Eduseries

8 Oktober 2020

BAGIAN 3 | PERAN DADS DI 5 TAHUN PERTAMA SI KECIL

"Secara keseluruhan, kehangatan yang ditunjukkan oleh ayah akan berpengaruh besar bagi kesehatan dan kesejahteraan psikologis anak, dan meminimalkan masalah perilaku pada anak" (Rohner & Veneziano, 2001)
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Moms & Dads, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para psikolog tumbuh kembang anak, keterlibatan Dads dalam pengasuhan memiliki peranan yang sangat penting.


1. MEMBANGUN KARAKTER AKTIF DAN PETUALANG PADA SI KECIL

Ebook-Dad-bagian3_2.jpg

Moms & Dads, ayah memiliki karakter yang lebih enerjik ketika menemani anak bermain. Karakter ini ternyata sangat membantu anak untuk lebih mandiri, berani untuk cari tahu, dan melakukan eksplorasi.

Optimalkan fase ini pada rentang usia anak lahir sampai 2 tahun. Minta bantuan Dads untuk mengganti popok anak, memberikan susu/MPASI anak dan menemani anak bermain.

2. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK

Ebook-Dad-bagian3_3.jpg

Moms & Dads, keterlibatan Dads dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Dalam berkomunikasi sehari-hari, Moms cenderung menggunakan bahasa yang biasa/sudah diketahui anak. Sedangkan, Dads cenderung memperkenalkan kosakata baru.

Moms & Dads dapat optimalkan fase ini pada rentang usia anak 2 tahun hingga 5 tahun.

3. MEMBANTU ANAK UNTUK CERDAS SECARA EMOSI

Ebook-Dad-bagian3_4.jpg

Moms & Dads, seorang ayah yang memberikan respon kalem dan tenang ketika anak mengekspresikan emosinya. Nah, hal ini juga membantu anak lebih tenang dan merasa didengarkan.


Wah, banyak ya dampak baik untuk anak jika seorang ayah terlibat dalam pengasuhan. Pasti Moms and Dads punya cerita kan, yuk bagikan di sini!


Selanjutnya baca BAGIAN 4 | AKTIVITAS MENYENANGKAN UNTUK DADS & ANAK


Kembali ke BAGIAN 2 | PERBEDAAN KARAKTER MOMS & DADS

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait