Kesehatan

9 Juni 2021

Ingin Cabut Gigi? Simak Kisaran Biayanya, Hingga Proses dan Perawatannya

Cabut gigi merupakan prosedur pencabutan gigi yang dilakukan oleh dokter karena berbagai faktor
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Cabut gigi merupakan prosedur pencabutan gigi yang dilakukan oleh dokter karena berbagai faktor. Misalnya, gigi rusak, gigi berlubang, persiapan sebelum memasang kawat gigi, atau permasalahan kesehatan mulut lainnya.

Keputusan mencabut gigi bukanlah hal sembarangan, dibutuhkan persetujuan dari dokter dan pasien serta pertimbangan yang matang.

Pencabutan gigi dilakukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut dan merupakan prosedur rawat jalan yang relatif cepat dengan anestesi lokal, umum, intravena, atau kombinasi keduanya. Umumnya, proses mencabut gigi dilakukan dengan alat-alat sederhana.

Namun, dalam beberapa kasus, gigi yang patah dan terletak di bawah permukaan atau terkena benturan memerlukan prosedur pembedahan dan pencabutan yang lebih rumit.

Nah, dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai biaya, proses, dan serba-serbi cabut gigi. Yuk simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Baca Juga: Bolehkah Cabut Gigi Saat Hamil? Ini Aturannya!

Biaya Cabut Gigi

Cabut gigi

Foto: Orami Photo Stocks

Biaya pencabutan gigi sangat bervariasi tergantung pada seberapa berat permasalahan gigi pasien dan apakah gigi pasien terkena impaksi.

Pencabutan sederhana biasanya berharga antara Rp150 ribu hingga Rp2 juta per gigi, atau lebih mahal tergantung pada jenis anestesi yang dibutuhkan dan lokasi tempat tinggal.

Tapi, perlu diketahui bahwa biaya untuk mencabut gigi yang terkena benturan jauh lebih. Tempat tinggal juga dapat memengaruhi jumlah biaya atau harga untuk prosedur cabut gigi.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Tahapan Tumbuh Kembang Gigi Anak!

Proses Cabut Gigi

Cabut gigi

Foto: Orami Photo Stocks

Sebelum memulai proses cabut gigi, lebih dulu dokter akan melakukan pemeriksaan dan beberapa persiapan. Berikut ini hal-hal yang akan dilakukan saat prose cabut gigi melansir dari Medical News Today.

1. Rontgen Gigi

Sebelum memulai pencabutan, dokter bedah akan melakukan rontgen gigi pasien. Hal ini akan membantu mereka mengevaluasi kelengkungan dan sudut akar gigi.

Pastikan untuk memberi tahu dokter gigi tentang obat apa yang sedang dikonsumsi seperti vitamin, suplemen, atau obat-obatan lainnya.

Baca Juga: 3 Dampak Gigi Bungsu Tidak Dicabut, Jangan Dianggap Sepele

2. Riwayat Penyakit

Menurut UT Health San Antonio Dentistry, beritahu dokter gigi terkait kondisi dan riwayat penyakit yang Moms miliki.

Sebab, hal ini dapat menentukan kapan sebaiknya dokter mencabut gigi pasien, terlebih jika pasien harus mengonsumsi sejumlah obat sebelum dan setelah pencabutan gigi.

Selain itu, informasikan ke dokter jika Moms memiliki riwayat penyakit berikut ini:

  • Cacat jantung bawaan
  • Diabetes
  • Liver
  • Penyakit tiroid
  • Penyakit ginjal
  • Hipertensi
  • Sendi
  • Katup jantung rusak
  • Penyakit adrenal
  • Sistem kekebalan yang terganggu
  • Riwayat endokarditis bakteri

Selanjutnya, dokter akan memastikan kondisi tubuh dan kesehatan pasien stabil selama sebelum dan sesudah perawatan cabut gigi.

Baca Juga: Serba Serbi Gigi Gingsul, Sebaiknya Dicabut atau Dirawat?

3. Pencabutan Gigi

Setelah itu, dokter akan memberikan anestesi lokal agar area gigi yang akan dicabut mati rasa. Lalu, ahli bedah akan memulai pencabutan. Mereka mungkin mencabut gigi menjadi beberapa bagian.

Jika gigi tersembunyi di bawah jaringan gusi atau tulang, dokter mungkin perlu memotong gusi atau mengangkat area tulang yang menghalangi gigi untuk dicabut.

Selama proses pencabutan, seharusnya Moms tidak merasakan sakit, tetapi justru akan merasakan tekanan pada gigi. Selain itu, Moms juga akan mendengar suara gemeretak dan retak pada tulang atau gigi.

Sebelum memulai pencabutan, dokter bedah akan melakukan rontgen gigi pasien. Pencitraan ini akan membantu mereka mengevaluasi kelengkungan dan sudut akar gigi.

Tapi, jika Moms merasakan sakit yang tak tertahankan, segera beritahu dokter atau ahli bedah untuk memperbanyak suntikan anestesi. Setelah pencabutan, jahitan atau prosedur tambahan untuk mengontrol perdarahan mungkin diperlukan.

Dokter gigi atau ahli bedah akan menempatkan lapisan kasa tebal di atas tempat pencabutan dan meminta Moms tersebut menggigitnya untuk menyerap darah dan memulai proses pembekuan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Balita Rewel Karena Tumbuh Gigi

4. Pemberian Antibiotik

Kemudian, dokter akan memberikan resep antibiotik pada hari-hari menjelang cabut gigi apabila Moms mengalami beberapa kondisi di bawah ini melansir dari British Medical Journal:

  • Operasi berlangsung lama
  • Mengalami infeksi atau sistem kekebalan yang lemah
  • Memiliki kondisi medis tertentu

Baca Juga: Tips Merawat Gigi Susu Bayi

5. Hal-hal yang Penting Diingat

Ada sejumlah hal yang penting untuk diingat dan diketahui selama proses pencabutan gigi agar prosedur berjalan lancar dan baik, yakni:

  • Jika Moms akan diberikan suntikan anestesi intravena (IV), kenakan kemeja lengan pendek atau pakaian longgar.
  • Jangan makan atau minum selama enam hingga delapan jam sebelum prosedur
  • Jangan merokok
  • Beri tahu dokter gigi jika Moms terserang flu karena kemungkinan pencabutan gigi akan dijadwalkan ulang
  • Beri tahu dokter gigi jika Moms mengalami mual atau muntah pada malam sebelum cabut gigi.

Baca Juga: Sakit Gigi saat Hamil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Serba-serbi Perawatan Setelah Cabut Gigi

Cabut gigi

Foto: Orami Photo Stocks

Setelah cabut gigi, Moms akan merasakan nyeri atau kesakitan selama beberapa hari. Untuk itu, Moms harus melakukan perawatan setelah cabut gigi untuk mempercepat penyembuhan dan menghilangkan rasa nyeri.

Berikut ini serba serbi perawatan usai cabut gigi.

1. Mengganti Kasa Gigi

Setelah pencabutan, dokter gigi atau ahli bedah akan meletakkan kain kasa tebal di atas area yang menggigit kain kasa dengan tekanan yang kuat dan konsisten akan membantu mengontrol perdarahan.

Kain kasa harus tetap terpasang setidaknya selama 20–30 menit. Moms perlu mengganti kain kasa setiap kali basah atau sudah penuh dengan darah.

Pendarahan kemungkinan akan berlanjut selama 1-2 hari setelah pencabutan gigi.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Manfaat Siwak, Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

2. Kontrol Rasa Nyeri

Mati rasa akibat anestesi lokal hanya berlangsung selama beberapa jam setelah pencabutan. Hubungi dokter gigi jika mati rasa terus berlanjut.

Dokter gigi mungkin meresepkan obat untuk meredakan nyeri dan peradangan setelah prosedur. Namun, biasanya, obat-obatan yang dijual bebas seperti asetaminofen atau ibuprofen sudah cukup untuk mengendalikan rasa sakit setelah pencabutan.

3. Mengontrol Pembengkakan

Moms mungkin juga akan mengalami pembengkakan wajah ringan di area pencabutan, dan hal ini normal. Kompres es ke wajah dapat membantu meringankan pembengkakan.

Baca Juga: 11 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh, Ampuh Banget!

4. Hal-hal yang Dihindari

Setelah pencabutan, hindari hal-hal berikut ini agar tidak mengiritasi area yang dicabut dan memperlambat penyembuhan menurut British Dental Journal.

  • Mengisap area ekstraksi
  • Menyentuhnya dengan lidah
  • Menggunakan sedotan
  • Meludah
  • Makan makanan padat - terutama yang renyah -
  • Kumur-kumur terlalu keras
  • Minum minuman beralkohol atau menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol
  • Merokok
  • Hati-hati saat makan

Sebaiknya, setelah pencabutan gigi, minum banyak cairan dan makan makanan yang lembut dan bergizi. Setelah dirasa nyaman untuk mengunyah, maka mulailah makan makanan padat secara perlahan.

Gunakan sisi gigi yang tidak sakit hingga proses penyembuhan selesai.

Baca Juga: Perlu Dicoba, 7 Obat Alami untuk Meredakan Sakit Gigi Berlubang

5. Sikat dan Bersihkan Gigi dengan Benang

Menyikat dan membersihkan gigi dengan benang seperti biasa usai proses cabut gigi, tapi hati-hati agar tidak mengganggu pembekuan darah pada bagian yang dicabut.

Selain itu, setelah pencabutan, seringlah membilas mulut dengan air hangat beberapa jam sekali dengan campuran 1 sdt garam dalam 1 cangkir air.

Itulah hal-hal yang perlu Moms ketahui sebelum mencabut gigi. Mulai dari harga, proses hingga perawatan setelah cabut gigi.

  • https://www.webmd.com/oral-health/guide/pulling-a-tooth-tooth-extraction
  • https://www.healthline.com/health/tooth-extraction#procedure
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/327170#aftercare
  • https://www.bmj.com/content/357/bmj.j1217
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24762895/
  • https://www.uthscsa.edu/patient-care/dental/services/extraction-abscess-tooth-decay
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait