Home & Living

21 Mei 2021

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kembang Sepatu Agar Subur dan Cantik

Mengetahui cara menanam dan merawat bunga kembang sepatu agar tumbuh subur dan cantik!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Bunga kembang sepatu memiliki bentuk yang sangat cantik. Warnanya yang merah merekah membuat banyak orang ingin mengadopsi bunga kembang sepatu.

Bunga yang memiliki nama lain hibiscus rosa-sinensis ini sering dijadikan model pembelajaran bagi anak-anak di sekolah. Ya, hal tersebut dikarenakan bunga kembang sepatu memiliki bagian bunga yang sempurna.

Bunga kembang sepatu memiliki 5 kelopak bunga yang saling berhubungan hingga membentuk mahkota. Putik pun terlihat menjulur keluar dari mahkotanya. Bunga ini memiliki tangkai sari dengan bentuk silinder dan serbuk sari yang bertaburan.

Tanaman dari bunga kembang sepatu ini bisa tumbuh setinggi 2 hingga 5 meter dan seringkali dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah.

Nah sebelum mengetahui cara menanamnya, Moms perlu mengetahui bahwa bunga sepatu ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan, lho!

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Hibiscus Sabdariffa L. Tea (Tisane) Lowers Blood Pressure in Prehypertensive and Mildly Hypertensive Adults, bunga kembang sepatu yang dijadihkan teh bisa mengurangi tekanan darah tinggi.

Sementara itu dilansir dari jurnal yang berjudul Blood Pressure and Coronary Heart Disease: A Review of The Evidence, tekanan darah tinggi sering diasosiasikan dengan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung.

Jadi, ketika Moms mengonsumsi teh kembang sepatu, secara tidak langsung Moms mengurangi terkena penyakit jantung.

Lalu, bagaimana sih cara menanam dan merawat tanaman bunga kembang sepatu?

Baca Juga: Mengapa Valentine Identik dengan Bunga Mawar dan Cokelat?

Cara Menanam Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu

Foto: en.wikipedia.org

Menanam memang bukanlah kegiatan yang bisa dibilang mudah. Jika salah dalam merawatnya, tentu tumbuhan takkan hidup dengan sempurna. Hal ini juga berlaku pada kembang sepatu.

Kembang sepatu memang bisa tumbuh secara liar, namun jika Moms memutuskan untuk mencabut bunga kembang sepatu dan memindahkannya ke halaman rumah, hal tersebut sangat berisiko. Kembang sepatu tersebut mungkin tidak bisa tumbuh subur seperti sebelumnya.

Nah, sebaiknya Moms menanam sendiri dari awal agar nantinya bisa mudah dipindahkan.

Saat awal menanam, sebaiknya Moms menumbuhkannya dengan wadah, ya. Moms bisa menggunakan pot untuk mempermudah pemindahannya kelak.

Begini cara menanam kembang sepatu dengan wadah pot!

1. Ketahui Cuaca yang Tepat untuk Menanam

Tahukah Moms kalau bunga kembang sepatu bisa hidup hingga 40 tahun? Ya, tanaman ini adalah jenis tanaman semak yang bisa bertahan lama.

Meski demikian, Moms perlu tahu bahwa bunga kembang sepatu tidak bisa hidup di daerah yang suhunya terlalu dingin. Jadi, Moms perlu memastikan bahwa daerah rumah Moms memiliki suhu 15 hingga 32 derajat Celcius.

Jika di bawah suhu tersebut, bunga kembang sepatu tidak akan bisa tumbuh dengan subur. Jadi, jika Moms tinggal di daerah 4 musim, sebaiknya tidak menanam bunga kembang sepatu di musim dingin, ya!

Baca Juga: 6 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Subur dan Berbunga Indah

2. Persiapkan Media Tanam

Kembang Sepatu

Foto: satuharapan.com

Nah, kita akan membahas cara menanam bunga kembang sepatu dalam pot. Jadi, media tanam yang perlu disiapkan adalah wadah pot yang memiliki campuran tanah dan pupuk rendah fosfor namun tinggi akan kalium.

Kembang sepatu pada dasarnya adalah tanaman yang menyukai tanah asam. Jadi jika pH tanah terlalu basah, maka Moms bisa menambahkan tanah gambut yang berasal dari lumut, ya! Tanah tersebut bisa membuat tanaman menjadi lebih subur dan sehat.

3. Cara Menanam Benih Kembang Sepatu

Langkah yang perlu diperhatikan adalah, Moms perlu melubangi media tanam sedalam 1 hingga 2 cm. Coba masukkan benih kembang sepatu secara perlahan ke dalam lubang lalu tutupi kembali dengan tanah secara tipis-tipis.

Nah, itu dia cara penanaman bunga kembang sepatu yang benar, Moms. Jangan sampai salah karena jika media tanamnya tidak tepat atau tanahnya tidak sesuai, bunga sepatu tidak bisa tumbuh dengan subur.

Membicarakan cara menanam kembang sepatu, rasanya tidak lengkap jika tak mengulas mengenai cara perawatan agar bunga kembang sepatu tumbuh dengan subur dan cantik.

Yuk, simak secara lengkap cara perawatan bunga kembang sepatu di sini!

Cara Merawat Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu

Foto: Orami Photo Stock

Jangan hanya tahu cara menanamnya yang benar ya, Moms. Cara merawat juga sangat penting agar bunga kembang sepatu tumbuh dengan subur.

Jangan sampai Moms salah cara merawatnya dan menyebabkan tanaman yang sudah susah payah dijaga malah tidak berbunga seperti yang semestinya.

Ini langkah yang perlu diperhatikan ketika Moms ingin merawat bunga kembang sepatu.

1. Langkah Penyiraman dan Pemupukan

Langkah awal dalam merawat bunga kembang sepatu adalah Moms harus pastikan tanaman dalam keadaan lembap. Jadi, Moms perlu menyiramnya secara rutin.

Namun perlu diketahui, ketika menyiram, jangan sampai membuat tanahnya basah kuyup, ya. Cukup membuat tanaman dan tanahnya menjadi lembap saja.

Ketika musim panas, Moms perlu memerhatikan sinar matahari. Jika tanah kering dan matahari bersinar dengan terik, hal tersebut bisa membuat tanaman kembang sepatu menjadi mati perlahan-lahan sebelum menginjak usia dewasa.

Nah agar tanaman menjadi sehat dan bernutrisi, Moms bisa berikan pupuk kompos atau NPK secara berkala. Tentu saja hal tersebut bertujuan agar tanaman selalu tumbuh dengan subur.

Baca Juga: Wajib Tahu Nih, Begini Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

2. Trik Agar Bunga Kembang Sepatu Terhindar dari Hama dan Gulma

Kembang Sepatu

Foto: kebunku.co.id

Kita semua tahu bahwa hama adalah musuh dari setiap tanaman. Jika Moms menemukan daun di tanaman bunga sepatu memiliki bintik-bintik atau busuk, segeralah ambil inektisida dan menyemprot bunga kembang sepatu dengan bahan tersebut.

Nah, di sisi lain, jika Moms menemukan banyak rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman kembang sepatu yang Moms rawat, segeralah untuk mencabut rumput liar tersebut.

Agar tidak ada rumput liar yang tumbuh subur di sekitar kembang sepatu, Moms bisa menambahkan lapisan mulsa di permukaan tanaman. Hal tersebut berguna untuk menghambat tumbuhnya rumput liar.

Selain berguna untuk mencegah atau menghambat tumbuhnya rumput liar di sekitar tanaman kembang sepatu, mulsa juga bisa menjaga kelembapan tanah tanaman. Ya, seperti yang kita ketahui, bunga kembang sepatu akan tumbuh subur di tanah yang lembap.

Jadi, mulsa akan sangat penting dalam menjaga dan merawat tanaman kembang sepatu, Moms!

3. Kembang Sepatu Perlu Dipangkas

Pemangkasan pada tanaman kembang sepatu perlu dilakukan agar tanaman bisa terlihat rapi dan tidak seperti semak liar.

Tak hanya itu, pemangkasan yang dilakukan pada ranting dan dahan juga bisa memicu munculnya lebih banyak bunga lho, Moms! Jika Moms menemukan ada bagian tanaman yang rusak ataupun mati, Moms bisa langsung pangkas dan potong bagian tersebut.

Dengan Moms memotong bagian yang mati, hal tersebut bisa memancing tunas baru untuk bermunculan. Dengan begitu lebih banyak bunga yang bisa bermekaran.

Nah, itu tadi Moms cara menanam serta melakukan perawatan terhadap bunga kembang sepatu. Selamat mencoba dan semoga tumbuh subur dan sehat ya, Moms!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16222626/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20018807/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait