungan di Fakultas Kedokteran Universitas New Mexico Health Science Center, Sharon Phelan, M.D, apabila payudara dan puting terstimulasi, hal ini pun bisa memicu keluarnya ASI.

“Ini dapat terjadi dalam beberapa cara. Payudara yang distimulasi selama pemanasan sebelum berhubungan seks sehingga dapat mengeluarkan beberapa tetes, dan aktivitas di mana puting susu bergesekan dengan pakaian Anda misalnya jalan cepat atau kelas Zumba juga dapat menyebabkan payudara bocor cairan bening," jelasnya.

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Menangani ASI Keluar saat Hamil

Payudara terstimulasi

Foto: Orami Photo Stock

Kemudian, perlukah melakukan penanganan khusus untuk ibu hamil keluarkan ASI tersebut? Jika jumlahnya cukup banyak untuk membasahi baju, Moms perlu melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Gunakan Breast Pad

Jika ASI yang keluar saat hamil mengganggu Moms maka dapat mencoba meletakkan breast pad, untuk menyerap susu. Bantalan payudara tersedia di beberapa apotek dan toko ibu dan bayi.

Gantilah ketika sudah lembab, untuk mencegah puting susu menjadi sakit. Tak lupa, bawa persediaan breast pad dengan Anda bila hendak keluar rumah.

2. Kenakan Baju Berpola

Kenakan atasan berpola yang menyamarkan noda ASI yang keluar saat hamil. Jika Anda keluar untuk hari itu, bawa bra cadangan dan top. Tapi, biasanya bocornya ASI tak lebih dari beberapa tetes sehingga tak perlu ditakutkan oleh Moms.

Baca Juga:Penanganan Mastitis, Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui

Bila Moms khawatir ada baiknya menghubungi dokter jika Anda melihat banyak kebocoran (lebih dari beberapa tetes) atau jika kolostrum berdarah.

Tentunya, ASI yang keluar saat hamil adalah hal normal dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini pertanda bahwa tubuh Moms siap untuk kelahiran Si Kecil.

Artikel Terkait