Fashion & Beauty

10 Juni 2021

5 Cara Membuat Masker Madu Sesuai Jenis Kulit

Mengetahui cara membuat masker madu yang sesuai dengan tipe kulit.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Cara membuat masker madu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Terlebih, madu sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa membuat kulit menjadi lebih cantik.

Berdasarkan jurnal Honey and Health, madu memiliki banyak manfaat dan telah lama digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional.

Nah, kini madu pun bisa digunakan untuk menjadi perawatan kulit. Dilansir dari jurnal berjudul Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin, manfaat madu untuk kulit dapat membantu proses penyembuhan tubuh serta bisa membantu menghilangkan bekas jerawat di wajah yang bikin wajah terlihat kusam.

Tak hanya itu Moms, madu juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk bekas luka dengan mengoleskannya setiap hari sebagai pasta di lokasi jaringan kulit yang terlihat bekas luka.

Nah, karenanya, jangan sampai Moms nggak tahu cara membuat masker madu, ya! Yuk cari tahu di sini!

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Cara Membuat Masker Madu

Cara membuat masker madu penting untuk Moms ketahui dan tidak boleh sembarangan. Pasalnya setiap orang memiliki jenis kulit berbeda. Ya, resep masker madu untuk setiap masalah dan jenis kulit pun akan berbeda. Yuk ketahui apa resep atau cara membuat masker madu!

1. Masker Madu untuk Kulit Berjerawat

cara membuat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat masker madu yang pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Dermatologis sangat suka menyarankan untuk menggunakan baking soda demi merawat kulit wajah karena mengandung antiperadangan dan antibakterial.

Mengombinasikan madu dengan air lemon dan madu bisa menjadi skincare yang lembut namun efektif untuk mengatasi kulit yang berjerawat.

Resepnya adalah;

  • 1 sdt lemon
  • 1 sdm madu murni
  • 1 sdt baking soda

Cara membuatnya adalah masukkan jus lemon, madu dan baking soda di mangkuk kecil. Campur hingga merata.

Cara pemakaiannya, cobalah untuk mengaplikasikannya dengan lembut dari wajah hingga ke leher. Hindari area di dekat mata. Hal tersebut karena lemon dan madu akan membuat mata pedih.

Jangan mengubahnya menjadi scrub dengan menggosokkannya ke kulit, ya. Setelah 15 menit, bersihkan masker terlebih dahulu dengan air hangat. Jika sudah, kemudian basuh wajah dengan air dingin.

Perlu diperhatikan ketika menggunakan jus lemon. Meski lemon bisa mencerahkan kulit, bauh ini juga bisa membuat kulit jadi sensitif.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

2. Masker Madu untuk Kulit Berminyak

cara membuat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Sekarang saatnya membahas cara membuat masker madu untuk kulit berminyak. Dilansir dari Hello Glow, clay mask sangat ampuh untuk mengontrol kulit berminyak.

Madu membantu untuk memecah minyak berlebih. Jenis masker ini pun bisa menghilangkan minyak berlebih ketika melakukan exfoliating.

Moms bisa mencampurkan clay mask yang biasa Moms gunakan untuk dicampurkan dengan madu. Resep yang bisa digunakan adalah;

  • 1 sdt madu
  • 1 sdt clay mask
  • 1 sdt cuka apel

Kombinasikan clay, madu, dan cuka apel di dalam mangkuk yang non reaktif. Jangan sampai menggunakan yang berbahan metal ya, Moms.

Aduk rata dan kemudian aplikasikan masker di wajah dan juga leher. Setelah 15 menit, bilas masker dengan air hangat dan kemudian diikuti dengan air dingin.

Baca Juga: Kenapa Sih Kulit Sering Berjerawat? Ketahui 5 Penyebabnya

3. Masker Madu untuk Kulit Sensitif dan Meradang

cara membuat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya, kita akan membahas resep atau cara membuat masker madu yang dikhususkan bagi pemilik kulit sensitif atau yang sedang meradang.

Teh hijau dan madu adalah 2 bahan yang bisa memiliki sifat antiperadangan. Jadi, 2 bahan ini akan sangat membantu kulit Moms yang sensitif dan sedang meradang atau merah.

Jika Moms takut untuk mencobanya, cobalah untuk mengaplikasikan terlebih dahulu di bagian kulit lain. Kalau dalam 24 jam tidak ada keluhan apapun, Moms bisa menggunakan resep ini.

Resep untuk masker wajah dengan kulit sensitif adalah;

  • 1 sdt bubuk teh hijau
  • 1 sdm madu
  • 1 sdt minyak jojoba

Kombinasikan bubuk teh hijau, madu dan minyak di mangkuk kecil untuk kemudian diaduk rata. Jika Moms tidak ada bubuk teh hijau, teh hijau yang ada di teh celup juga bisa digunakan.

Gunakan masker ini selama 15 menit sebelum membilasnya menggunakan air hangat.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu Kelulut, Bisa Mengatasi Diabetes Hingga Meningkatkan Kesuburan!

4. Masker Madu untuk Kulit Kering

cara membuat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Nah, sekarang saatnya mengetahui cara membuat masker madu untuk kulit kering nih, Moms.

Madu dan alpukat adalah kombinasi yang sempurna untuk menghidari kulit yang kering. Almon bubuk bisa mengexfoliasi kulit dengan lembut dan lemak baiknya bisa membuat kulit kering menjadi sangat lembut.

Jika Moms ingin menambahkan pelembap yang lebih, Moms bisa memasukkan minyak ke dalam resep berikut ini;

  • 2 sdm madu yang bisa diganti dengan 1 sdm madu dan 1 sdm minyak jojoba
  • 1/4 buah alpukat yang sudah dihancurkan
  • 2 sdm almon bubuk

Masukkan madu dan alpukat ke dalam mangkuk kecil dan kemudian hancurkan bersama. Tambahkan almon bubuk dan kemudian aduk secara merata.

Jika masker sudah jadi, aplikasikan ke muka dan juga leher. Setelah 15 hingga 20 menit, bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga: Hindari Penuaan Dini, Lakukan 4 Tips Kecantikan Ini

5. Masker Madu untuk Anti Aging

cara membuat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Cara memebuat masker madu yang terakhir bisa memperlambat proses penuaan kulit wajah, lho!

Telur mengandung lutein yang bisa membantu menghidrasi dan memperbaiki sel kulit mati. Perpaduan antara madu dan putih telur pun bisa menjadi perpaduan sempurna untuk memperlambat proses penuaan kulit wajah.

Berikut resep yang bisa Moms gunakan;

  • 1 sdm madu
  • 1 butir putih yelur
  • 2 tetes frankincense minyak esensial

Campurkan putih telur, madu dan frankincense hingga merata. Kemudian aplikaskan ke wajah dan juga leher. Hindari area mata ya, Moms!

Aroma dari frankincense akan membuat Moms merasa nyaman. Jadi, sebaiknya aplikasikan masker madu ini ketika bersantai.

Bilas setelah 10-15 menit dengan air hangat. Setelah itu tambahkan serum atau pelembap ke wajah.

Baca Juga: 18 Manfaat Masker Alpukat dan Variasinya, untuk Kulit Sehat Bersinar

Cara Pakai Masker Madu yang Aman

cara membuat masker madu

Foto: Orami Photo Stock

Memakai masker madu memang bisa membuat kulit menjadi lebih cantik dan juga halus. Namun, untuk mendapatkan manfaat masker madu secara maksimal, Moms perlu mengetahui cara memakainya yang benar.

Cara pemakaian masker madu yang benar pun bisa meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi usai pemakaian. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap orang memiliki jenis dan kondisi kulit yang berbeda.

Jadi, ketika Moms ingin mencoba menggunakan masker madu, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit dan lihat reaksinya selama 24 jam ke depan ya, Moms!

Caranya mudah sekali. Moms, hanya perlu mengoleskan masker madu pada area yang berada di belakang siku. Jika sudah, diamkan masker berada di sana selama 10 menit.

Nah, ketika sudah selesai diaplikasikan, Moms perlu memerhatikan apakah kulit mengalami reaksi berupa gatal, kemerahan, bengkak, atau panas yang mungkin terjadi.

Jika hal-hal di atas terjadi setelah Moms mengoleskan masker madu, Moms diharapkan untuk tidak mengaplikasikannya ke daerah wajah, ya!

Nah itu dia berbagai cara membuat masker madu dan cara memakainya yang tepat nih, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5424551/
  • https://helloglow.co/best-honey-face-masks/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait