Pasca Melahirkan

20 April 2021

Bolehkah Duduk Bersila Setelah Operasi Caesar? Ini 4 Pantangannya

Simak jawabannya di sini yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Bagi Moms yang melahirkan lewat operasi caesar, proses bedah tersebut seringkali memberi dampak besar bagi kesehatan mental dan fisik Moms.

Itulah sebabnya, setelah melahirkan dengan metode operasi caesar, ada beberapa hal yang perlu dihindari atau menjadi pantangan.

Pantangannya pun beraneka ragam. Sebut saja mulai dari pantangan untuk tidak mengangkat beban berat, mengejan saat buang air besar, hingga bercinta setelah operasi caesar.

Katanya, Moms disarankan untuk tidak bersila saat duduk. Hal ini tak jarang, membuat Moms merasa ragu bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar?

Namun, sebelum mengetahui beberapa pantangan, termasuk mengetahui jawaban yang benar dari pertanyaan bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar.

Moms juga perlu mengetahui apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh Moms yang baru saja melahirkan, baik secara normal atau secara bedah caesar.

Kecia Gaither, MD, Director of Perinatal Services at NYC Health+ Hospitals-Lincoln in The Bronx, New York, menyatakan bahwa biasanya Moms yang melahirkan melalui proses caesar biasanya perlu waktu setidak enam minggu untuk recovery secara total.

Meski demikian, setiap wanita memiliki waktu yang berbeda-beda untuk pemulihan.

Baca juga: Ingin Segera Hamil? 7 Makanan Ini Bisa Mempercepat Kehamilan

“Setiap pemulihan pasca operasi tidaklah sama. Apalagi Moms sambil mengasuh Si Kecil yang perlu menyusui dan bonding yang kuat. Hargai setiap prosesnya dan cari pertolongan seoptimal mungkin selama Moms masih dalam proses penyembuhan,” jelas Gaither.

Dilansir dari laman Intermountain Healthcare, selain menyesuaikan diri dengan kehadiran Si Kecil, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh Moms yang baru melahirkan lewat proses caesar, yaitu:

  • Jangan hanya memerhatikan Si Kecil. Pergunakan waktu dan luangkan waktu Moms untuk lebih dekat dan mengerti keadaan tubuh Moms sendiri.
  • Jangan pernah ragu untuk beristirahat saat Moms merasa lelah. Proses melahirkan, baik itu secara normal atau caesar, sama-sama membutuhkan tenaga yang sangat besar dari Moms.
  • Lakukan berjalan kaki setiap hari. Jalan kaki membantu tubuh melancarkan peredaran darah dan mencegah konstipasi.
  • Mandilah seperti biasa agar tubuh lebih segar dan bersih.
  • Jika Moms melahirkan dengan cara operasi caesar, gunakan bantal yang diletakkan di atas jahitan caesar saat Moms batuk, bersin, atau tertawa. Hal ini membantu mengurangi rasa nyeri pada jahitan tersebut.
  • Gunakan korset yang membantu menyangga perut untuk sementara waktu. Moms juga bisa menggunakan pembalut wanita yang ditempelkan di atas perban bekas jahitan sebagai bantalan. Bantal ini membantu mencegah pergesekkan kain, celana dalam, atau apapun yang berpotensi membuat area jahitan tidak nyaman.
  • Jangan ragu bertanya kepada ahli laktasi jika Moms bermasalah dalam melakukan proses menyusui Si Kecil.

Baca juga: Tips Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Yuk Simak Moms!

Bolehkah Duduk Bersila Setelah Operasi Caesar?

Banyak orangtua mengatakan agar Moms yang baru saja menjalani operasi caesar dan sedang proses penyembuhan sebaiknya mengatur berbagai posisi tidur, posisi berdiri, hingga posisi duduk. Lalu, bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar?

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kecia, bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar? Sebenarnya apapun posisi yang Moms lakukan, sebaiknya mengedepankan tingkat kenyamanan Moms, terutama di area jahitan.

Posisi bersila seringkali terasa kurang nyaman untuk Moms yang melahirkan dengan partus normal. Hal ini karena jahitan di area vagina.

Seringkali Moms akhirnya duduk “lebih rapat” dengan area paha saling bertemu agar lebih nyaman.

Sedangkan jika Moms melahirkan dengan partus caesar, jahitan di area perut bisa jadi tidak terlalu terganggu dengan posisi duduk bersila.

Bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar? Moms boleh duduk dalam posisi paling nyaman. Namun, apapun posisi duduk Moms, yang penting duduklah dalam posisi tegak.

Jangan duduk dalam posisi bungkuk. Hal ini penting untuk mencegah lelah bekepanjangan di area punggung dan pundak.

Selain bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar, apa saja yang perlu diperhatikan dan dihindari oleh Moms yang baru saja melahirkan lewat proses caesar? Thebump.com menyarankan Moms untuk menghindari beberapa hal ini:

Baca juga: Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

1. Melakukan Aktivitas Berat

pasca melahirkan

Foto: Orami Photo Stock

Setelah bedah caesar, rasa sakit pada area luka pastinya akan “menemani” Moms selama beberapa minggu ke depan setelah operasi.

Selain bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar, setiap dokter yang bertugas di rumah sakit pastinya akan menyarankan Moms untuk tidak melakukan aktivitas berat terlebih dahulu.

Hindari melakukan pekerjaan rumah tangga, mengangkat barang berat, naik tangga, bahkan berolahraga untuk sementara waktu.

2. Jangan Mandi Terlalu Lama

jangan mandi terlalu lama

Foto: Orami Photo Stock

Satu atau dua hari setelah operasi caesar, Moms mungkin dianjurkan untuk tidak mandi. Tujuannya untuk mencegah luka di area perut terkena air sehingga jahitan sulit kering.

Moms disarankan untuk membersihkan tubuh dengan handuk basah yang bersih. Meski demikian, tetap jaga kebersihan area vagina dengan mengganti pembalut selama masa nifas.

Setelah diperbolehkan untuk mandi, jangan mandi terlalu lama, apalagi mandi berendam, ya, Moms! Keringkan area perut dan perban di area luka secara perlahan.

Baca juga: 4 Kegiatan Harian yang Melatih Balita Jadi Lebih Mandiri

3. Hindari Makan Makanan Pedas dan Bergas

Makan Makanan Pedas saat Hamil, Amankah?

Photo: Orami Photo Stock

Pastikan Moms tidak melakukan diet ketat setelah operasi caesar. Menjalani diet yang ketat akan membuat proses pemulihan berlangsung lama karena tubuh menjadi tidak fit.

Selain itu, diet yang terlalu ketat juga akan memengaruhi kualitas ASI untuk Si Kecil.

Kol, brokoli, hingga jahe adalah beberapa makanan yang perlu dihindari karena membuat perut mudah mengeluarkan gas. Kondisi ini memicu perut menjadi nyeri.

Perbanyak serat dengan mengonsumsi serat, buah, dan minum air mineral agar BAB lebih lancar. Jangan mengejan saat BAB karena cara ini dapat membuat kondisi perut tidak nyaman sekaligus memicu jahitan mudah terbuka.

4. Bercinta

Trik-Bercinta-setelah-Melahirkan-Normal.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Bercinta terlalu dini setelah Moms melakukan operasi caesar akan memperlambat proses pemulihan. Tahan lah keinginan Moms dan Dads untuk bercinta setidaknya selama enam minggu.

Itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui seputar pemulihan pasca operasi caesar. Semoga berbagai info di atas dapat membantu menjawab pertanyaan bolehkah duduk bersila setelah operasi caesar, ya , Moms!

  • https://www.thebump.com/a/care-recovery-after-c-section
  • https://intermountainhealthcare.org/blogs/topics/intermountain-moms/2018/03/the-dos-and-donts-of-healing-from-a-csection/
  • https://www.enherts-tr.nhs.uk/content/uploads/2019/10/M-After-Your-C-Section-c-section_infoleaflet2014-1.pdf
  • https://www.healthline.com/health/healthy-sleep/how-to-sleep-after-c-section
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait