10 Oktober 2023

17 Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Jangan sampai kekurangan kalsium saat hamil, Moms!
17 Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil penting untuk menunjang nutrisi selama kehamilan.

Melansir laman Help Guide, jika asupan kalsium kurang, tubuh akan menggunakan cadangan kalsium yang disimpan sendiri.

Jika sudah begini, tulang ibu rentan mengalami masalah, terlebih saat hamil tubuh menopang beban lebih besar dari biasanya.

Selain itu, mengonsumsi kalsium selama trimester pertama membantu pertumbuhan janin dan memastikan transmisi impuls saraf, perkembangan otot dan jantung bayi yang kuat, juga membangun tulang dan gigi yang lebih kuat.

Asupan kalsium yang cukup selama trimester kedua dapat mengurangi risiko preeklampsia, karena nutrisi membantu kontraksi otot dan membantu mengatur tekanan darah.

Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi pada trimester kedua juga dapat mencegah kram kaki dan otot, masalah umum pada tahap ini.

Baca Juga: Ini Manfaat Cokelat untuk Ibu Hamil dan Kesehatan, Wajib Tahu!

Dampak Kekurangan Kalsium pada Ibu Hamil

Dampak Kekurangan Kalsium pada Ibu Hamil
Foto: Dampak Kekurangan Kalsium pada Ibu Hamil (Orami Photo Stocks)

Terlalu sedikit kalsium yang dikonsumsi bisa menempatkan Moms mungkin mengalami komplikasi kehamilan besar.

Menurut studi di Oman Medical Journal, tidak mengonsumsi cukup makanan berkalsium tinggi dapat menyebabkan beberapa hal berikut ini, seperti:

  • Tekanan darah tinggi selama kehamilan.
  • Bayi lahir prematur.
  • Berat badan lahir rendah.
  • Mati rasa dan kesemutan di jari
  • Pertumbuhan bayi yang lambat.
  • Si Kecil tidak mendapatkan cukup kalsium di tulang.
  • Masalah jantung pada bayi.
  • Kram otot dan kaki.
  • Nafsu makan yang buruk.
  • Meskipun jarang terjadi, bahkan bisa menyebabkan peningkatan risiko patah tulang.

Jika Moms memang memiliki masalah kesehatan yang cenderung menyebabkan terlalu sedikit kalsium, dokter kandungan akan sangat menyarankan dan bekerja sama dengan Moms untuk mencegah komplikasi.

Kekurangan kalsium selama kehamilan juga dapat membuat ibu hamil lebih rentan terhadap penyakit osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang kita rapuh.

Ibu hamil membutuhkan sekitar 1.000 miligram kalsium sehari dan wanita berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan 1.300 miligram per hari.

Secara umum, itu berarti Moms harus mengonsumsi empat porsi makanan kaya kalsium setiap hari.

Kebanyakan vitamin prenatal tidak mengandung cukup kalsium untuk memenuhi 1.000 miligram yang direkomendasikan per hari, tetapi makanan berkalsium tinggi dalam bisa menambahnya dengan cepat.

Misalnya, sesendok secangkir yoghurt rendah lemak dengan sarapan dan taburkan mozzarella part-skim pada pasta gandum saat makan malam, dan Moms sudah mengonsumsi lebih dari separuh dosis harian yang dibutuhkan.

Si Kecil dalam kandungan memenuhi kebutuhan kalsium dengan menyerap dari tubuh Moms, terutama menjelang trimester ketiga.

Menurut studi di The Journal Perinatal Education, rata-rata janin membutuhkan 30 gram kalsium pada akhir periode kehamilan.

Untuk itu, penting Moms mengetahui makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil dan mempertahankan asupan yang konsisten setidaknya hingga melahirkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa mengonsumsi kalsium terlalu banyak juga dapat menyebabkan masalah.

Menurut U.S. Department of Health and Human Services, mengonsumsi terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan beberapa kondisi berikut:

  • Sembelit
  • Batu ginjal
  • Mungkin kesulitan menyerap mineral lain, seperti besi dan seng
  • Detak jantung yang tidak teratur
  • Kadar kalsium rendah di tubuh bayi

Baca Juga: 5 Jenis Senam Hamil untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Ibu

Minuman dan Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil Makan Buah
Foto: Ibu Hamil Makan Buah (Freepik.com/lookstudio)

Selain sehat, beragam makanan dan minuman ini juga enak, lho!

Pastikan Moms cukupi asupin kalsium selama kehamilan dengan konsumsi beragam jenis makanan berikut ini.

1. Susu

Salah satu minuman tinggi kalsium yang paling populer, segelas susu di pagi hari dapat menjadi cara sempurna untuk memulai hari Moms.

Faktanya, setiap produk susu, termasuk yoghurt dan keju, akan menjaga kandungan kalsium dalam tubuh tetap tinggi.

Akan tetapi, hal tersebut aman bila Moms tidak memiliki alergi terhadap susu atau laktosa intoleran.

Karena, pada orang yang tidak toleran laktosa, National Dairy Council mengungkapkan tubuh mereka tidak dapat menghancurkan dan mencerna gula karena kurangnya enzim yang disebut laktase.

Jika Moms tidak alergi terhadap produk susu, mengonsumsi segelas susu dapat mengisi kembali tubuh kita dengan sekitar 300 mg kalsium.

Secangkir yoghurt dapat memberi Moms sekitar 450 mg, sedangkan secangkir keju cottage mengandung hingga 138 mg kalsium.

Ini menjadikan susu sebagai sumber makanan yang berharga selama kehamilan.

2. Kurma

Siapa tak mengenal esensi buah eksotis ini? Kurma memiliki beragam nutrisi bermanfaat, di antaranya kalsium. Tidak heran kurma juga termasuk dalam makanan berkalsium tinggi.

Buah kurma ini juga tinggi akan nutrisi lain seperti karbohidrat, kalium, magnesium, dan zat besi, menjadikannya makanan yang bermanfaat untuk dimakan selama kehamilan.

Makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil ini mempunyai kelezatan yang kenyal ini dapat mengisi 38 mg kalsium bila memakan satu porsi kurma 100 miligram.

Nah, kurma ini pun bisa dikeringkan dan tersedia di toko bahan makanan sepanjang tahun. Sehingga, Moms dapat mengonsumsinya di mana saja dan kapan saja sepanjang trimester ketiga.

Baca Juga:Kekurangan Kalsium saat Hamil Bisa Picu Osteoporosis, Waspada ya Moms!

3. Almond

Makanan tinggi kalisum untuk ibu hamil selanjutnya adalah almond yang penuh dengan kekuatan kalsium serta vitamin E.

Dengan mengonsumsi seperempat cangkir, Moms mendapatkan 88 mg kalsium.

Belum lagi, memakannya dalam jumlah sedang setiap hari dapat membantu mengurangi peradangan, gula darah, dan stres oksidatif.

Ini bantu mencegah bayi mengalami gangguan metabolisme di kemudian hari.

4. Tahu

Selain enak, tahu merupakan pilihan tepat makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

Terlebih tahu memiliki nilai kalori yang rendah dan tinggi antioksidan yang menurunkan risiko kanker payudara.

5. Sarden dan Salmon Kalengan

Sarden dan salmon kalengan merupakan makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil, berkat tulangnya yang bisa dimakan.

Nah, 92 gram sarden kalengan mengandung 35% dari RDI, dan 3 ons (85 gram) salmon kalengan dengan tulang mengandung 21% RDI.

Ikan berminyak ini juga menyediakan protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung, otak, dan kulit Moms.

Meskipun makanan laut mengandung merkuri, ikan yang lebih kecil seperti sarden memiliki kadar yang rendah.

Selain itu, sarden dan salmon memiliki tingkat selenium yang tinggi, mineral yang dapat mencegah dan membalikkan toksisitas merkuri.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Pentingnya Menambah Asupan Kalsium Bagi Ibu Hamil

Polong-polongan kaya akan serat, protein, dan mikronutrien. Kacang-kacangan ini juga mengandung...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.