Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
14 Desember 2020

Ketahui Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah, Ampuh Atasi Jerawat!

Yogurt memiliki kandungan asam laktat untuk mengatasi kulit berjerawat, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Kulit yang kusam, merah karena iritasi, berjerawat atau warnanya tidak merata memang sangat mengganggu. Moms mungkin harus pandai-pandai memulas makeup agar wajah tetap tampak cerah.

Bisa juga Moms jadi sering bolak-balik melakukan perawatan wajah di klinik.

Nah, ternyata ada salah satu cara mencerahkan wajah yang unik dan diyakini cukup ampuh, yakni dengan menggunakan masker yogurt.

Ya, ternyata yogurt yang ada dalam kulkas Moms punya manfaat untuk mencerahkan, mengatasi jerawat dan melembabkan kulit wajah.

Sebuah studi oleh National Library of Medicine, masker yang mengandung yogurt berhasil meningkatkan kelembapan, kecerahan dan elastisitas kulit.

Daerah wajah mengalami peningkatan kelembaban dan membuat kulit wajah terasa lebih kenyal dan lembut.

Masker wajah pada umumnya memiliki fungsi yang sama, yakni meningkatkan tekstur kulit, warna dan keseimbangan pH. Manfaat yang dihasilkan tentu bervariasi tergantung kandungan masker itu.

Ternyata masker yogurt juga berfungsi untuk mengatasi jerawat. Yuk simak lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Menggunakan Krim Pemutih Wajah?

Masker Yogurt untuk Jerawat

Masker yogurt untuk jerawat aktif

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak sekali jenis yogurt yang tersedia di pasaran. Akan tetapi, tidak semua jenis yogurt bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, lho.

Sebaiknya Moms pilih jenis yogurt tanpa rasa dan tanpa pemanis (plain). Yogurt dengan perasa buatan atau pemanis bisa memperparah peradangan di kulit atau justru memicu iritasi.

Selain itu, pilih yogurt yang teksturnya cukup kental, bukan yang siap minum. Kandungan pada yogurt yangmembantu mengatasi jerawat kulit.

Yogurt mengandung bakteri Lactobacillus delbrueckii, Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Bakteri ini secara aktif membantu wajah melawan iritasi atau peradangan, termasuk jerawat.

Asam laktat dalam yogurt juga merupakan antibiotik yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah. Vitamin B dan seng dalam yogurt juga memenuhi kebutuhan nutrisi kulit.

Faktanya, melansir Facing Acne, dengan mengonsumsi campuran antibiotik dan probiotik pada masker yogurt dapat secara signifikan menurunkan intensitas peradangan jerawat.

Lalu, apa saja manfaat masker yogurt dan bagaimana cara menggunakan yogurt untuk meredakan jerawat dan mengangkat sel kulit mati? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Anak Sering Mengeluh Sakit Perut? Kenali 5 Penyebabnya Disini!

Manfaat Masker Yogurt

Manfaat masker yogurt untuk wajah.jpg

Foto: Freepik

Moms mungkin bertanya-tanya, bagaimana masker yogurt bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah?

Yogurt kerap digunakan menjadi salah satu bahan skincare untuk masker wajah. Yogurt kaya akan kandungan yang berfungsi untuk mendapatkan wajah cerah alami dan lembab sepanjang hari.

Yuk simak lebih lengkapnya mengenai manfaat masker yogurt untuk wajah.

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Dilansir dari penelitian yang berjudul The Role of Bacteria in the Health Potential of Yogurt, yogurt adalah produk fermentasi asam dari susu. Laktosa dalam susu diubah menjadi asam laktat, yang menurunkan pH.

Ternyata rahasianya ada pada kandungan asam laktat dalam yogurt, lho!

Asam laktat adalah salah satu jenis asam alfa hidroksi (AHA). Tugasnya yaitu mengoptimalkan proses eksfoliasi serta membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Dengan mengangkat sel kulit mati dan mengeksfoliasi, kulit yang sudah rusak atau kusam akibat paparan sinar matahari, bahan kimia, peradangan (misalnya akibat jerawat) pun bisa beregenerasi.

Baca Juga: Amati Kandungan Sheet Mask yang Berbahaya untuk Kulit, Jangan Salah Pilih!

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Masker yogurt untuk hilangkan jerawat

Foto: Orami Photo Stock

Tak cuma sampai situ. Kandungan vitamin B5 dan B12 dalam masker yogurt juga memiliki peran untuk mencerahkan kulit kusam dan mengurangi noda bekas jerawat.

Dengan begitu, kulit yang belang atau banyak noda bekas jerawatnya pun jadi cerah lebih merata. Yogurt juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah secara alami.

3. Melembabkan Wajah

Memakai masker yogurt dapat melembabkan wajah seketika. Asam laktat pada yogurt akan membantu melembabkan kulit, sehingga menghilangkan tampilan lelah pada wajah.

Kulit akan terasa lebih kenyal dan lembut.

Dengan mengoleskan masker yogurt dan memijatkan masker ini secara melingkar di wajah, ini dapat membantu melembabkan sekaligus membuat kulit tampak lebih segar.

Baca Juga: Kapan Balita Boleh Makan Yogurt?

4. Mengurangi Peradangan Jerawat

Kulit yang senantiasa halus dan lembut, tidak kering bersisik, akan tampak lebih bersinar dan bersih. Karena itulah yogurt bisa jadi salah satu cara memutihkan wajah yang perlu Moms coba.

Selain bisa membantu memutihkan kulit, kandungan bakteri baik dan probiotik dalam yogurt juga punya banyak manfaat untuk kulit wajah.

Penelitian yang dipublikasikan International Journal of Women's Dermatology, menemukan bahwa penggunaan bahan mengandung probiotik pada wajah bisa meredakan peradangan, meningkatkan antimikroba pada kulit dan mengurangi jerawat.

5. Menangkal Radikal Bebas

Masker yogurt dapat menangkal radikal bebas

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt dapat membantu meminimalkan efek dari paparan sinar ultraviolet (UV). Masker yogurt diduga membantu menciptakan penghalang penawar radikal bebas pada kulit.

Kandungan pada yogurt dapat mengurangi risiko bintik-bintik penuaan dan kerutan akibat sinar matahari.

Namun, jangan hanya berpatokan pada masker yogurt saja ya, tentu harus menggunakan sunscreen untuk perlindungan ekstra.

Baca Juga: Kenali Kanker Kulit, Termasuk Tanda dan Gejalanya

6. Mengembalikan Elastisitas Kulit

Masker yogurt turut membantu membuat kulit lebih elastis. Menurut studi International Journal of Women’s Dermatology, masker yogurt dapat memulihkan elastisitas sekaligus memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Seiring bertambahnya usia, biasanya kulit akan kehilangan kolagen. Sehingga kulit terasa kendur dan garis-garis di wajah mulai terlihat.

Maka, gunakan masker yogurt secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal mengembalikan elastisitas kulit.

7. Mengurangi Eksim

Masker yogurt dapat meredakan eksim kulit

Foto: Orami Photo Stock

Masker yogurt selain untuk melembabkan dan mencegah penuaan dini, ternyata juga membantu mengurangi eksim pada kulit.

Eksim kulit kerap terjadi bagi orang yang mempunyai kulit sensitif.

Yogurt dapat memberikan efek anti-inflamasi yang biasa ditemukan pada probiotik. Sehingga ini membantu mengobati eksim dan inflamasi kulit lainnya, seperti rosacea dan psoriasis.

Yoghurt juga diklaim memiliki sifat anti-mikroba yang dapat mengobati infeksi kulit.

Namun, masker yogurt tidak boleh digunakan pada kulit yang terinfeksi atau luka terbuka tanpa persetujuan dokter terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Cara Membuat Masker Yogurt

Cara membuat masker yogurt

Foto: Orami Photo Stock

Yogurt memiliki nutrisi alami yang membuat wajah tampak cerah dan lembab secara optimal. Nutrisi ini ramah kulit, dan itulah yang membuat masker wajah yogurt sangat efektif.

Tenang, Moms. Cara mencerahkan wajah dengan masker yogurt itu tidak merepotkan, kok.

Moms bisa menggunakannya sebagai masker wajah alami. Berikut ini adalah cara melembabkan wajah dengan masker yogurt yang bisa Moms praktikkan sendiri di rumah.

  1. Cuci muka dan bersihkan wajah Moms dari sisa makeup atau kotoran.
  2. Siapkan satu sendok makan yogurt tanpa perasa atau pemanis.
  3. Pelan-pelan, oles dan pijat yogurt ke seluruh wajah Moms hingga merata.
  4. Diamkan selama sekitar 20 menit.
  5. Bilas wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka.
  6. Keringkan wajah dengan menepuk pelan kulit, kemudian gunakan moisturizer.
  7. Ulangi terus cara ini sampai beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang optimal

Selain langsung dioleskan pada wajah, masih ada beberapa cara menggunakan masker yogurt secara alami. Misalnya menambahkan yogurt dengan perasan buah lemon segar, madu, gel lidah buaya, bubuk kunyit, atau oat.

Baca Juga: 4 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Nah, itulah manfaat yogurt untuk mengatasi jerawat pada wajah. Perlu Moms ingat, sebelum menggunakan masker yogurt untuk menghilangkan jerawat, sebaiknya Moms tes dulu sedikit yogurt pada salah satu bagian wajah seperti dahi atau pipi.

Bila setelah dioleskan tidak ada reaksi seperti kulit jadi kemerahan, iritasi, gatal-gatal, atau kering mengelupas, berarti Moms bisa menggunakannya di seluruh wajah.

Pastikan juga Moms tidak alergi terhadap asam laktat. Orang dengan alergi asam laktat tidak dianjurkan untuk menggunakan yogurt, meskipun hanya di kulit.

Sudah siap mendapatkan manfaat yogurt untuk mengatasi jerawat? Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait