Rupa-rupa

4 Juni 2021

Cara Bermain Sudoku dengan Anak, Bisa Melatih Konsentrasi dan Menghilangkan Stres!

Melatih perkembangan otak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Permainan sudoku seringkali dianggap rumit. Padahal jika Moms sudah mengetahu cara bermain sudoku dengan benar, akan merasakan keseruannya.

Sudoku adalah teka-teki berbasis logika. Permainan ini memiliki desain yang sederhana dan aturan yang mudah, sehingga menjadikannya salah satu game puzzle paling populer.

Cara bermain sudoku tidak hanya dipraktikkan untuk orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Maka dari itu, sudoku bisa menjadi permainan yang tepat menghabiskan waktu bersama anak.

Melansir Journal of Education and Training Studies, anak-anak yang bermain sudoku terbukti memiliki nilai di sekolah yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak bermain sudoku.

Hal ini karena sudoku berpartisipasi dalam tantangan pemecahan masalah sehingga membantu anak-anak unggul dalam pelajaran matematika, logika, dan keterampilan berpikir kritis.

Teka-teki tersedia dalam beberapa tingkat kesulitan sehingga anak-anak dapat memainkan permainan peregangan otak ini.

Sudoku bisa dimainkan manual dengan menggunakan kertas, ataupun aplikasi di gadget.

Nah Moms agar bermain sudoku lebih seru dan mendapatkan manfaatnya, Moms harus mengetahui cara bermain sudoku.

Yuk simak penjelasan cara bermain sudoku di bawah ini.

Baca Juga: Rachel Vennya Sedang Menyiapkan Ruang Bermain untuk Anaknya, Ini 6 Tips Berguna untuk Menata Ruang Bermain Anak

Manfaat Bermain Sudoku

manfaat sudoku.jpg

Foto: dreamstime.com

Moms sebelum mengetahui cara bermain sudoku, tak ada salahnya untuk mengetahui manfaat bermain sudoku.

Tak banyak orang tahu bahwa bermain sudoku berperan penting dalam perkembangan otak, emosional, dan meningkatkan strategi anak.

Berikut ini manfaat bermain sudoku.

1. Meningkatkan Konsentrasi

Moms hampir tidak mungkin memainkan sudoku sambil melakukan aktivitas lain secara bersamaan. Hal ini karena sudoku membutuhkan konsentrasi 100 persen, dengan gangguan pikiran apa pun yang memaksa Moms untuk memulai kembali analisis.

Nah dengan begitu bermain sudoku dapat melatih sekaligus meningkatkan konsentrasi.

2. Membantu Tubuh Rileks

Stres dan kecemasan bisa menggangu hidup. Namun, kedua masalah ini dapat dipecahkan dengan teka-teki angka sederhana.

Sudoku adalah gangguan yang disambut baik karena menuntut konsentrasi penuh. Dengan cara ini, pikiran Moms akan sangat terfokus dan mengalihkan sumber stres dan kecemasan.

3. Meningkatkan Keterampikan Pemecah Masalah

Teka-teki merupakan masalah yang menuntut Moms untuk menemukan jawabannya dalam waktu yang terbatas. Moms perlu terlibat dalam pemikiran logis dan menerapkan trial and error untuk menemukan solusi yang paling relevan.

Proses-proses ini secara tidak sadar akan membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.

Baca Juga: Bukan Hanya Hiburan, Ini 5 Manfaat Bermain Cilukba bersama Bayi

4. Melatih Persaingan Sehat

Sudoku bisa menjadi sumber persaingan sehat melawan diri sendiri. Sebagian besar aplikasi dilengkapi dengan pengatur waktu dan pelacak kemajuan untuk mengukur kinerja di akhir setiap teka-teki.

Keterampilan Sudoku menjadi lebih tajam dengan setiap tantangan, secara bertahap mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk setiap permainan. Seiring waktu, Moms dapat menggunakan pengatur waktu sebagai motivator untuk lebih meningkatkan keterampilan.

5. Meningkatkan Memori

Setelah mulai memecahkan teka-teki Sudoku, Moms akan menyadari bahwa perlu mencatat semua angka agar tidak kehilangan fokus. Moms mungkin juga perlu merujuk ke tutorial atau sering menggunakan petunjuk.

Saat Moms memecahkan lebih banyak teka-teki, akan cenderung menjatuhkan catatan ini karena otak secara alami menyimpan informasi.

Ditambah lagi, Moms akan mengingat strategi rumit tanpa mengacu pada tutorial atau meminta petunjuk. Pola dari pengalaman sebelumnya akan diingat dan akan menemukan diri Moms mencari peluang untuk menerapkannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain di Depan Kaca untuk Bayi dan Emosinya

Cara Bermain Sudoku

sudoku.jpg

Foto: mommynmore.com

Sudoku sama halnya dengan permainan lainnya, yaitu memiliki strategi dan aturan dalam bermain. Moms dan Si Kecil bisa menikmati mainan ini jika mengetahui cara bermain sudoku yang benar.

Berikut ini cara bermain sudoku yang benar:

1. Gunakan Angka 1-9

Umumnya sudoku dimainkan pada kotak berukuran 9 x 9. Di dalam baris dan kolom ada 9 "kotak" (terdiri dari 3 x 3 spasi).

Setiap baris, kolom, dan persegi perlu diisi dengan angka 1-9, tanpa mengulang angka apa pun di dalam baris, kolom, atau persegi.

Setiap kisi sudoku hadir dengan beberapa ruang yang sudah terisi, semakin banyak ruang yang terisi, semakin mudah permainannya dan semakin sulit teka-teki sudoku, makan sangat sedikit ruang yang sudah terisi.

2. Jangan Ulangi Angka Apapun

Cara bermain sudoku selanjutnya adalah jangan mengulangi angka yang sudah ditulis.

Jika di kotak kiri atas sudah memiliki 7 dari 9 tempat yang diisi. Satu-satunya angka yang hilang dari kotak adalah 5 dan 6.

Dengan melihat nomor mana yang hilang dari setiap kotak , baris, atau kolom, Moms dapat menggunakan proses eliminasi dan penalaran deduktif untuk memutuskan angka mana yang perlu dimasukkan di setiap ruang kosong.

Misalnya, di kotak kiri atas, Moms tahu bahwa kita perlu menambahkan 5 dan 6 untuk menyelesaikan persegi, tetapi berdasarkan baris dan kotak di dekatnya, kita tidak dapat dengan jelas menyimpulkan angka mana yang akan ditambahkan di ruang mana.

Hal ini berarti bahwa kita harus mengabaikan kotak kiri atas untuk saat ini, dan mencoba mengisi ruang di beberapa area lainnya sebagai gantinya.

Baca Juga: Jika Anak Rebutan Mainan dengan Teman, Lakukan 7 Tindakan Ini!

3. Jangan Menebak

Sudoku adalah permainan logika dan penalaran, jadi Moms tidak perlu menebak-nebak.

Jika Moms tidak tahu nomor apa yang harus dimasukkan ke dalam ruang tertentu, terus memindai area lain sampai Moms melihat kesempatan untuk menempatkan nomor.

Tetapi, jangan mencoba untuk memaksa memasukkan nomor ya. Permainan sudoku membutuhkan kesabaran, wawasan, dan pengenalan pola, bukan keberuntungan atau tebakan asal.

4. Gunakan Proses Eliminasi

Salah satu cara untuk mengetahui nomor mana yang dapat masuk ke setiap ruang adalah dengan menggunakan "proses eliminasi" dengan memeriksa untuk melihat nomor lain mana yang sudah termasuk dalam setiap kotak.

Hal ini karena tidak ada duplikasi angka 1-9 dalam setiap kotak.

Aturan Sudoku relatif tidak rumit, tetapi permainan ini sangat bervariasi, dengan jutaan kemungkinan kombinasi angka dan berbagai tingkat kesulitan.

Namun, itu semua berdasarkan prinsip sederhana menggunakan angka 1-9, mengisi ruang kosong berdasarkan penalaran deduktif, dan tidak pernah mengulangi angka apapun dalam setiap kotak, baris atau kolom.

Nah itu dia Moms cara bermain sudoku, gampang bukan? Selamat mencoba ya!

  • https://www.dailymail.co.uk/health/article-2713863/How-Sudoku-boost-child-s-brain-power-Puzzles-improve-memory-doing-crosswords-helps-verbal-fluency.html
  • https://fancycrave.com/benefits-of-playing-sudoku/
  • https://sudoku.com/how-to-play/sudoku-rules-for-complete-beginners/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait