Trimester 2

28 Januari 2021

Intip 5 Cara Menaikkan Berat Badan saat Hamil yang Sehat Berikut!

Jangan sembarangan menaikkan berat badan saat hamil ya, Moms. Simak cara tepatnya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat hamil, Moms akan memikirkan berbagai cara menaikkan berat badan saat hamil.

Pasalnya, berat badan yang meningkat saat hamil adalah hal yang penting karena menandakan bahwa bayi di dalam kandungan dalam kondisi yang sehat.

Sayangnya, ada beberapa wanita yang dirasa masih perlu menambah berat badan lebih dari yang mereka sudah dapatkan sekarang untuk memastikan bayi sehat.

Makan makanan yang sehat dan seimbang sebetulnya adalah cara sederhana menaikkan berat badan saat hamil.

Ini karena makanan sehat dan cukup akan membantu bayi mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan tumbuh dengan kecepatan yang sehat.

Namun, untuk Moms yang masih mencari cara menaikkan berat badan saat hamil dengan cara yang sehat, berikut tipsnya!

Baca Juga: Pusing Saat Hamil, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Cara Menaikkan Berat Badan Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ingat, meskipun kini Moms membutuhkan kalori ekstra, Moms tidak perlu makan untuk dua orang.

Rata-rata wanita hamil hanya membutuhkan sekitar 300 kalori lebih banyak sehari daripada sebelum mereka hamil. Ini akan membantu mereka menambah berat badan yang tepat selama kehamilan.

Mengutip Grow by WebMD, seorang wanita yang memiliki berat badan rata-rata sebelum hamil harus menambah berat badan 11 sampai 16 kilogram setelah hamil.

Wanita dengan tubuh yang kurus harus menambah berat badan 13 hingga 18 kilogram. Sementara wanita yang kelebihan berat badan mungkin hanya perlu menambah 7 hingga 11 kilogram selama kehamilan.

Mengutip Very Well Family, berikut cara menaikkan berat badan saat hamil dengan sehat:

1. Makan Lebih Sering

Kadang-kadang berat badan tidak bertambah saat hamil karena perut terlalu padat sehingga Moms tidak bisa menambahkan kalori ekstra ke makanan.

Cara menaikkan berat badan saat hamil ini bisa Moms coba, yakni makan lebih sedikit, tetapi lebih sering. Dengan begitu, Moms memiliki kemampuan untuk menambah kalori ekstra sepanjang hari.

Trik ini juga dapat membantu mengatasi beberapa keluhan kehamilan seperti mual dan mulas. Makanlah dengan porsi kecil sebanyak lima hingga enam kali sehari.

2. Bawa Terus Makanan

Untuk membantu memenuhi asupan sepanjang hari, Moms bisa coba membawa makanan.

Bawalah makanan yang mudah dan tidak repot untuk disiapkan. Moms bisa membawa kacang, seperti almond atau buah kering.

Jika Moms memiliki tempat untuk menjaga makanan tetap dingin, disarankan untuk mencoba keju dengan buah. Moms bisa mencoba cheddar dengan apel atau pir.

Buah bisa menjadi camilan sehat dan membantu menaikkan berat badan saat hamil.

Baca Juga: Biji Bunga Matahari, Camilan Sehat Saat Program Hamil

Kemas pisang atau jeruk tempat bekal yang Moms selalu bawa untuk mengingatkan diri sendiri untuk makan. Pasangkan dengan almond atau segenggam kacang untuk menambah protein.

3. Pilih Minuman Berkalori

Jika Moms mengalami kesulitan makan atau kesulitan mendapatkan kalori di siang hari, pertimbangkan untuk meningkatkan kalori dengan cara memasukkannya ke dalam minuman.

Persiapkan dan bawa smoothie untuk Moms nikmati sepanjang hari. Tambahkan bubuk protein ke dalam minuman untuk sedikit menambah kalori.

Smoothie berisi buah-buahan juga bisa berisi nutrisi penting yang Moms perlukan selama kehamilan.

4. Makan Camilan Kaya Kalori

Saat mengemil, cobalah menghitung kalori. Telur rebus, yogurt, atau irisan keju bisa padat nutrisi dan baik untuk kehamilan.

Namun, mereka tidak menyebabkan Moms memasukkan banyak makanan ke dalam perut. Jadi, pilihlah makanan yang padat kalori jika sebagai cara menaikkan berat badan saat hamil.

5. Tambahkan Suplemen

Bubuk protein bisa Moms tambahkan ke makanan untuk mendapatkan kalori ekstra. Mereka juga bisa ditambahkan ke minuman shake.

Jika suplemen bubuk bukan pilihan, maka Moms juga bisa membuat snack bar. Ada banyak snack bar yang dirancang untuk wanita hamil, atau Moms juga bisa mencari resep snack bar di internet.

Namun, cara menaikkan berat badan saat hamil ini harus Moms konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan ya!

Baca Juga: 17 Sumber Makanan Berkalsium Tinggi untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Namun, Bagaimana Jika Moms Menambah Berat Badan Terlalu Banyak Selama Kehamilan?

Namun, Bagaimana Jika Moms Menambah Berat Badan Terlalu Banyak Selama Kehamilan?

Foto: Orami Photo Stock

Jika berat badan bertambah lebih dari yang direkomendasikan dokter, bicarakan dengan dokter tentang hal ini. Karena dalam kebanyakan kasus, Moms sebaiknya menunggu sampai setelah melahirkan untuk menurunkan berat badan.

Namun, ada beberapa tips untuk memperlambat penambahan berat badan:

  • Saat makan makanan cepat saji, pilih makanan rendah lemak seperti sandwich dada ayam panggang dengan tomat dan selada (tanpa saus atau mayones), salad pendamping dengan saus rendah lemak, bagel polos, atau kentang panggang polos. Hindari makanan seperti kentang goreng, stick mozzarella, atau roti ayam yang dilapisi tepung roti.
  • Hindari produk susu murni, karena Moms membutuhkan setidaknya empat porsi produk susu setiap hari. Namun, menggunakan susu skim, 1 atau 2 persen akan sangat mengurangi jumlah kalori dan lemak yang Moms makan. Selain itu, pilih keju atau yogurt rendah lemak atau bebas lemak.
  • Batasi minuman manis atau manis seperti minuman ringan, fruit punch, minuman buah, es teh, limun, atau minuman bubuk yang mengandung banyak kalori kosong. Pilih air putih atau air mineral untuk menghilangkan kalori ekstra.
  • Jangan menambahkan garam ke makanan saat memasak karena garam menyebabkan tubuh menahan air.
  • Batasi makanan manis dan camilan berkalori tinggi seperti kue kering, permen, donat, kue, sirup, madu, dan keripik kentang yang memiliki banyak kalori dan sedikit nutrisi. Usahakan untuk tidak makan makanan ini setiap hari. Sebagai gantinya, cobalah buah segar, yogurt rendah lemak, kue makanan malaikat dengan stroberi, atau pretzel sebagai pilihan camilan dan makanan penutup rendah kalori.
  • Gunakan lemak secukupnya termasuk minyak goreng, margarin, mentega, saus, saus, mayones, saus salad biasa, saus, lemak babi, krim asam, dan krim keju. Cobalah alternatif rendah lemak.
  • Masak makanan dengan cara yang sehat. Moms perlu mengurangi menggoreng makanan dengan minyak atau mentega karena akan menambah kalori dan lemak. Memanggang, memanggang, memanggang, dan merebus adalah metode persiapan yang lebih sehat.
  • Lakukan olahraga ringan, karena ini dapat membantu membakar kalori berlebih. Berjalan atau berenang biasanya aman untuk ibu hamil. Tanyakan kepada dokter atau bidan mengenai jenis olahraga apa yang tepat untuk dilakukan selama kehamilan dan menjelang persalinan.

Baca Juga: 13 Minuman yang Baik untuk Ibu Hamil, Menyehatkan!

Menambah berat badan selama kehamilan adalah hal yang alami dan penting. Namun, Moms juga mungkin perlu mencari cara yang tepat agar kenaikkan berat badan terjadi dengans sehat dan tidak menimbulkan efek samping yang merugikan.

Katherine Tallmadge, seorang ahli diet terdaftar dan kontributor untuk Live Science mengatakan bahwa wanita mungkin berpikir bahwa hamil telah memberi mereka izin untuk makan apa pun.

Namun, ia mengingatkan bahwa bertambahnya berat badan selama kehamilan dapat memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang bagi para ibu. Itu karena kelak ibu bisa sangat sulit untuk menghilangkan lemak ekstra setelah melahirkan.

Memang, penelitian menunjukkan bahwa jumlah kenaikan berat badan seorang wanita selama kehamilan memainkan peran utama dalam seberapa banyak dia akan kehilangan berat setelah melahirkan.

Oleh karena itu, setiap ibu hamil perlu mencari cara menaikkan berat badan saat hamil dengan tahapan yang sehat.

Ini dimaksudkan agar usai persalinan, Moms tidak perlu melakukan hal ekstra untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait