Program Hamil

PROGRAM HAMIL
3 Maret 2021

7 Cara Memancing Kehamilan, Jangan Lupa Terapkan Gaya Hidup Sehat!

Cara memancing kehamilan salah satunya adalah rutin berhubungan badan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Cara memancing kehamilan yang tepat, Moms perlu menyatukan sel telur dan sperma Dads sesering mungkin.

Dilansir dari Tommys.org, lebih dari 8 dari 10 pasangan di mana wanita berusia di bawah 40 tahun akan hamil dalam waktu satu tahun jika mereka melakukan hubungan seks tanpa kondom secara teratur. Lebih dari 9 dari 10 pasangan akan hamil dalam dua tahun.

Hubungan seks tanpa kondom secara teratur berarti berhubungan seks setiap 2 sampai 3 hari tanpa menggunakan kontrasepsi.

Moms tidak perlu melakukan hubungan seks pada saat ovulasi, meskipun mengetahui kapan waktu berovulasi akan membantu.

Melakukan hubungan badan setiap 2 hingga 3 hari akan menjadi cara memancing kehamilan yang baik.

Sperma dapat hidup selama 2 hingga 3 hari dan ini berarti akan selalu ada sperma segar saat Moms berovulasi (melepaskan sel telur).

Ingat, penting bagi Moms dan Dads untuk mencoba serta menjaga hubungan seks tetap menyenangkan dengan berkonsentrasi pada satu sama lain.

Cara Memancing Kehamilan

Ada beberapa hal yang bisa Moms dan Dads sebafai cara memancing kehamilan.

Nah, berikut ini cara memancing kehamilan serta meningkatkan peluang hamil secepatnya. Disimak ya, Moms.

1. Berhenti Menggunakan Alat Kontrasepsi

Cara Memancing Kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya, Jika Moms ingin hamil, maka cara memancing kehamilan harus hentikan menggunakan alat kontrasepsi.

Apa yang mungkin Moms tidak ketahui adalah mungkin perlu waktu agar kesuburan kembali walaupun tergantung pada jenis kontrasepsi yang digunakan.

Dengan sebagian besar bentuk kontrasepsi, kesuburan akan kembali pada siklus berikutnya setelah Moms berhenti menggunakannya.

Mungkin ada beberapa bulan yang bergelombang saat siklus Moms mengatur dirinya sendiri, tetapi mungkin juga untuk hamil di bulan subur resmi pertama Moms.

2. Rutin Berhubungan Seks

Rutin Berhubungan Seks

Foto: Orami Photo Stock

Berhubungan seks sering selama sebulan penuh baik untuk pembuatan bayi. Setiap hari atau setiap dua hari adalah jumlah yang baik, menurut penelitian dan pendapat American Congress of Obstetricians and Gynecologists

Moms dan Dads dapat menargetkan untuk berhubungan seks setiap hari dalam siklus, tetapi bagi kebanyakan orang, ini akan menyebabkan kelelahan, dan itu sebenarnya tidak perlu.

Berhubungan seks setidaknya tiga hingga empat kali seminggu merupakan cara memancing kehamilan sekaligus meningkatkan peluang untuk sukses karena meningkatkan hubungan seks pada hari-hari paling subur.

Selain itu, Sering berhubungan seks juga meningkatkan kesehatan sperma. Perenang yang lebih sehat berarti Moms akan cenderung hamil.

Baca Juga: 9 Posisi Seks untuk Orgasme Maksimal, Perlu Dicoba!

3. Tetap di Tempat Tidur setelah Berhubungan

Memancing Kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin pernah mendengar hal satu ini yaitu berbaring di tempat tidur dengan kaki di udara setelah berhubungan badan untuk sebagai cara memancing kehamilan sekaligus meningkatkan peluang untuk hamil. Walaupun ini tidak sepenuhnya benar.

"Nasihat yang baik untuk berbaring di tempat tidur selama 10 sampai 15 menit setelah hubungan intim, tetapi Moms tidak perlu mengangkat kaki Moms," kata James Goldfarb, MD, director of the infertility service at the Cleveland Clinic in Cleveland.

Usahakan panggul Moms tidak bergerak saat mengangkat kaki,”Jangan pergi ke kamar mandi selama ini juga. Jika menunggu 10 hingga 15 menit, sperma yang akan masuk ke serviks akan berada di serviks,” tambahnya.

4. Jangan Khawatir tentang Posisi Terbaik untuk Hamil

Memancing Kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Banyak mitos tentang posisi hubungan untuk hamil yang terbaik, tetapi itu hanya mitos.

Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa posisi misionaris lebih baik daripada wanita yang berada di atas dalam hal memaksimalkan peluang Moms untuk memiliki bayi.

"Sangat jarang, serviks wanita berada dalam posisi yang tidak biasa di mana posisi tertentu dapat membuat perbedaan," kata Goldfarb

Posisi tertentu yang menentang gravitasi, seperti duduk atau berdiri selama hubungan seksual, bagaimanapun, dapat menghalangi sperma untuk berjalan ke hulu.

Baca Juga: Adakah Kemungkinan Hamil Pada Masa Tidak Subur? Simak Penjelasannya

5. Upayakan Berat Badan yang Sehat

Cara Memancing Kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Menjadi terlalu gemuk dapat mengurangi peluang wanita untuk hamil, tetapi terlalu kurus dapat membuat lebih sulit untuk memiliki bayi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk hamil daripada wanita yang BMI-nya dianggap normal. Dan seorang wanita yang kurus mungkin membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk hamil.

Terlalu banyak lemak tubuh menghasilkan estrogen berlebih, yang dapat mengganggu ovulasi. Kehilangan 5 hingga 10 persen berat badan sebelum seorang wanita mulai mencoba hamil dapat meningkatkan kesuburannya, menurutAmerican Society for Reproductive Medicine.

Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development dilakukan pada tahun 2017 menemukan bahwa pasangan yang kedua pasangannya mengalami obesitas membutuhkan waktu 55 hingga 59 persen lebih lama untuk hamil, dibandingkan dengan pasangan yang tidak obesitas.

Wanita yang terlalu kurus mungkin tidak mendapatkan menstruasi yang teratur atau bisa berhenti berovulasi.

6. Konsumsi Vitamin Prenatal

Cara Memancing Kehamilan

Foto: Orami Photo Stock

Cara memancing kehamilan selanjutnya adalah mulai mengonsumsi vitamin prenatal bahkan sebelum hamil.

Dengan cara ini seorang wanita dapat menemukan sistem yang lebih sesuai dengan sistemnya dan tetap menggunakannya selama kehamilan, katanya.

Kemungkinan lain adalah mengonsumsi multivitamin setiap hari, selama mengandung setidaknya 400 mikrogram (mcg) per hari asam folat, vitamin B yang penting untuk mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang bayi.

Centers for Disease Control and Prevention mendesak wanita untuk mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari selama setidaknya satu bulan sebelum hamil untuk membantu mencegah cacat lahir.

Memulai suplementasi asam folat lebih awal adalah ide yang baik karena tabung saraf berkembang ke otak dan tulang belakang 3 hingga 4 minggu setelah pembuahan terjadi, sebelum banyak wanita menyadari bahwa mereka sedang hamil.

7. Perubahan Gaya Hidup

mengikuti gaya hidup sehat

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mencoba hamil, Moms harus berusaha menjadi sesehat mungkin. Faktanya, kebanyakan dokter akan menganjurkan Moms untuk membuat janji dengan dokter kandungan sebelum Moms hamil.

Pada kunjungan prakonsepsi ini, Moms akan berbicara tentang masalah kesehatan yang ada dan diskrining untuk penyakit genetik. Moms juga dapat mengatasi masalah kesehatan lain yang mungkin Moms miliki.

Dokter Moms mungkin menyarankan agar Moms membuat perubahan gaya hidup sebelum Moms hamil. Ini mungkin termasuk memperbaiki pola makan, kebiasaan olahraga, menghilangkan alkohol, berhenti merokok, mengurangi kafein.

Jika Moms minum banyak kopi atau soda, sebaiknya mulai menguranginya sekarang. Rekomendasi saat ini adalah membatasi asupan kafein hingga kurang dari 200 mg per hari. Ini setara dengan secangkir kopi 12 ons.

Baca Juga: Moms, Coba Lakukan Cara Ini Agar Cepat Hamil

Demikianlah beberapa cara memancing kehamilan yang bisa Moms dan Dads terapkan. Ini bisa menjadi tantangan ketika kehamilan tidak langsung terjadi, tetapi cobalah untuk bersabar. Ini normal. Ini tidak berarti bahwa itu tidak akan pernah terjadi pada kalian.

Usahakan untuk membuat bayi tetap menyenangkan, berpetualang, dan tetap santai. Melakukan hal-hal ini dapat membantu Moms dan Dads meningkatkan peluang untuk mendapatkan hasil positif yang kalian tunggu-tunggu.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait