Home & Living

24 Mei 2021

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning, Mudah Moms!

Bisa langsung dipraktikkan di rumah, selamat tinggal keramik kamar mandi kuning!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms resah dengan keramik yang kotor dan sedang mencari tahu cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning?

Kamar mandi termasuk ruangan penting di dalam rumah sehingga kebersihannya perlu diperhatikan. Selain agar nyaman digunakan, juga sebagai upaya pencegahan penyakit.

Namun, kebersihan kamar mandi sering kali diabaikan dan Moms mungkin baru akan membersihkannya ketika keramiknya kotor sehingga berubah warna. Moms mungkin ingin mengetahui cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning.

Jika Moms membutuhkan cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning, simak penjelasan berikut ini, yuk!

Baca Juga: 5 Kiat Membersihkan Kamar Mandi Agar Bersih dan Nyaman

Penyebab Keramik Kamar Mandi Menjadi Kuning

keramik kamar mandi kuning.png

Foto: www.showergem.com

Sebelum mengetahui cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning, Moms mungkin penasaran apa penyebab terjadinya perubahan warna pada keramik kamar mandi. Berikut beberapa kemungkinan yang menyebabkan keramik kamar mandi menjadi kuning:

1. Kelembapan

Kelembapan bisa saja menjadi penyebab terjadinya perubahan warna pada keramik di kamar mandi. Keramik kamar mandi yang terkena buih, minyak, kotoran, atau air sabun bisa saja menyebabkan kelembapan terjebak di area tertentu sehingga membuatnya menjadi kekuningan.

2. Terkena Tumpahan Cairan Cukup Sering

Penyebab keramik kamar mandi menjadi kuning berikutnya, yaitu karena terkena tumpahan cairan cukup sering. Baik itu sampo, sabun cair, atau produk perawatan kulit lain yang digunakan saat berada di kamar mandi.

Adanya tumpahan cairan yang mengenai keramik kamar mandi ini sering kali meninggalkan noda yang terlihat jelas. Selain itu, cairan dengan pewarna tambahan yang tumpah pada keramik kamar mandi akan menimbulkan perubahan warna sehingga menjadi kuning.

Baca Juga: 15 Manfaat Pasta Gigi, dari Bersihkan Noda Hingga Hilangkan Bau

3. Menggunakan Produk Pembersih yang Mengandung Lilin

Penyebab lain di balik keramik kamar mandi kuning adalah penggunaan produk pembersih yang mengandung lilin. Lilin ini sering kali menumpuk di atas keramik dan menyebabkan perubahan warna menjadi kuning.

4. Perawatan Kamar Mandi yang Tidak Tepat

Jika Moms tidak sering mencuci atau membersihkan kamar mandi dengan peralatan pembersih yang tepat, keramik akan mulai menguning seiringnya waktu.

Jadi, pastikan untuk menggunakan jenis produk pembersih yang sesuai dan bersihkanlah keramik kamar mandi secara rutin.

Baca Juga: 5 Ide untuk Merapikan Rak Kamar Mandi

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang mendasari keramik kamar mandi berubah menjadi kuning, apakah ada cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning? Tentu saja ada Moms.

Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah. Inilah cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning, dilansir dari laman Homelization:

1. Cuka Putih

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning-1

Foto: Orami Photo Stock

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning pertama adalah menggunakan cuka putih atau distilled white vinegar.

Sifat asam pada cuka akan menciptakan lingkungan yang menahan pertumbuhan lumut, jamur, dan bakteri. Cuka putih juga mampu melakukan pekerjaan yang baik dalam memotong kelebihan mineral dari buih sabun, air bilas, dan kotoran lainnya.

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning dengan cuka, Moms perlu mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama.

Lalu, semprotkan campuran ini pada keramik yang menguning dan diamkan selama beberapa menit. Gosok dengan spons atau karet hingga keramik bersih.

Jika ada noda membandel, Moms dapat membuat pasta dari cuka dan soda kue. Oleskan pasta ini pada keramik hingga menutupi seluruh permukaan dan biarkan selama beberapa menit lalu gosok hingga bersih.

Baca Juga: Sering Tertukar, Ini Perbedaan Soda Kue dan Baking Powder

2. Air Perasan Lemon

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning-2

Foto: Orami Photo Stock

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning berikutnya ialah menggunakan air perasan lemon.

Sama seperti cuka, air perasan lemon juga memiliki sifat asam, yang menjadikannya bahan pembersih keramik efektif.

Isi saja botol spray dengan air perasan lemon dan semprotkan pada keramik yang kuning. Lalu, bersihkan dengan spons basah.

Metode lain untuk mengoleskan air perasan lemon ini, yaitu dengan membasahi sepotong spons dengan air perasan lemon. Kemudian Moms bisa menggunakannya untuk menyeka noda kuning pada keramik kamar mandi.

Setelah itu, bilas keramik kamar mandi dengan spons atau kain yang dicelupkan ke dalam air hangat untuk membersihkan sekaligus mendisinfeksi.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Moms dapat menaburkan soda kue pada lantai dan keramik sebelum memercikkan air perasan lemon atau menyeka dengan spons basah. Efek gabungan dari air perasan lemon dan soda kue akan menghilangkan noda dengan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

3. Soda Kue

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Kuning-3

Foto: Orami Photo Stock

Moms dapat menggunakan soda kue sebagai cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning.

Perlu Moms ketahui bahwa, soda kue merupakan salah satu pembersih alami paling efektif yang digunakan untuk menghilangkan residu dari bintik-bintik air.

Selain itu, soda kue memiliki efek abrasif ringan yang membantu menghilangkan noda membandel.

Moms hanya perlu membasahi spons dengan sedikit air dan mencelupkannya pada soda kue. Lalu, gosokkan pada keramik kamar mandi yang kuning.

Baca Juga: Contek Yuk Moms, 6 Inspirasi Warna Terbaik untuk Kamar Mandi

4. Hidrogen Peroksida

KamarMandi-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika noda terlalu membandel untuk digunakan pembersih dasar, sekarang saatnya menggunakan sesuatu yang lebih kuat seperti hidrogen peroksida sebagai cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning.

Meski hidrogen peroksida biasa digunakan untuk sanitasi, tetapi senyawa ini juga bekerja sebagai agen anti-jamur dan pemutih yang luar biasa.

Moms hanya perlu mencampurkan hidrogen peroksida dengan tepung putih hingga membentuk pasta kental.

Lalu, oleskan pasta ini pada keramik kamar mandi yang kuning. Tutupi seluruh permukaan dan biarkan semalaman agar berfungsi. Keesokan paginya, gosok dan bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 6 Ide Dekorasi untuk Kamar Mandi Kecil, Patut Dicoba, Moms!

5. Klorin

kaporit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Klorin yang terkandung dalam kaporit merupakan bahan pemutih efektif dan kuat dalam menghilangkan noda. Tidak hanya meringankan noda, kaporit juga bisa membunuh mikroorganisme seperti bakteri, ragi, jamur, dan lumut.

Oleskan kaporit sebagai cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning. Usahakan untuk menutupi seluruh area yang terkena noda dan diamkan selama beberapa menit. Lalu, gunakan sikat lembut untuk menghilangkan noda sepenuhnya. Bilas dengan air dan ulangi jika perlu.

Baca Juga: 6 Barang Praktis yang Harus Ada di Kamar Mandi Minimalis

Itulah cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning. Yuk, coba sekarang juga agar kamar mandi Moms kembali bersih!

  • https://groutmagnificent.com/why-does-tile-turn-yellow/
  • https://www.homelization.com/how-to-clean-yellow-tiles-in-bathroom/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait