23 Juli 2023

18 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan dan Ibu Hamil, Simak!

Manis, bernutrisi, dan mengenyangkan!

Moms pasti sudah tidak asing dengan manfaat buah kurma untuk kesehatan, bukan?

Tidak hanya untuk orang pada umumnya, kurma ternyata juga bermanfaat bagi ibu hamil, lho!

Mendengar kata kurma, apa yang terlintas dalam pikiran, Moms?

Ya, buah yang berasal dari Timur Tengah ini terkenal menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka puasa.

Rasanya yang manis dengan kandungan gula alami membuat kurma menjadi favorit banyak orang.

Mari simak manfaat buah kurma untuk kesehatan yang patut Moms ketahui.

Baca Juga: 7 Resep Rujak Buah, Mudah, Murah, Segar, dan Enak Moms!

Kandungan Buah Kurma

Buah Kurma
Foto: Buah Kurma (Stock.adobe.com)

Dalam setiap 100 gram buah kurma, terdapat sekitar 280 kalori dan berbagai nutrisi berikut:

  • Protein: 2-2,5 gram
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Gula: 65 gram
  • Serat: 7-8 gram
  • Kalsium: 65 miligram
  • Kalium: 650 miligram
  • Zat besi: 1 miligram
  • Zinc: 0,5 miligram
  • Vitamin A: 150 IU

Selain nutrisi di atas, buah kurma juga mengandung folat, vitamin B, vitamin K, mangan, dan berbagai jenis antioksidan seperti lutein dan flavonoid.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sisir Bayi dan Manfaatnya untuk Si Kecil

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Buah Kurma
Foto: Buah Kurma (Freepik.com/azerbaijan-stockers)

Selain enak, jika konsumsi kurma, Moms bisa dapatkan serangkaian manfaatnya untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Kaya Akan Nutrisi

Sumber manfaat buah kurma terdapat dari kandungan nutrisinya yang sangat banyak.

Kurma bukanlah sumber lemak yang signifikan.

Melihat data dari U.S. Department of Agriculture di atas, dapat diketahui bahwa jumlah lemak dalam kurma adalah 0 gram.

Kurma memasok protein dalam jumlah minimal.

Sertakan sumber protein lain, seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan polong-polongan, untuk memenuhi kebutuhan harian.

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Kurma mengandung banyak antioksidan yang mampu melindungi sel dari radikal bebas.

Radikal bebas merupakan molekul yang dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit memori dan otak, jantung, juga kanker.

Journal of the American College of Nutrition menjelaskan bahwa kurma mengandung antioksidan yang paling tinggi dibanding buah sejenis seperti buah ara dan plum kering.

Antioksidan-antioksidan tersebut adalah:

  • Flavonoid

Mengurangi inflamasi dan mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

  • Karotenoid

Menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit mata seperti degenerasi makula.

  • Asam fenolik

Antiradang serta mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

3. Baik Sebagai Pemanis Alami

Satu buah kurma mengandung lebih dari 5 gram karbohidrat, yang sebagian besarnya berasal dari gula.

Selain itu, kurma terasa sangat manis karena memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, yaitu dua kali lebih manis dari glukosa.

Ada sekitar setengah gram serat dalam kurma rata-rata. Kandungan gula meningkat dan serat berkurang saat buah matang.

Indeks glikemik kurma dapat berkisar antara 43 dan 55 tergantung pada varietas dan tingkat kematangannya.

Meskipun manis, kurma ternyata merupakan makanan rendah glikemik, menurut jurnal Nutrition.

Kurma menjadi pengganti gula putih yang baik, ditambah kandungan serat dan antioksidannya yang sehat bagi tubuh.

Cara terbaik mendapatkan manfaat buah kurma yang satu ini adalah membuat pasta kurma.

Campur kurma dan air di blender sampai kental seperti pasta.

Sebagai catatan, kurma punya kalori yang cukup tinggi, jadi jangan dikonsumsi secara berlebihan ya, Moms.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Jangan Dilewatkan!

Manfaat Buah Kurma untuk Ibu Hamil

Kurma
Foto: Kurma (Freepik.com/azerbaijan-stockers)

Moms telah mengetahui nutrisi dalam buah kurma. Kini, mari ketahui apa saja manfaat buah kurma untuk ibu hamil.

Studi yang diungkapkan oleh Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, kurma aman dan bermanfaat bagi ibu dan bayinya.

Namun, sebaiknya mengonsumsi kurma dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan. Lebih jelasnya tentang manfaat buah kurma untuk ibu hamil, ini ulasannya.

Selain terkenal membantu proses persalinan, ada beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil yang bisa didapatkan, yaitu:

4. Memberikan Energi pada Bumil

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil yang pertama adalah bertambahnya energi pada tubuh.

Selama Moms hamil, tentunya membutuhkan lebih banyak energi dari biasanya.

Nah, mengonsumsi beberapa kurma setiap hari punya manfaat dalam memasok gula yang dibutuhkan, bersama dengan nutrisi lainnya.

5. Mencegah Cacat Lahir

Manfaat kurma untuk ibu hamil yakni bisa menjadi sumber folat yang baik untuk ibu hamil.

Dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), asam folat dapat mencegah cacat bawaan yang terkait dengan otak dan sumsum tulang belakang.

WHO merekomendasikan suplemen folat dan asupan makanan kaya folat sebelum dan selama kehamilan, untuk mencegah cacat bawaan lahir.

Selain itu, manfaat buah kurma untuk ibu hamil muda juga bisa dirasakan.

6. Mengatur Tekanan Darah Bumil

Selama masa kehamilan, ada baiknya Moms untuk memerhatikan tekanan darah.

Mengonsumsi kurma dapat memberikan manfaat untuk ibu hamil tua dengan mengatur tekanan darah saat hamil.

Manfaat buah kurma mengandung kalium yang mampu menjaga keseimbangan air dan garam, mengatur tekanan darah, dan menghindari kram otot saat hamil.

Hal ini karena bila kekurangan kalium, dapat meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

Kurma mengandung magnesium, yang merupakan mineral penting dalam pembentukan janin di kandungan.

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb