29 Mei 2021

Bagaimana Cara Ganti Skincare yang Benar?

Bagaimana cara ganti skincare yang benar? Ini ulasannya, Moms!

Penting sekali untuk memahami cara ganti skincare yang benar. Kulit membutuhkan waktu untuk bernapas dan beristirahat, sebelum Moms mencoba skincare yang baru.

Terpenting lagi, jangan mudah tergiur dengan beragamnya produk skincare yang dijual di pasaran.

Hindari pula memakai skincare hanya untuk ikut-ikutan teman atau tren semata. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan kulit yang berbeda.

Nah, ada beberapa hal yang perlu Moms pahami sebelum mengganti skincare yang baru. Selain itu, pahami juga cara ganti skincare yang benar, ya! Ini ulasannya.

Baca Juga: Simak Cara Memilih Skincare untuk Kulit Kombinasi

Tanda Wajah Membutuhkan Skincare yang Baru

Tanda Wajah Membutuhkan Skincare yang Baru.jpg
Foto: Tanda Wajah Membutuhkan Skincare yang Baru.jpg (theskinexperiment.com)

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum memahami cara ganti skincare yang benar, mungkin Moms bingung, kapan sebaiknya mengganti produk skincare yang baru? Mengganti skincare adalah hal yang sangat wajar.

Produk skincare yang tadinya cocok dan bermanfaat untuk kulit Moms, mungkin saja sekarang sudah tidak mendatangkan manfaat yang maksimal.

Kembali lagi, setiap kulit membutuhkan perawatan yang berbeda, bergantung pada kondisinya saat ini.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Skincare, Begini Cara Mengetahui Tipe Kulit Kita

Nah, ada beberapa tanda yang perlu dipahami Moms agar segera mengganti skincare yang baru, di antaranya:

  • Produk skincare yang dipakai tidak menunjukkan perubahan signifikan dan manfaat untuk kulit.
  • Kulit break out setelah mencoba produk skincare tertentu.
  • Kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya. Dilansir dari laman Women’s Health, apabila mengalami kondisi ini, segera hentikan semua produk skincare yang mengandung retinoid, benzoyl peroxide, asam salisilat, dan yang mengandung pewangi.
  • Kulit menjadi lebih berminyak setelah mencoba produk skincare tertentu.
  • Kulit menjadi kemerahan dan iritasi.
  • Perubahan usia.
  • Pergantian cuaca.
  • Hamil atau sedang dalam masa menyusui.

Jika Moms mengalami beberapa kondisi di atas, kini saatnya mencoba skincare yang baru. Maka dari itu, Moms harus memahami terlebih dulu permasalahan kulit yang dialami dan hasil yang ingin dicapai.

Cara Ganti Skincare yang Benar

Perhatikan Bahan Aktif pada Skincare.jpg
Foto: Perhatikan Bahan Aktif pada Skincare.jpg (Orami Photo Stock)

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa tips mengetahui cara ganti skincare yang benar, di antaranya:

1. Perhatikan Kondisi Kulit

Pertama, cara ganti skincare yang benar, yaitu memahami kondisi kulit yang sedang dialami.

Jika saat ini Moms masih mengalami iritasi atau kemerahan akibat skincare yang lama, hindari memakai skincare dengan bahan aktif. Cukup gunakan pelembap yang lembut dan sunscreen setiap harinya.

Selain itu, bagi Moms yang memiliki kulit sensitif atau kondisi tertentu, seperti psoriasis, eksim, dan rosacea, juga membutuhkan perhatian khusus.

Perhatikan kandungan skincare yang dipilih agar tidak memicu kekambuhan. Jika perlu, hubungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengarahan dan informasi yang lebih akurat.

Perhatikan juga kebutuhan kulit saat ini, apakah Moms ingin mengurangi munculnya garis-garis halus, kerutan, atau bintik hitam. Atau apakah Moms ingin memperbaiki skin barrier dan mengatasi jerawat yang membandel.

Setelah memahami kebutuhan kulit, maka akan lebih mudah Moms untuk menemukan kandungan skincare yang tepat. Oleh karena itu, baca dengan baik kandungan yang terdapat dalam produk skincare yang dipilih.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

2. Hindari Mencoba Banyak Produk secara Bersamaan

Cara ganti skincare yang benar berikutnya, yaitu hindari mencoba banyak produk skincare dalam waktu bersamaan. Hal ini dapat membuat manfaat skincare menjadi tidak maksimal, atau bahkan tidak menunjukkan perubahan apa pun.

Sebaiknya, ketika mengganti produk skincare yang baru, cara ganti skincare yang benar adalah mencoba satu per satu. Lalu, berikan waktu agar skincare tersebut dapat bekerja dengan baik pada kulit.

Lantas, berapa lama waktu untuk melihat perubahan pada kulit setelah mencoba produk skincare yang baru? Nah, hal ini tergantung pada seberapa besar masalah kulit yang Moms alami.

“Rata-rata, waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil skincare , yaitu 6-12 minggu. Setelah itu, dapat disimpulkan apakah skincare tersebut berhasil atau tidak,” ungkap Dr. Jennifer MacGregor, dokter kulit dari New York.

Beberapa produk skincare dapat mendatangkan hasil yang lebih cepat, namun beberapa lainnya dapat membutuhkan waktu yang lebih lama. Misalnya saja, produk krim mata yang mengandung vitamin C.

Vitamin C nyatanya bekerja lebih lama untuk mengubah cara kulit Moms bekerja. Vitamin C memang dapat menghambat produksi pigmen melanin, namun membutuhkan lebih abnyak waktu.

Studi dari International Journal of Dermatology pada tahun 2010 mengungkapkan, efek pencerah dari vitamin C dapat terlihat setelah lebih dari 12 minggu. Maka dari itu, Moms harus sabar dan jangan mengharapkan hasil yang serba instan.

3. Perhatikan Bahan Aktif pada Skincare

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, cara ganti skincare yang benar, yaitu memerhatikan bahan aktif pada skincare. Hindari mencampurkan dua bahan skincare aktif tertentu dalam waktu yang bersamaan.

Kondisi ini dapat memicu terjadinya iritasi, atau bahkan break out. Lalu, bahan-bahan aktif skincare apa saja yang tidak dapat dipakai secara bersamaan?

  • Retinoid atau Retinol dan Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Keduanya dapat memicu pengelupasan kulit. Efek samping yang bisa dirasakan adalah iritasi dan pengelupasan kulit secara berlebihan.

  • Retinoid atau Retinol dan Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide dapat menonaktifkan molekul retinoid. Alternatifnya, coba gunakan benzoyl peroxide di pagi hari dan retinol di malam hari.

  • Retinoid atau Retinol dan Vitamin C

Vitamin C adalah bahan yang sulit untuk diformulasikan karena paling efektif dalam lingkungan pH asam. Maka dari itu, lebih baik gunakan retinol di malam hari saja.

  • Retinoid atau Retinol dan Salicyic Acid

Menyebabkan kulit terasa lebih kering hingga dapat sebabkan iritasi.

Baca Juga: 6 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

Itulah hal-hal yang perlu dipahami mengenai cara ganti skincare yang benar. Jadi, tidak usah bingung dan khawatir lagi untuk mengganti skincare yang baru, ya, Moms!

  • https://www.self.com/story/guide-to-skin-care
  • https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19892576/avoid-dry-skin/
  • https://www.insider.com/change-skincare-routine-2018-3#youre-bored-9
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1365-4632.2009.04336.x
  • https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/skin-care-ingredient-combinations-that-dont-mix/

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb